Rama Putra Satu dari jutaan orang yang juga hobi naik motor sore sore, jalan santai, sesekali ngegas dan hobi menulis lewat blog ini. https://www.facebook.com/ramaputraskom/

Autolock-Central Lock Pintu Mobil Tidak Berfungsi

2 min read

Autolock-Central Lock Pintu Mobil Tidak Berfungsi Apakah pintu mobil Anda susah untuk dikunci? Mungki ada masalah pada autolocknya. Artikel ini akan membahas tentang penyebab Autolock Central lock pintu mobil tidak berfungsi.

Apa sih Autolock dan Central lock?

Bagi Anda yang memiliki mobil mungkin sudah tau. Tapi bagi Anda yang belum tau autolock adalah salah satu fitur untuk menjaga keamanan mobil.

Fitur ini akan membuat pintu terkunci otomatis ketika mesin mobil dihidupkan atau saat mobil telah melaju dengan kecepatan 15- 20 km/jam .

Sedangkan central lock adalah system keamanan mobil mengunakan remot control sehingga Anda tidak perlu lagi membuka ataupun mengunci pintu mobil secara manual.

Lalu apa yang menjadi penyebab autolock central lock pintu mobil tidak berfungsi?

Penyebab tidak berfungsinya perangkat tersebut pada mobi Anda bisa diakibatkan karna masalah kelistrikan, mekanis mobil, atau masalah computer mobil.

Daripada Anda binggung apa yang menjadi penyebab tidak berfungsinya autolock dan central lock ini, untuk lebih jelasnya akan kita tampilkan beberapa penyebabnya.

 

Penyebab Autolock Dan Centerlock Tidak Berfungsi

Penyebab Autolock-Central Lock Pintu Mobil Tidak Berfungsi

Autolock dan centerlock adalah elemen yang berguna bila Anda berkendara menggunakan mobil. Karena bila tidak ada elemen ini pada mobil Anda.

Nantinya Anda akan sedikit direpotkan karna harus memikirkan bagaimana mengunci mobil Anda.

Artikel berikut akan memberi tahu Anda penyebab autolock dan central lock tidak berfungsi dan akan memberi Anda solusinya. Jangan lupa untuk terus membacra artikel ini sampai ahir ya.

 

1. Kawat terputus

Seling atau kawat adala penghubungkan antara motor penggerak dan tuas pintu mobil. Bila kawat ini terputus pastilah akan timbul gangguan pada pintu mobil Anda.

Karana gerak motor listrik secraa otomastis tidak akan tersalurkan pada pintu mobil. Kasus sepetrti ini sering terjadi.

Hal ini diakibatkan saat mobil pengendara menggunakan system autolock namun mereka terbiasa membukakan pintu menggunakan tuas manualdari dalam.

Penyebab Autolock-Central Lock Pintu Mobil Tidak Berfungsi

Padadahal fungsi otomatis dan fungsi manual saling terhubbung melalui seling kawat, sehingga saat pengendara membuka mobil secra manual dari tuas.

Seling kawat motor dipaksa untuk membuka, jika terjadi berulang- ulang hal ini mengakibatkan seling kawat motor menjadi terputus.

Untuk acra mengatasi seling kawat yang terputus Anda bisa mengecek seling kawat mobil Anda danmengantinya denegan yang baru.

Apabila kawat yang terputus tidak terlalu parah dan berada di ujungnya Anda bisa mengulur gulungan kawat tersebut dan menggulungnya kembali di baut.

 

2. Motor penggerak aus

Tidak berfungsinya motor penggerak bisa dikibatkan karena motor penggerak yang sudah aus. Walaupun perangkat ini tergolong awet.

Namun bila kurang dirawat maka akan cepat aus juga. Solusi terahir untuk masalah ini adalah menggati motor penggerak Anda, manun pertaman- tama pastikan bila motor penggerak nda benar-benar sudah aus.

Cara memastikan motor penggerak benar-benar sudah aus atau masih dapat berfungsi adalah dengan cara ; menggunakan tespen untuk melihat ada tidak ya aliran listrik di motor penggerak.

Bila hasilnya belum jelas, Anda bisa memutuskan kabel sambungan dan menyambungnya ada kabel ayng lasug tersalur ke aki.

Lalu cobalah buka / tutp pintu dengan remote control bila pintu mobil bisa berjalan sesuai perintah berarti mobil penggerak masih normal dan dapat berfungsi.

 

3. Benturan keras pada pintu

Penyebab Autolock Central lock pintu mobil tidak berdungsi adalah benturan keras yang mendarat tepat pata tempat terpasangnya perangkat ini. Benturan ini menjadikan posisi gigi berubah dan lengan batang menjadi bengkok.

Untuk solusi yang bisa ditarawakan dari kasusu ini adalah cobalah Anda mengecek ulang perengakat autolock dan central lock Anda. Bila sudah tidak dapat berfungsi sempurna disarankan untuk segera menggantinya.

 

4. Kotoran yang menumpuk

Kotoran terkadang menumpuk pada saluran kabel dikarnakan banyaknya debu dan kotoran yang masuk ke sela antara pintu dan trim pintu. Hal ini mengakibatkan menumpuknya debu pada kabel.

Cara mengatasi masalah ini adalah rajin- rajinlah membersihkan sitem autolock dan central lock mobil Anda dan sela- sela antar pintu dan trim minimal enam bulan sekali. Dan jangan lupa untuk memeriksa juga semua kabel yeng berhubbungan dengan perangkat ini.

Baca Juga :

Itulah informasi tentang penyebab autolock central lock mobil tidak berfungsi. Jangan lupa untuk selalu merawat mobil Anda dan selalu perhatikan komponen kecil seperti autolock ini.

Demikian artikel ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Loading...
Rama Putra
Rama Putra Satu dari jutaan orang yang juga hobi naik motor sore sore, jalan santai, sesekali ngegas dan hobi menulis lewat blog ini. https://www.facebook.com/ramaputraskom/