Ban Tubeless Pake Ban Dalam : Aman atau Tidak?

Ban Tubeless merupakan jenis ban sepeda motor yang tidak menggunakan ban dalam di dalamnya. Dilihat dari segi harganya pun sangat bervariatif, namun tidak memiliki selisih jauh dengan ban motor biasa atau ban yang biasanya diberi ban dalam.

Tetapi itu semua tergantung dari ukuran besar kecilnya ban. Sebenarnya untuk sepeda motor yang menggunakan velg jari-jari tidak dianjurkan untuk menggunakan ban jenis ini.

Karena Ban tubeless sebenarnya memang didesain untuk sepeda motor yang menggunakan velg racing.

Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan jika menggunakan ban tubeless. Salah satu manfaat yang paling menonjol adalah ketika ban tubeless ini tertancap paku atau benda sejenisnya.

Maka udara yang ada didalam ban ini tidak langsung keluar habis atau cepat mengempis.

Sangat berbeda halnya dengan ban biasa atau non tubeless, jika tertancap paku atau benda lain sejenisnya dipermukaan ban dan menembus lapisan bandalamnya

Maka seketika itu juga ban akan langsung mengempes dan udaranya akan langsung habis.

Ban Tubeless Pake Ban Dalam : Aman atau Tidak?

Ban Tubeless Pake Ban Dalam

Baca Juga : Cara Menghitamkan Ban Motor

Biasanya ketika pengendara motor mengganti ban sepeda motor yang menggunakan ban biasa (yang menggunkan ban dalam) diganti dengan ban tubeless.

Kadang-kadang ada saja yang tidak rela ban dalamnya tidak digunakan. Terlbih juka kondisi ban dalam tersebut masih mulus atau tidak ada tambalannya.

Sehingga ada saja sebagian dari mereka akan menggunakan ban dalam di dalam ban tubeless nya. Apakah cara ini boleh? Ya, tentu boleh – boleh saja tidak ada yangmelarang.

Tapi dengan begitu fungsi dari ban tubeless nya kan hilang. Terlebih lagi jika ban tersebut tertusauk aku atau benda tajam lainnya.

Fungsi untuk dapat digunakan layaknya run flat tyre (ban masih bisa digunakan tanpa adanya angin sedikit pun), akan hilang dan tidak berfungsi lagi.

Selain itu, menggunakan ban dalam sebagai pelapis ban tubeless ternyata dapat berbahaya jika kendaraan dipacu dengan kecepatan tinggi.

Namun, ada rumor yang menyebutkan bahwa pemakaian ban dalam pada ban tubeless akan dapat menghemat serta memperpanjang umur ban dalam. Apakah itu benar?

Secara logika pernyataan tersebut memang cukup masuk akal. Karena bagian dalam ban tubeless memiliki tekstur yang cukup lembut.

Sehingga jika terjadi gesekan dengan ban dalam akan menimbulkan efek gesekan terlalu besar.

Sehingga hal ini bisa menjadi salah satu penyebab kenapa usia ban dalam yang dipasang pada ban tubeless akan bisa memperpanjang usia ban dalamnya. Tetapi tidak ada teori yang baku mengenai hal ini.

Jadi jika sudah menggunakan ban tubeless, alangkah baiknya menggunakan ban tersebut sesuai dengan fungsinya.

Artinya anda tidak perlu menggunakan ban dalam lagi, hanya karena alasan ban dalam yang kondisinya masih mulus.

Komponen atau bahan yang digunakan untuk membuat ban tubeless cenderung lebih keras dibandingkan dengan ban biasa.

Karena hal inilah alasan yang menjadi alasan mengapa ban tubless tidak perlu menggunakan ban dalam lagi.

Tentu saja dengan mengguanakan ban tubles, maka akan mendapatkan kemudahan, namun ada juga kelemahannya.

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangangan menggunakan ban tubeless.

Keunggulan Menggunakan Ban Tubeless

  • Jika ban bocor, tidak memerlukan waktu yang lama untuk menambalnya. Mungkin akan membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit tanpa harus membuka ban serta yang lainnya.
    Ban Tubeless Pake Ban Dalam
  • Sangat cocok digunakan pada jalan yang bearada di perkotaan. Karena di jalan aspal ban tubless pasti terasa lebih nyaman.

Kelemahan Menggunakan Ban Tubeless

  • Jika mengalami ban bocor pada daerah terpencil, akan susah mencari tukang tambal ban tubeless. Karena biasanya didaerah sperti ini masih jarang yang membuka jasa tambal ban tubeless.
  • Kurang nyaman dan aman jika digunakan pada jalan yang becek. Karena ban jenis ini memiliki desain ban yang keras, hal ini berkemungkinan dapat menyebabkan pengendara dan motor tergelincir.
  • Harga ban tubeless relatif lebih mahal dari ban biasa.

Baca Juga :

Demikian informasi yang dapat disampaikan mengenai aman atau tidaknya menggunakan ban dalam pada ban tubeless.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda dalam dunia otomotif. terimakasih telah berkunjung.

2 thoughts on “Ban Tubeless Pake Ban Dalam : Aman atau Tidak?”

  1. saya baru ganti ban motor saya memakai ban tubeless. belum genap 1 bulan ban belakang saya tertancap paku pada bagian samping ban, bukan pada tapak ban. setelah saya bawa ke tukang tambal ternyata dia tidak mau menambalnya dengan alasan percuma dan tidak akan kuat. malah katanya akan berbahaya juga. dia menyarankan memakai ban dalam. tapi katanya jgn dibawa kebut jika membawa beban diatas 60 kg atau sedang berboncengan. karena akan memicu ban dalamnya pecah karena tekstur ban tubeless berbeda dgn ban biasa. untuk info selanjutnya insya Allah akan saya kabari berdasarkan pengalaman. karena saya belum mencoba. mudah-mudahan info ini bermanfaat. salam 🙏🏼

    • saya pribadi juga pernah menggunakan ban tubles pake ban dalam dan alhamdulillah aman-aman saja, sebaiknya digunakan sewajarnya saja jangan buat kebut-kebutan ya gan.. keep safety riding 😀

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

AUTOMOTIFBLOG.COM
Terima kasih sudah memilih mengunjungi situs ini. Dapatkan berbagai macam informasi Tips & Trik Seputar dunia Otomotif. Semoga konten kami bisa bermanfaat.