Cara Bongkar Pompa Oli Samping F1ZR

Cara Bongkar Pompa Oli Samping F1ZR Memiliki motor memang ada suka dan duka. Salah satu motor yang sering digunakan adalah Yamaha F1ZR.

Pemilik motor bisa berkendara ke manapun tujuannya tanpa perlu menghabiskan banyak tenaga dan waktu. Berkeliling menggunakan motor akan terasa sangat menyenangkan.

Namun, jika motor sudah mulai menunjukkan tanda-tanda rusak, pemilik motor harus siap dan tahu apa yang harus dilakukan.

Permasalahan yang mungkin terjadi adalah terkait pompa oli samping. Pemilik motor seharusnya tahu cara bongkar pompa oli samping F1ZR jika ingin memperbaikinya.

Cara Bongkar Pompa Oli Samping F1ZR degan Mudah

Cara Bongkar Pompa Oli Samping F1ZR

F1ZR merupakan motor 2 tak yang dikeluarkan pada 1997 lalu dan mengalami perombakan pada tahun 2000. Saat motor mengalami kerusakan di bagian pompa oli samping.

Jika anda memilik motor ini sebaiknya paham apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya. Berikut adalah cara bongkar pompa oli samping F1ZR.

1. Membongkar cover body motor

Untuk bisa membongkar pompa oli samping, pemilik motor perlu membongkar cover body motor terlebih dulu khususnya bagian depan.

Pemilik motor bisa mencari mur yang mengunci cover body tersebut. Dengan menggunakan obeng, putarlah mur sampai lepas dan bongkar cover body sampai terlihat mesin motor yang ada di dalamnya.

Kemudian letakkan cover body motor tersebut tidak jauh dari motornya dan tidak terjangkau oleh anak-anak.

2. Mencari tahu letak pompa oli samping

Sebelum membongkar pompa oli samping, pemilik motor terlebih dulu mengetahui di mana posisinya. Hal ini bertujuan mencegah terjadinya salah bongkar dan merusak motor.

Pompa oli samping berada di sisi kanan motor, tepatnya di dekat dengan blok. Ukurannya lebih kecil dibandingkan blok dan ada selang yang terhubung dari bagian mesin motor ke penutup pompa oli samping.

3. Melepas penutupnya

Setelah tahu letak pompa oli samping, cara bongkar pompa oli samping F1ZR selanjutnya adalah memutar mur untuk melepas penutup yang melindungi pompa oli samping.

Untuk memutar mur diperlukan kunci soket dengan ukuran sesuai. Apabila penutup pompa oli samping terlepas, jauhkan penutupnya agar tidak mengganggu penglihatan. Setelah penutup pompa terlepas, akan terlihat bagian di dalamnya.

4. Mengetahui bagian-bagian pompa oli samping

Cara Bongkar Pompa Oli Samping F1ZR

Pompa oli samping memiliki 3 bagian utama, yaitu 1 stik as dan 2 mur. Saat mesin motor dinyalakan, stik as akan bergerak berputar sambil maju dan mundur yang menandakan mesin sedang memompa oli.

Mur yang ada di pompa oli samping memiliki fungsi yang berbeda. Mur yang berada di posisi lebih dekat dengan as berfungsi untuk mengatur panjang as, sedangkan mur lainnya berfungsi untuk mengunci.

5. Mengatur pompa oli samping

Setelah mengetahui cara bongkar pompa oli samping F1ZR, sebaiknya pemilik motor juga tahu bagaimana mengatur pompa oli samping.

Kerja pompa oli bergantung pada panjang pendeknya stik as yang mana stik as sendiri diatur oleh mur yang ada di belakangnya. Jika stik as bergerak terlalu maju, banyak oli yang sedang dipompa sangat banyak dan dapat menyebabkan pemborosan oli.

Untuk mengatur panjang stik as, pemilik motor bisa memodifikasi posisi mur supaya stik as tidak terlalu panjang. Pengaturan stik as bisa dilakukan dengan menggunakan kunci inggris dengan ukuran yang sesuai.

Lihat Juga :

Itulah cara bongkar pompa oli samping F1ZR yang bisa anda dilakukan selaku  pemilik motor. Gunakan sarung tangan jika tidak ingin oli mengenai tangan anda.

Selama proses, berhati-hatilah agar tidak merusak bagian motor yang lain. Setelah selesai membongkar, jangan lupa untuk memasang kembali bagian-bagian motor yang sebelumnya dilepas.

Yakin Nggak Mau Komen ?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.