Cara Membersihkan Lampu Mobil Kusam

Cara Membersihkan Lampu Mobil Baik itu mobil yang sudah lama tak digunakan maupun mobil yang sering digunakan, ada kalanya lampu mobil tampak kotor dan kusam.

Jika sudah seperti itu anda wajib membersihkannya agar tetap kinclng dan tidak mempengaruhi sorot cahaya lampu.

Oleh karena itu, Anda perlu tahu cara membersihkan lampu mobil yang kusam.

Ketika melakukan perjalanan di malam hari, lampu kendaraan menjadi baagian terpenting. Apabila lampu tidak menyala atau warnanya kusam, pengendara akan merasakan kesulitan dalam menyetir.

Selain itu lampu yang kusam juga dapat berbahaya baagi pengendara lainnya, terutama saat sedang berlawanan arah. Bayangkan saja jika Anda melewati jalan yang gelap dan kanan kirinya merupakan jurang.

Jika lampunya kusam, jalan tidak akan terlihat dan akhirnya pengendara saling bertabrakan dengan pengendara lain atau menabrak pembatas jalan.

Banyak sekali kecelakaan yang terjadi akibat tidak memperhatikan lampu kendaraan.

Mulai sekarang, hendaknya Anda selalu waspada ketika akan berkendara. Ceklah setiap bagian mobil dan pastikan semuanya dalam kondisi baik.

Apabila lampunya sudah tampak redup, maka carilah cara membersihkan lampu mobil yang kusam. Dengan begitu pengendara akan lebih nyaman dan aman saat di perjalanan.

Cara Praktis Membersihkan Lampu Mobil Kusam

Cara Praktis Membersihkan Lampu Mobil Kusam

Cara membersihkan lampu mobil yang kusam itu tidak harus selalu dilakukan oleh montir di bengkel. Anda sendiri pun dapat melakukannya, bahkan hanya dengan menggunakan bahan-bahan sederhana.

Tidak percaya? Berikut 3 cara praktis yang dapat Anda coba :

1. Gunakan cairan khusus pembersih kaca

Agar kotoran yang membuat lampu menjadi kusam itu hilang dengan cepat, maka yang harus dilakukan adalah menyemprotkan cairan khusus untuk pembersih kaca. Anda dapat membelinya di supermarket ataupun bengkel terdekat, harganya pun tidak mahal.

Pertama, semprotkan cairan pembersih ke kaca lampu, kemudian gosoklah lampu tersebut menggunakan lap yang kering. Gosoklah searah, sehingga perbedaan pun akan cepat terlihat.

Jangan menggunakan kanebo, karena kanebo tidak akan membantu dalam hal ini. Lebih baik menggunakan lap yang tidak terpakai, sehingga kaca lampu akan lebih cepat bersih.

Dalam menggosok harus yang lama, jika tidak lama maka kotoran masih banyak yang menempel.

Setidaknya Anda harus mengulangi penggosokan sebanyak 2-3 kali. Dengan begitu lampu pun akan kembali tampak cerah.

2. Gunakan Selotip Sebagai Penutup

Mungkin kebanyakan orang belum pernah mencoba cara kedua ini. Padahal dengan memanfaatkan selotip penutup, proses pembersihan kaca lampu mobil akan lebih cepat dan hasilnya juga maksimal.

Namun untuk memulainya, Anda harus sesuai dengan petunjuk. Pasalnya bahan yang digunakan ada 3 jenis, yaitu selotip, cat lensa dan juga amplas.

Jika tidak sesuai petunjuk maka proses pembersihan tidak mungkin berjalan lancar.

3. Gunakan Pasta Gigi

Cara Membersihkan Lampu Mobil Kusam dengan Pasta Gigi odol

Tips ketiga, Anda membutuhkan pasta gigi. Untuk menemukan pasta gigi tentu mudah, karena Anda hanya perlu mengambilnya di kamar mandi.

Pasta gigi memang mampu membersihkan kaca lampu mobil yang sudah mulai kusam. Pasalnya pasta gigi memiliki sifat yang begitu kuat untuk membersihkan kotoran.

Hal tersebut disebabkan karena dalam pasta gigi terdapat sebuah zat yang bernama abrasive ataupun soda.

Cara membersihkan menggunakan pasta gigi ini akan sangat mudah. Oleskan pasta gigi pada lampu dan oleskan dengan merata.

Jika sudah dioleskan merata, maka sekarang Anda cari lap yang berupa kain. Kemudian kain tersebut juga harus dibasahi, namun jangan terlalu basah.

Pasalnya jika tidak basah, kotoran yang menempel tidak terangkat dengan sempurna. Jika sudah mendapatkan lap basah, gosoklah lampu tersebut dan ulangilah sampai 3 kali.

Dalam beberapa kali gosokan saja, Anda dapat langsung melihat perbedaan antara sebelum digosok dan setelah digosok.

Namun jika Anda ingin menghindari kaca lampu yang berubah menjadi kusam, sebenarnya mudah sekali.

Rawatlah kendaraan yang Anda miliki dengan cara mencuci secara teratur. Ketika kendaraan digunakan setiap hari, setidaknya harus dicuci 1x seminggu.

Sehingga tidak hanya lampu kaca yang mengkilat, akan tetapi body mobil juga akan tampak mengkilat dan enak dipandang.

Jika memang merasa malas mencucinya, maka sekarang zaman sudah semakin simple. Bawa saja ke pencucian mobil, 10 menit kemudian maka mobil pun menjadi bersih. Sehingga Anda tidak perlu membuang tenaga serta waktu untuk mencuci mobil.

Demikian ulasan singkat mengenai cara membersihkan lampu mobil yang kusam. Selalu lakukan dengan rutin agar kaca dan body mobil Anda senantiasa bersih.

Categories Mobil

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

AUTOMOTIFBLOG.COM
Terima kasih sudah memilih mengunjungi situs ini. Dapatkan berbagai macam informasi Tips & Trik Seputar dunia Otomotif. Semoga konten kami bisa bermanfaat.