Rama Putra Satu dari jutaan orang yang juga hobi naik motor sore sore, jalan santai, sesekali ngegas dan hobi menulis lewat blog ini. https://www.facebook.com/ramaputraskom/

Cara Membuat (Bobok) Knalpot Standar Menjadi Knalpot Racing

3 min read

Membuat Knalpot Standar Menjadi Knalpot Racing Mungkin banyak yang bertanya bagaimana cara membuat knalpot standar menjadi racing. Karena pada dasarnya setiap orang memang memiliki seleranya masing-masing. Dan salah satunya didalam masalah knalpot kendaraan kesayangannya.

Mungkin sebagian dari anda betanya-tanya bagaimana cara untuki membuat knalpot standar menjadi racing?

Setiap orang pasti berbeda dan memiliki selera yang masing-masing. Salah satu adalah dalam hal memilih knalpot untuk kendaraan kesayangan mereka. Ada yang suka dengan knalpot yang standar dan ada juga yang lebih menyukai tipe kalpot racing.

Dan yang lebih menariknya adalah ada beberapa pengendara motor yang lebih tertarik dan suka dengan knalpot asli atau kalpot original dari motor tersebut namun memiliki performa seperti knalpot racing.

Bobok knalpot merupakan istilah yang sering dipakai ununtuk menggambarkan merubah knalpot standar menjadi knalpot tipe racing.

Baca Juga : [Tips Ampuh] Cara Setting Karburator Motor Matic Mio

Alasan menggunakan cara ini pun beragam. Misalkan saja ingin memiliki knalpot yang free flow yang aman dari razia, sampai ada juga yang beralasan karena biaya pembuatannya jauh lebih murah dibandingkan dengan membeli knalpot racingnya.

Bagi orang berduit sih lebih baik ganti saja knalpotnya dengan knalpot racing yang merk dan harganya ratusan. Tetapi buat sebagian orang, bobok knalpot adalah kreasi sendiri dari knalpot standar.

Bobok kenalpot standar yang dimiliki Yamaha Mio, bentuknya akan tetap standar. Berbeda dengan bobok tabungan, hasilnya jadi kosong. Dan hasilnya tidak bakal ditilang polisi karena bukan kenalpot racing, namun knalpotnya berkinerja seperti knalpot racing.

 

Cara Membuat Knalpot Standar Menjadi Knalpot Racing

Cara Membuat Knalpot Standar Menjadi Knalpot Racing

Pada postingan kali ini, kami akan memberikan penjelasan mengenai cara membuat knalpot standar menjadi racing, untuk lebih jelasnya simak langkah-langkah dalam pembuatan atau melakukannya berikut ini:

  • Langkah pertama yang harus adan lakukan adalah terlebih dahulu lepaskan knalpot dari dudukan yang ada pada motor anda.
  • Selanjutnya buka atau belah knalpot tersebut menjadi dua bagian.
  • Kemudian hilangkan beberapa saluran yang berwarna silver dari dalam knalpot untuk bisa menghasilkan semi-free flow.
  • Jika anda anda ingin menciptakan suara knalpot free flow, maka anda bisa menghilangkan semua salurannya.
  • Selanjutnya gunakan pipa yang baru sebagai penghubung antara bagian pangkal knalpot sampai ke ujung knalpot.Cara Membuat Knalpot Standar Menjadi Knalpot Racing
  • Sangat disarankan untuk memakai pipa yang memiliki diameter 1,25 inci. Karena pipa inilah yang nantinya akan berfungsi untuk mendistribusikan udara dari pangkal silincer knalpot yang menuju ke ujung silincer.
  • Anda juga bisa memakai pipa khusus seperti leher knalpot racing yang diameternya 1 inci, yang berfungsi untuk dipasang pada leher dibagian pangkal yang menempel pada mesin sampai ke bawah footstep.
  • Langkah selanjutnya adalah menyambungkan pipa tersebut dengan pipa yang mempunyai diameter 1,25 inci. Kemudian biarkanl pipa yang berada di bagian pangkal tersebut tetap menggantung.
  • Selanjutnya buatlah lubang pada saluran yang berada di bagian pangkal yang warnanya silver.
  • Setelah itu, buat juga lubang-lubang yang bentuknya seperti jaring pada pipa yang baru tadi.
  • Jika sudah selesai, sekarang pasang semua kembali seperti semula, dan coba nyalakan motor anda
  • Jika anda masih belum puas dengan suara yang dihasilkan, anda bisa rubah lagi yang sesuai dengan keinginan dan selera anda.

 

Baca Juga : Cara Menghilangkan Karat Pada Rangka Besi & Knalpot Motor

 

Cara Membuat Saringan Knalpot Racing

Cara Membuat Saringan Knalpot Racing

Jika anda menginginkan suara knalpot menjadi lebih ngebas, maka anda bisa mengganti saringan yang ada didalam knalpot. Karena semakin kecil diameter saringan yang dipakai, maka akan semakin nyaring suara yang dihasilkan.

Jika anda menginginkan suara yang lebih besar seperti knalpot racing, maka anda bisa megantinya dengan diameter yang lebih besar.

Kenapa knalpot Racing punya suara yang lebih berisik?

Knalpot racing memang identik dengan suara yang sangat berisiki apalagi ketika motornya digeber-geber, pasti sangat mengganggu pendengaran.

Hal ini disebebakan karena knalpot racing memiliki desain sangat simpel dibandingkan dengan knalpot standar pabrikan yang memiliki banyak part tambahan didalamnya. Seperti peredam, saringan, penyekat ruang yang bertujuan untuk meredam suara dari proses pembakaran yang dilakukan oleh mesin.

Namun pada knalpot Racing sangat berbeda. Karena ruang pada knalpot racing sengaja diiarkan melompong dan hanya menyisakan saringan knalpot yang memiliki ukuran lebih kecil, dan peredamnya juga dibuat seminimal mungkin. Tentu saja hal ini bertujuan agar bisa mengeluarkan suara yang lebih keras.

Saringan knalpot memiliki fungsi yang lebih cenderung ke penyaringan material sisa pembakaran agar tidak mencemari lingkungan.

Saringan ini memiliki bentuk berlubbang seperti sarang tawon, maka banyak yang menyebutnya sarang tawon juga.

Selain berfungsi sebagi penyaring material sisa, part ini juga memiliki peran terhadap pembentukan suara knalpot. Karena lubang yang ada di rongga tersebut akan menghasilkan resonansi suara.

Jika anda ingin membuat knalpot racing jadi tidak terlalu berisik, tentu saja bisa. Caranya adalah dengan membersihkan semua jalur keluar gas buang dan mengganti saringan knalpotnya.

Saringan knalpot bisa anda buat sendiri dirumah, dengan mengikuti tutorial cara bikin saringa knalpot racing berikut ini :

  1. Siapkan pipa besi dengan diameter 2 – 3 cm dan panjang maksimal 10 cm
  2. Selanjutnya ubangi pipa besi tersebut manggunakan bor dengan ukuran lubang 1-3 mm (sangat direkomendasikan). Semakin kecil lubangnya, maka akan semakin bagus proses penyaringannya Siapkan pipa besi & Lubangi
  3. Lubangi seluruh bagian permukaan besi tersebut. Apabila lubangnya sedikit dan tidak beraturan bisa membuat proses pengeluaran gas buang menjadi terhambat.
  4. Selanjutnya siapkan moncong knalpot. Anda bisa membuatnya dengan plat besi melingkar yang memiliki diameter sama dengan tabung knalpot Buat Moncong knalpot
  5. Siapkan juga moncong knalpotnya. Bisa anda buat dari pipa yang digunakan untuk saringan tadi, namun jangan dilubangi untuk panjangnya buat 5 cm.
  6. Jika sudah, gabungkan tiga komponen tersebut
  7. Kemudian Pasangkan saringan yang sudah di las kebagian belakang knalpot. Kemudian las kembali saringan tersebut dengan bagian knalpot agar suaranya tidak bocor Cara Membuat Saringan Knalpot Racing dengan Mudah

 

Itulah beberapa cara yang bisa anda ikuti untuk membuat saringan knalpot. Caranya memang cukup sederhana, namun akan menghasilkan suara seperti yang anda harapkan.

Artikel Lainnya :

Demikian penjelasan mengenai Cara Membuat Knalpot Standar Menjadi Knalpot Racing yang bisa kami sampaikan.

Semoga dengan adanya tutorial ini bisa membantu dan trntunya bermanfaat untuk anda, serta menambah wawasan dalam dunia otomotif. Terimakasih sudah mengunjungi, selamat mencoba.

Loading...
Rama Putra
Rama Putra Satu dari jutaan orang yang juga hobi naik motor sore sore, jalan santai, sesekali ngegas dan hobi menulis lewat blog ini. https://www.facebook.com/ramaputraskom/