Cara Ganti Bearing Roda Belakang Honda Beat

Anda merasa motor tak bergerak dengan lancar seperti biasanya?

Coba cek kondisi bearing roda. Jika sudah rusak dan ingin menggantinya sendiri, simak cara ganti bearing roda belakang Honda Beat yang akan admin bahas pada postingan ini.

Bagaimana cara ganti bearing roda belakang Honda Beat?

Honda Beat merupakan salah satu sepeda motor matic yang yang dikeluarkan oleh Honda. Agar berfungsi dengan optimal, maka harus dilakukan perawatan secara berkala.

Sebaiknya Anda mengenal bagian-bagian dari motor Anda sehingga jika terasa ada keganjilan, Anda bisa langsung mengeceknya.

Salah satu bagian dari motor yang memiliki fungsi sangat penting namun kerap diabaikan adalah bearing roda.

Bearing roda memiliki fungsi utama sebagai penyangga roda. Bearing akan bergerak berputar dengan cepat seiring dengan perputaran roda.

Baca Juga : 5 Merk Bearing Paling Bagus & Terbaik untuk Motor

Jika bearing pecah atau rusak, tentunya putaran roda pun akan terhambat dan motor tidak bisa bergerak dengan normal.

Apabila dibiarkan, kerusakan yang dialaminya bisa merembet ke bagian yang lain. Kerusakan pada bearing ini biasanya menimbulkan bunyi yang berisik pada roda motor.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara ganti bearing roda belakang Honda Beat. Cara ini dijamin mudah dimengerti serta dilakukan.

Penjelasan akan dipaparkan mulai dari melepas serta menggantinya. Bearing baru bisa didapatkan di toko onderdil, baik dengan membeli langsung atau memesan terlebih dahulu.

Tetap simak penjelasan di bawah ini untuk mendapatkan info lengkapnya.

Cara Ganti Bearing Roda Belakang Honda Beat

Cara Ganti Bearing Roda Belakang Honda Beat

Bearing roda belakang memang memiliki peran yang sangfat penting dan harus tetap dijaga pemakianannya. Jika bearing roda aus atu rusak pasti motor anda tidak akan stabil ketika dikendarai

Salah satu penyebab yang membuat bearing roda belakang cepat aus adalah karena motor terlalu sering melewati jalanan yang rusak sehingga berpengaruh pada kestabilan roda.Velg yang berubah bentuknya akan menyebabkan bearing poros roda cepat aus.

Tentu saja hal ini menyebabkan proses berkendara menjadi tidak stabil karena putaran roda menjadi tidak lancar. Bearing yang aus akan menjadikan poros roda yang terangkai dengan tromol menjadi oleng.

Ada bagian bidang silinder dari tromol yang bersentuhan dengan kampas rem dan mengakibatkan roda tak bisa berputar.

Jika terjadi masalah seperti ini, segera ganti bearing roda belakang motor Anda. Bongkar pasang idealnya dilakukan oleh teknisi agar hasilnya sesuai.

Namun, jika Anda ingin mengganti sendiri, Anda bisa melakukannya dengan memperhatikan panduan yang ada. Berikut adalah cara ganti bearing roda belakang Honda Beat.

1. Persiapan Alat

Agar proses pelepasan serta pemasangan berjalan lancar, Anda perlu menyiapkan beberapa alat yang diperlukan antara lain obeng kembang, kunci T-8 mm, kunci 16 mm, dan kunci pas 14.

Tentu saja Anda juga harus menyiapkan bearing remover. Usahakan bearing yang digunakan merupakan produk asli.

Menggunakan produk tiruan hanya akan menyebabkan bearing mudah rusak kembali. Selain itu, produk ori juga dikhawatirkan tidak sesuai dengan roda motor Honda Beat.

2. Buka Kunci

Langkah selanjutnya adalan membuka kunci. Kunci yang dimaksudkan berupa baut 88 mm yang ada pada box. Biasanya ada 13 buah baut yang berukuran 8 mm.

Fungsi baut ini adalah sebagai sanggahan dasar cover. Kendorkan baut satu persatu dan jangan langsung dilepas. Hal ini untuk memudahkan mengetahui baut mana yang belum terlepas.

3. Buka Cover Plastik

Setelah semua baut dibuka, segera buka cover plastik yang ada di dalamnya. Ada beberapa baut yang harus dibuka dari belakang cover.

Setelah terbuka, berhati-hatilah karena ada gasket atau paking di dalam box tersebut. Jika paking terlanjur rusak atau robek, harus diganti dengan yang baru. Anda bisa membelinya dengan harga berkisar Rp20.000.

4. Buka dan Pasang Bearing

Selanjutnya adalah membuka bearing dari sarangnya. Anda bisa menggunakan bearing remover agar lebih mudah. Caranya adalah dengan memasukkan bearing rotor tip.

Kemudian kencangkan menggunakan torsi atau kunci 14. Bisa juga digunakan kunci 16. Perlu diingat untuk menggunakan alat yang arahnya berlawanan.

Meski proses membuka bearing terlihat mudah, namun harus berhati-hati karena sistem yang digunakan adalah sistem tarik.

Oleh karena itu, dibutuhkan tenaga yang cukup kuat. Setelah itu, siapkan bearing yang baru. Agar lebih mudah, lumuri bearing dengan gemuk atau paselin sebelum dipasang.

Baca Juga :

Itulah tadi penjelasan mengenau cara ganti bearing roda belakang Honda Beat dengan mudah yang bisa anda lakukan sendiri dengan mengikuti beberapa panduan diatas.

Jika Anda sudah memasang bearing baru sesuai dengan petunjuk di atas namun masih terasa tidak nyaman, segera bawa ke montir terdekat agar motor Anda diperiksa secara menyeluruh. Selamat mencoba.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

AUTOMOTIFBLOG.COM
Terima kasih sudah memilih mengunjungi situs ini. Dapatkan berbagai macam informasi Tips & Trik Seputar dunia Otomotif. Semoga konten kami bisa bermanfaat.