Fungsi & Cara Kerja Kunci Kontak Motor

Cara Kerja Kunci Kontak Motor Untuk menyala motor, harus digunakan anak kunci yang sesuai. Jika tidak, motor tak akan menyala. Lalu, bagaimana cara kerja kunci kontak motor? Simak ulasannya di artikel ini ya.

Agar mesin motor dapat bekerja, harus digunakan kunci untuk mengaktifkannya. Kita mengenal sebutan kunci kontak motor untuk menyalakan mesin.

Sebenarnya, bagaimana cara kerja kunci kontak motor?

Kali ini akan diulas mengenai cara kerja kunci kontak motor. Selain itu juga akan dibahas alat apakah yang bisa digunakan untuk menggantikan kunci motor.

Kunci kontak motor merupakan serangkaian sistem kunci yang terhubung dengan ignition switch.

Baca Juga : Kunci Jok Motor Anda hilang?? Begini Cara Membukanya [Tips Ampuh]

Apa itu ignition switch?

Ignition Switch merupakan rangkaian sakelar yang dirancang khusus untuk sistem control kendaraan bermotor.

Fungsi utamanya adalah untuk menghubungkan atau memutuskan kelistrikan sumber energi listrik pada kendaraan.

Ignition switch ini berhubungan langsung dengan cylinder key dimana hanya ada satu anak kunci saya yang bisa masuk ke dalamnya.

Desainnya dibuat khusus sehingga anak kunci jenis lain tidak bisa masuk. Ketika anak kunci diputar sesuai dengan posisi yang ada pada cylinder ket, maka ignition switch juga akan berputar sesuai dengan posisi yang sama.

Lantas, bagaimana cara kerja selanjutnya? Simak penjelasan lengkap mengenai cara kerja kunci kontak motor ya.

Fungsi & Cara Kerja Kunci Kontak Motor

komponen Kunci Kontak

Sebelum mengetahui cara kerja kunci kontak motor, ada baiknya jika mengenal terlebih dahulu bagian dari kunci kontak motor.

Secara umum, bagian dari kunci kontak motor ada 3 yaitu key, cylinder key dan ignition switch. Key merupakan anak kunci yang hanya bisa digunakan pada cylinder key yang serupa.

Key digunakan untuk mengubah posisi ignition switch ke arah posisi acc, on, lock atau start. Cylinder key merupakan slot kunci dan ignition switch adalah saklar yang menghubungkan seluruh sistem kelistrikan dengan aki.

Kunci kontak pada motor terdiri dari 3 terminal atau bahkan lebih. Terminal utama pada kunci kontak motor adalah terminal B yang dihubungkan ke baterai.

Terminal IH/ON dihubungkan ke koil pengapian dan beban lainnya yang membutuhkan. Sedangkan terminal ST dihubungkan ke solenoid starter. Berikut adalah possisi dan jenis terminal pada kunci kontak serta cara kerjanya

possisi dan jenis terminal pada kunci kontak

1. Lock

Lock merupakan posisi untuk melepas key (anak kunci) dan mengunci posisi setir. Jika Anda menggunakan terminal ini, posisi setir tidak bisa diputar.

Selain terkuncinya setir, posisi lock juga memutuskan semua rangkaian listrik dari aki atau baterai. Dengan ini, tidak ada sistem listrik serta komponen kendaraan yang aktif.

2. Acc

Acc merupakan kependekan dari Accessory yang berarti aksesoris. Ketika anak kunci diputar ke posisi Acc, maka akan muncul hubungan antara aki dengan berbagai sistem aksesoris yang ada di kendaraan.

Sistem aksesoris ini ada beberapa macam, yakni lampu, klakson dan lain sebagainya.

3. IG/ON

Posisi IG atau ON adalah posisi yang akan menghubungkan aki dengan seluruh sistem listrik di mesin.

Pada kendaraan ada berbagai macam sistem listrik, antara lain sistem pengisisan, sistem bahan bakar, sistem EFI dan lain sebagainya.

Jika anda menggeser kunci ke posisi ini, maka indikator lampu yang berada di dashboard akan menyala. Indikator tersebut berupa check engine, lampu aki, temperature dan lampu oli.

4. ST

Posisi ST merupakan posisi starter. Ketika anak kunci diputar ke posusu ini, maka aki akan terhubung dengan motor starter.

Selanjutnya motor starter akan berputar dan menghidupkan mesin. Biasanya, posisi anak kunci akan kembali ke posisi IG/ON jika dilepas dari pegangan tangan.

Baca Juga :

Tentunya anda sudah mendapatkan gambaran mengapa untuk mengaktifkan mesin harus menggunakan anak kunci terlebih dahulu. Namun, ada beberapa trik untuk mengaktifkan mesin tanpa menggunakan anak kunci.

Pengganti anak kunci bisa menggunakan kawat yang dibentuk sedemikian rupa. Namun, agar bisa diaktifkan motor harus dalam keadaan tidak dikunci stang.

Itulah cara kerja kunci kontak motor secara umum. Cara menghidupkan motor tanpa adanya anak kunci adalah dengan menghubungkan kabel dari belakang switch.

Cara ini dapat digunakan untuk berbagai jenis motor matic jika Anda sedang lupa meletakkan kuncinya.

Pertama, potonglah 2 kabel yang ada di belakang switch, yakni kabel baterai (berwarna merah) dan kabel IG (berwarna coklat).

Satukan kedua kabel tersebut dengan sambungan yang benar. Setelah itu, hidupkan motor seperti biasanya. Selamat mencoba ya.

Yakin Nggak Mau Komen ?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.