Cara Kerja Mesin 2 Tak dan Mesin 4 Tak

Cara Kerja Mesin 2 Tak & Mesin 4 TakAnda pasti pernah mendengar istilah mesin 2 tak dan mesin 4 tak bukan? Istilah ini memang tidak asing dan sering didengar dalam kehidupan sehari-hari.

Namun banyak yang tidak mengerti apa itu mesin 2 tak dan mesin 4 tak serta bagaimana cara kerja mesin 2 tak & 4 tak tersebut.

Oleh karena itu, berikut ini akan dijelaskan secara singkat tentang kedua mesin tersebut serta perbedaan cara kerja keduanya.

Perbedaan Cara Kerja Mesin 2 Tak dan Mesin 4 Tak

Cara Kerja Mesin 2 Tak dan Mesin 4 Tak

Pertama akan dijelaskan tentang pengertian mesin 2 tak dan mesin 4 tak itu sendiri. Yang dimaksud dengan mesin 2 tak adalah jenis mesin pembakaran dalam.

Maksudnya, dalam satu kali siklus pembakaran untuk menghasilkan energi bisa terjadi 2 langkah piston.

Sedangkan mesin 4 tak sendiri adalah mesin yang dalam cara kerjanya menghasilkan energi terjadi 4 langkah piston.

4 langkah itu antara lain terdiri dari langkah hisap, langkah kompresi, langkah tenaga dan langkah buang.

Karena perbedaan cara kerja mesin 2 tak & 4 tak tersebut pastinya akan memberikan keuntungan dan kelemahan pada masing-masing sistem kerjanya.

Kedua jenis mesin, baik mesin 2 tak maupun mesin 4 tak digunakan pada produk yang berbeda-beda.

Tentu saja ini mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jenis mesin seperti beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Baca Juga : Cara Mudah Menghitung CC Motor 2 dan 4 Tak

Tenaga yang Dihasilkan

Dari segi tenaga yang dihasilkan, mesin 2 tak terbukti lebih unggul. Hal ini karena mesin dua tak sendiri lebih kecil dan juga lebih ringan jika dibandingkan dengan mesin 4 tak.

Karena itu jugalah tenaga yang dihasilkan juga lebih besar mesin 2 tak dibandingkan dengan mesin 4 tak.

Harga Biaya Produksi

Perbedaan juga bisa dilihat dari segi biaya produksi. Konstruksi mesin 2 tak yang cenderung lebih sederhana membuat biaya produksi yang dikeluarkan juga lebih kecil dibandingkan dengan mesin 4 tak.

Namun, meskipun biaya produksinya lebih kecil, efisiensi mesin 2 tak yang lebih rendah serta kebutuhan mesin.

Yang harus mencampurkan oli dengan bahan bakar untuk pelumasan pada silinder mesinnya membuat biaya operasional mesin 2 tak justru lebih besar dibandingkan mesin 4 tak.

Baca Juga : Komponen – Komponen Mesin Sepeda Motor

Polusi Udara yang Dihasilkan

Berdasarkan cara kerja mesin 2 tak & mesin 4 tak, dapat diketahui jika mesin 2 tak justru menghasilkan polusi yang lebih tinggi dibandingkan mesin 4 tak.

Hal ini karena pada mesin 2 tak ini pembakaran oli di bagian samping serta karena gas yang berasal dari ruang bilas langsung masuk ke lubang untuk pembuangan sehingga menghasilkan polusi yang lebih tinggi.

Usia dan Daya Tahan Suku Cadang

Kelebihan selanjutnya dari segi usia dan daya tahan suku cadangnya, dimiliki oleh mesin 4 tak.

Jika dibandingkan dengan mesin 2 tak, mesin 4 tak cenderung berusia lebih panjang dalam hal suku cadangnya.

Hal ini disebabkan karena pelumasan yang dilakukan oleh mesin 2 tak yang tidak sebaik mesin 4 tak.

Karena sistem pelumasan yang kurang baik inilah yang kemudian membuat komponen ruang bakarnya memiliki suku cadang dengan usia relatif lebih rendah dibandingkan mesin 4 tak.

Meskipun sering didengar bahkan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, namun banyak yang tidak mengetahui perbedaan antara mesin 2 tak dan mesin 4 tak.

Artikel Lainnya :

Dengan penjelasan tentang cara kerja mesin 2 tak & mesin 4 tak di atas serta apa saja keuntungan dan kelemahan dari masing-masing mesin, kini Anda jadi punya informasi lebih tentang kedua jenis mesin ini.

Categories Motor

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

AUTOMOTIFBLOG.COM
Terima kasih sudah memilih mengunjungi situs ini. Dapatkan berbagai macam informasi Tips & Trik Seputar dunia Otomotif. Semoga konten kami bisa bermanfaat.