Rama Putra Satu dari jutaan orang yang juga hobi naik motor sore sore, jalan santai, sesekali ngegas dan hobi menulis lewat blog ini. https://www.facebook.com/ramaputraskom/

Cara Masang Kamera Parkir Pada Mobil

2 min read

Cara Masang Kamera Belakang Pada Mobil Menambah aksesoris pada mobil bukankah sesuatu yang salah. Apalagi bila penambahan tersebut bersifat positif dan tidak mengganggu komponen.

Salah satu penambahan yang mulai populer ialah memberikan tambahan kamera mundur. Kamera mundur itu sendiri sangat bermanfaat dan memudahkan Anda ketika hendak ingin memarkir kendaraan.

Apabila Anda berminat cara masang kamera belakang pada mobil bisa dibilang susah-susah gampang. Sebab butuh detail yang sedikit rumit yang harus dipahami.

 

Cara Masang Kamera Parkir Belakang Pada Mobil yang Tepat

Cara Masang Kamera Belakang Pada Mobil

Meskipun susah-susah gampang dalam merangkainya, Anda tidak boleh menyerah begitu saja. Mengingat fungsinya yang cukup penting sebagai aksesoris tambahan pembantu parkir kendaraan.

Sebaiknya Anda mulai memikirkan untuk membuatnya. Sudah banyak kok tips dan cara masang kamera belakang pada mobil.

Sehingga Anda cukup meniru setiap langkahnya seperti yang akan ditampilkan berikut ini.

Baca Juga : Cara Buat Charger HP di Mobil Dengan Baik dan Benar

1. Siapkan Bahan dan Alat Terlebih Dahulu

Cara Masang Kamera Belakang Pada Mobil (kamera parkir)

Sebelum memulai proses pemasangan sebaiknya Anda mulai memahami bahan dan alat seperti apa sih yang dibutuhkan.

Jika sudah mengetahuinya, kemudian carilah perlengkapan penunjang tersebut dan pastikan tidak ada yang terlewat.

Komponen yang paling vital tentu saja kamera. Pilihlah kamera dengan kualitas yang jernih. Bahan dan alat lain yang tak kalah penting di antaranya kabel, kunci dan perekat.

 

2. Pemasangan Kabel

Kini saatnya memulai proses cara masang kamera belakang pada mobil. Pada langkah sebelumnya Anda sudah menyiapkan kabel.

Nah, mulailah memasang kabel tersebut dari monitor ke kamera. Perhatikan panjang kabel tersebut, pastikan mencukupi sampai ke belakang.

Maka dari itu, sebaiknya mengukur terlebih dahulu agar nantinya tidak kurang panjang. Dalam pemasangan kabel, lakukan dengan cermat dan teliti.

Jangan lupa juga menyambungkan reserve switch agar kamera dapat menyala otomatis di monitor.

 

3. Langkah Lanjutan

Proses selanjutnya adalah membuat sambungan kabel menyambung dengan lampu mobil. Caranya cukup simpel, Anda buka terlebih dahulu pintu mobil kemudian lepaskan kunci bagian belakang kendaraan.

Lakukan dengan hati-hati agar kualitas kabel tidak rusak kemudian langsung arahkan saja kabel tersebut. Jika sudah begitu maka langkah akhir yang dilakukan ialah penyambungan ke arah lampu mobil.

 

4. Pasang Kamera

Kini saatnya beralih ke pemasangan kamera. Biasanya kamera mundur banyak ditempatkan di bagian belakang seperti di atas plat nomor.

Sebab daerah tersebut dapat dengan mudah menjangkau area belakang sehingga akan memudahkan Anda ketika hendak memarkir kendaraan.

Namun, tetap saja cara masang kamera belakang pada mobil terserah kepada Anda sebagai pemilik kendaraan. Mungkin bisa menyesuaikan kepada tipe kendaraan yang dimiliki.

 

5. Pengecekan Kondisi

Jangan langsung rekatkan kamera yang sudah ditempatkan di bagian belakang. Sebaiknya langsung dilakukan pengecekan terlebih dahulu apakah sudah berfungsi atau belum.

Jika Anda sudah merekatkan dengan keras namun belum berfungsi dengan baik maka malah bikin ribet dan menyusahkan diri sendiri. Maka dari itu, cek kondisinya terlebih dahulu.

 

6. Rekatkan dengan Keras

Bila uji coba yang dilakukan berjalan dengan sukses dan jelas kualitas kameranya. Maka sebagai langkah terakhir Anda harus merekatkannya dengan benar.

Ingat pastikan jangan terlalu lemah dalam memasangnya, kalau perlu gunakan baut ataupun double tap agar kamera terpasang dengan baik. Jika sudah terpasang maka kini Anda resmi mempunyai kamera mundur.

Artikel Menarik Lainnya :

Itulah cara masang kamera belakang pada mobil. Tips di atas mungkin terlihat sulit akan tetapi bila diikuti dengan baik maka sebenarnya itu mudah.

Mengingat fungsinya yang cukup penting sebagai pembantu kendaraan parkir maka sebaiknya Anda mulai mempertimbangkan untuk membuatnya.

Loading...
Rama Putra
Rama Putra Satu dari jutaan orang yang juga hobi naik motor sore sore, jalan santai, sesekali ngegas dan hobi menulis lewat blog ini. https://www.facebook.com/ramaputraskom/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.