Rama Putra Satu dari jutaan orang yang juga hobi naik motor sore sore, jalan santai, sesekali ngegas dan hobi menulis lewat blog ini. https://www.facebook.com/ramaputraskom/

Letak Nomor Mesin & Nomor Rangka Motor Honda Terlengkap

3 min read

Automotifblog.com Nomor rangka dan juga nomor mesin pada kendaraan merupakan suatu hal yang sangat diperlukan ketika kita hendak melakukan cek fisik pada kendaraan yang kita gunakan.

Hal ini bertujuan untuk memeprmudah saat mengidentifikasi kendaraan tersebut guna mengurus legalitas dari surat-surat kendaraan yang kita gunakan tersebut.

Misalnya seperti pembayaran pajak motor atau perpanjangan STNK, balik nama kendaraan, mutasi atau pindah wilayah, mengurus STNK yang hilang, dan masih banyak hal lainnya.

Cek fisik sendiri secara garis besar adalah menggosok nomor mesin dan nomor rangka kendaraan menggunakan stiker yang bisa didapatkan secara gratis di kantor samsat. Sebenarnya kantor samsat sendiri menyediakan jasa cek fisik gratis.

Baca Juga : [Wajib Tahu] Cara Menghitung Denda Telat Bayar Pajak Motor

Namun seringkali terdapat kendala yang menyebabkan kita mau tidak mau harus melakukan cek fisik mandiri (misal tidak bisa mengambil stiker karena ketidaklengkapan surat-surat kendaraan sehingga cek fisik dilakukan bermodalkan selotip kertas yang akan diteruskan ke calo).

 

Cara Melakukan Cek Fisik Kendaraan Ke SAMSAT

Apabila bisa membawa kendaraan kita sendiri untuk datang langsung ke kantor SAMSAT terdekat untuk melakukan cek fisik kendaraan di lokasi pemeriksaan kendaraan yang ada di kantor SAMSAT tersebut.

Maka kita tidak perlu lagi repot-repot untuk mengetahui letak dari nomor mesin dan nomor rangka pada kendaraan kita.

Karena yang melakukan cek fisik pada kendaraan biasanya adalah petugas yang ada di tempat pemeriksaan kendaraan tersebut.

Dan pastinya para petugas tersebut sudah mengerti betul dimana letak dari nomor mesin dan juga nomor rangka yang ada pada kendaraan kita.

 

Cara Melakukan Cek Fisik Kendaraan Sendiri

Tetapi bila kendaraan yang anda miliki tidak bisa dibawa langsung ke SAMSAT untuk melakukan cek fisik karena ada suatu hal, maka tentunya anda harus melakukan cek fisik sendiri di rumah atau ditempat kendaraan kita berada, dan selanjutnya hasilnya bisa dibawa ke SAMSAT untuk divalidasi.

Tetapi jika kita mengalami kendala untuk membawa kendaraan tersebut langsung ke kantor SAMSAT untuk melakukan cek fisik karena ada sesuatu hal.

Maka anda harus melakukaan cek fisik kendaraan sendiri dirumah atau dimana tempat kendaraan itu berada.

Dan selanjutnya hasil dari nomor mesin dan rangka dibawa ke kantor SAMSAT untuk divalidasi.

Dalam hal seperti inilah kita perlu untuk mengetahui dimana letak dari  nomor mesin dan juga nomor rangka pada kendaraan yang kita miliki. Untuk lebih jelasnya simak penjelsannya dibawah ini.

 

Baca Juga : Cara Mengatasi Motor Yang Susah Hidup dengan Mudah

 

Cara Melakukan Cek Fisik Kendaraan Biro Jasa

Dengan mengetahui serta menguasai semua letak dan posisi momor rangka dan nomer mesin di setiap kendaraan bermotor, tentunya ini sangat penting bagi Biro Jasa STNK.

Terutama Biro Jasa yang masih baru atau baru saja membuka usahanya, yang bisa dibilang mereka belum banyak pengalaman untuk melakukan cek fisik kendaraan dan juga mengetahui letak dari nomor ranka dan juga nomor mesin dari berbagai jenis kendaraan bermotor.

Nomor Rangka Dan Nomor Mesin Motor Honda

Mengingat sekarang ini ada begitu banyak jenis serta merk kendaraan bermotor yang beredar dipasaran, khususnya kendaraan mobil yang memiliki konstruksi bentuk rangka dan juga mesin yang jauh lebih rumit dibandingkan dengan kendaraan jenis sepeda motor.

Tentu akan tidak mudah untuk menemukan dimana letak nomor rangka dan juga nomor mesin pada sebuah mobil, apalagi bagi orang yang belum pernah melakukan pengecekan atau yang belum mengetahui sebelumnya.

Kebanyakan dari konsumen biro jasa adalah orang-orang yang tidak mempunyai cukup waktu untuk mengurus surat-surat pada kendaraan miliknya sendiri.

Tentu akan lebih baik jika Biro Jasa tersebut memiliki keahlian dalam melakukan cek fisik kendaraan konsumennya, karena sudah memiliki pengetahuan yang cukup baik mengenai letak nomor ranka dan juga nomor mesin yang ada pada kendaraan.

Sehingga ketika proses “gesek” nomor mesin dan nomor rangka kendaraan akan lebih menghemat waktu dan lebih cepat serta tidak menyita banyak waktu dari konsumen.

Dengan mengetahui letak dari nomor mesin dan juga nomor rangka dari berbagai jenis kendaraan, akan memberikan kesan prosesional bagi biro jasa itu sendiri meskipun baru saja membuka usahanya.

Serta akan terlihat lebih berpengalaman ketika konsumen baru pertama kali datang untuk menggunakan jasa untuk mengurus pajak dari kendaraannya terlebih lagi untuk melakukan cek fisik dari kendaraan yang dimilikinya.

Dan sebaliknya jika tanpa pengetahuan yang cukup maka otomatis akan diperlukan waktu yang cukup lama untuk bisa menemukan di manakah letak nomor mesin dan nomor rangka kendaraan.

 

Baca Juga : Penyebab Bunyi (tek-tek) di Blok Kopling Motor & Cara Memperbaikinya

 

Letak Nomor Rangka Dan Nomor Mesin Motor Honda

Nomor Rangka Dan Nomor Mesin Motor Honda

Honda CS1

  • Nomer Rangka : Letaknya di sisi bagian kiri dari kepala kemudi
  • Nomer Mesin : Letaknya di sisi bagian kiri bawah dari bak mesin (crankcase)

Honda Mega Pro

  • Nomer Rangka : Terletak di sisi bagian kiri dari kepala kemudi
  • Nomor Mesin : Terletak di sisi bagian kiri bawah dari bak mesin (crankcase)

Honda Tiger

  • Nomor Rangka : Terletak di bagian sebelah kiri kepala kemudi
  • Nomor Mesin : Terletak di bagian sebelah kiri bawah dari bak mesin (crankcase)

Honda CBR250R

  • Nomor Rangka : Terletak di sisi sebelah kanan dari kepala kemudi
  • Nomor Mesin : Terletak di bagian kiri bawah bak mesin (crankcase)

Honda Revo

  • Nomor Rangka : Terletak di sisi sebelah kiri dari kepala kemudi
  • Nomor Mesin : Terletak di bagian sisi sebelah kiri bawah dari bak mesin (crankcase)

Honda Supra X 125

  • Nomor Rangka : Terletak di daerah seat stay
  • Nomor Mesin : Terletak di bagian kiri bawah bak mesin (crankcase)

Honda BeAT

  • Nomer Rangka : Terletak di daerah seat stay (penahan sadel)
  • Nomer Mesin : Terletak di bagian kiri bawah dari bak mesin (crankcase)

Honda Vario CW

  • Nomor Rangka : Terletak di pagian penahan tempat duduk (seat stay)
  • Nomor Mesin : Terletak di sisi sebelah kiri bawah dari bak mesin (crankcase)

Vario Techno 125 PGM- FI

  • Nomor Rangka : Terletak di bagian bawah dudukan jok
  • Nomor Mesin : Terletak di sisi sebelah kiri bawah bak mesin (crankcase)

Honda Scoopy

  • Nomor Rangka : Terletak di bagian seat stay (penahan sadel)
  • Nomor Mesin : Terletak di bagian sisi kiri bawah dari bak mesin (crankcase)

Setelah nomor telah tercetak pada stiker jangan lupa untuk melakukan kroscek dengan nomor yang tertera pada stnk, pastikan tidak ada yang tertinggal atau kurang jelas tercetak.

Setelah cocok, tempelkan kembali stiker pada lembaran cek fisik untuk selanjutnya dibawa kembali ke samsat untuk prosedur selanjutnya.

Baca Juga :

Itulah tadi penjelasan mengenai gambaran dimana letak atau posisi nomor rangka dan nomor mesin yang ada pada motor Honda secara lengkap.

Semoga penjelsan diatas dapat bermanfaat dan dapat memudahkan dan dalam mengetahui nomr mesin dan nomor rangka kendaraan yang anda miliki.

Loading...
Rama Putra
Rama Putra Satu dari jutaan orang yang juga hobi naik motor sore sore, jalan santai, sesekali ngegas dan hobi menulis lewat blog ini. https://www.facebook.com/ramaputraskom/