Cara Memasang & Menyetel Tensioner Satria FU

Satria FU memang sepeda motor yang memiliki desain dan performa yang tinggi.

Jadi tidak heran jika motor ini masih menjadi idola bagi kalangan anak muda.

Meskipun begitu ternyata motor yang satu ini memiliki sebuah kelemahan yang terletak dibagian tensioner.

Apa itu Tensioner?

Tensioner adalah bagian pada motor yang berfungsi sebagai penahan dan juga menjaga ketegangan rantai keteng (time chain)/ rantai kamprat melalui lidah tensioner agar rantai keteng tetap stabil.

Kenapa motor membutuhkan tensioner?

Walau memiliki bentuk yang kecil, tensinoner sangat berguna bagi motor anda. Apabila tidak ada tensioner kinerja mesin yang lain tidak akan stabil.

Rantai keteng sendiri harus memiliki ketegangan stabil tidak boleh kendur, atau bahkan terlalu kencang.

Tensioner pada mesin motor terbagi menjadi tiga jenis, yaitu tensioner manual, tensioner semi otomatis dan tensioner otomatis.

Namun motor masa kini jarang menggunakan tensioner jenis manual dan semi otomatis, kebanyak sudah menggunakan tensioner otomatis saja.

Lemahnya tensioner pada motor Satria FU ternyata sudah menjadi rahasia umum karena banyak pengguna Satria yang mengeluhkannya.

Hal ini terbukti dengan adanya bunyi berisik yang mudah muncul pada motor Satria FU yang sudah lama maupun yang masih baru. Hal ini dikarenakan per tensioner bawaan Satria FU yang lemah.

Cara unutk mengatasinya dalah dengan mengganti per tensioner bawaan (original) dengan per tensioner yang lebih keras.

Ada juga solusi lain yang bisa anda lakukan yaitu dengan mengganti tensioner standar dengan tensioner manual, biasanya banyak orang menyebutnya dengan tensioner mati atau permanen.

Memang sih cara yang satu ini masih menjadi pro dan kontra dikalangan pengguna Satria FU.

Namun pada kenyataannya banyak yang menggunakan tensioner permanen sebagai pengganti, dan akhirnya masalah berisik pada mesin Satria FU bisa teratasi.

Selain itu jarang yang mengeluhhkan ada efek samping maupun kerusakan yang muncul dari pemasangan tensioner manual ini.

Artikel ini akan membahas tentang cara memasang tensioner satria fu serta cara mensetelnya.

Simak artikel ini sampai selesai agar inforamsi yang anda dapatkan tidak setengah- setengah. Berikut cara step by step memasang tensioner pada satria FU.

Baca Juga : 5 Oli Terbaik Yang Bagus Untuk Satria Fu Harian Serta Harganya


Cara Memasang Tensioner Satria FU

Cara Memasang & Menyetel Tensioner Satia FU

Alat yang dibutuhkan :

  • Kunci sok 8
  • Obeng minus (-)
  • Kunci ring pas no 8

Cara Memasang Tensioner

Cara memasang tensioner pada motor hanya bisa dilakukan oleh orang-orang tertentu.

Namun, jika Anda ingin mencobanya sendiri, bisa ikuti beberapa langkah dibawah ini.

  1. Atur stud tensioner sampai pada titik terpendek, lakukan putaran kekanan menggunakan obeng minus (-) .
  2. Selanjutnya tahan stud dengan pin pengganjal agar stud tidak maju. Pin pengganjal ini biasanya ada saat anda membeli tensioner baru, atau anda juga bisa menggunakan plat nomor bila pin penganjal ini tidak tersedia.
  3. Selanjutnya pasang tensioner dengan cara memasang baut- bautnya pada untuk menyatukan tensioner dengan badan motor ,dengan pin penganjal yang masih menganjal stud. Pin pin pengganjal jangan smapai lepas saat proses pemasangan. Bila pin penganjal lepas ulangi dari langkah no 1.
  4. Setelah tensioner terpasang sempurna disini pemasangan tensioner jangan terlalu kuat namun juga jangan terlalu kendor, lalu anda bisa melepas pin pengganjalnya.
  5. Setelah pin penganjal lepas maka stud akan maju sepanjang yang diperlukan untuk menekan kamprat.
  6. Langkat selanjutnya adalah menutup lubang adjuster kencangkan menggunakan kunci ring 8.

Selain cara memasang tensioner satria FU artikel ini juga akan membahas bagaimana cara mengatur tensioner pada motor anda.

Berikut cara mengatur atau mensetel tensioner pada satria FU.

Cara Menyetel Tensioner Satria FU

Cara Memasang & Menyetel Tensioner Satia FU yang Berisik
  1. Buka cam chain adjuster tensioner menggunakan kunci ring no 8
  2. Setelah adjuster berhasil terbuka, masukan obeng min (-) ke celah tanagn rantai cam lalu putar searah dengan jarum jam untuk mengendorkan tegangan, selanjutnya lepaskan obeng (-)
  3. Untuk meastikan gerakan batang penekannya, bila batang penekanya macet anda harus menganti penyetel tegangan rantai keteng dengan yang baru.
  4. Sebelum memutuskan untuk mengantinya anda bisa memastikan apakah tensioner adjuster masih bekerja atau tidak, bila masih bekerja anda tinggal menyetel tegangan rantai cam. Tapi bila sudah tidak berfungsi anda barulah bisa mengantinya dengan yang baru.
  5. Jika sudah dipastikan pasang kembali alat tersebut. Pastikan pegas penegang sudah dikunci dengan cara memutarnya dengan obeng (-) searah jarum jam. Lalu putar crankchaft padaa arah yang normal.
  6. Setelah selesai memsang cam adjuster, putar obeng (-) berlawanan arah jarum jam. Pada saat adjuster berputar batang penegang akan terdorong oleh daya pegas dan akan adjuster yang sekaligus akan menekan rantai ram.

Seperti itulah cara memasang tensioner satria FU dan cara menyetelnya bila anda menginginkan untuk menyetel tensioner anda.

Jangan lupa untuk melakukan pengecekan secara berkala dan cepat- cepat mengganti apabila terjadi kerusakan pada komponen motor anda khususnya tensioner.

Untuk tensioner ini anda bisa membeli di bengkel motor terdekat atau bisa juga di toko online, sehingga anda bisa memilih harga yang sesui di kantong.

Yakin Nggak Mau Komen ?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.