Cara Memasang Oil Cooler pada Motor

Cara Memasang Oil Cooler pada Motor Oil Cooler adalah salah satu komponen motor. Apakah Anda sedang mencari tahu tentang oil coller dan cara memasang oil cooler pada motor bebek? Berikut infonya.

Apakah Anda suka berpegian jauh atau Anda adalah orang yang suka touring?

Pastinya Anda sangat ingin perfoma motor Anda selalu dalam keaddan prima kan.

Tapi pernahkah Anda merasakan mesin motor Anda panas saat perjalanan jauh atau mungkin saat motor Anda di bawa untuk menanjaki jalan yang cukup curam.

Apabila motor Anda sering mengalami hal tersebut pelajari cara memasang oil cooler pada motor bebek disini.

Kenapa mesin motor bisa panas?

Motor bisa panas saat Anda menggunakanya terlalu lama, begitu pula dengan oli motor, oli lama kelaman akan lebih encer bila mesin motor semakin panas.

Baca Juga : [Rekomended] 5 Oli Terbaik Yang Bagus & Cocok Untuk Satria Fu Harian Serta Harganya

Semakin encer oli day lumas pada komponen yang bergesek menjadi kurang efektif, mengakibatkan komponen tanpa dilumasi oli yang kental menjadi mudah aus.

Oil cooler memiliki fungsi utama yaitu menjaga agar oli tidak mudah panas sehingga suhu dan kekentalan oli tetap terjaga.

Hal ini akan baik untuk komponen- komponen motor yang dilumasi oli, jadi komponen tersebut tidak akan mudah uas.

Pemakaian oli menjadi lebih irit dan mesin motor Anda menjadi lebih adem dari sbelum dipasangi oli cooler.

Namun banyak pengguna motor yang memasang oil coller secara sembarangan atau tidak benar. Padahal jika salah pasang akan berakibat fatal pada mesin motor.

Jadi bagaimana cara memasang oil cooler pada motor bebek yang benar? Maka dari itu kita akan menampilka craa memasang oil cooler pada motor yang benar dan tentunya mudah untuk dipraktekan.

Cara Memasang Oil Cooler Motor dengan Benar

Cara Memasang Oil Cooler pada Motor dengan benar

Banyak orang memasang oil cooler ini asal- asalan tanpa memperhatikan jalunya, atau bahkan seenaknya memotong saluran oli dan dibuat bercabang.

Cara tersebut akan memengaruhi arus pelumas menuju mesin sehingga mesin tidak dapat berfungsi maksimal.

Rekomendasi : Tips Memilih Oli Motor Matic Paling Bagus & Terbaik

Cara Pemasangan oil cooler yang salah

Pemasangan oil cooler yang emnerapkan metode paralaler. karna sangat tidak efektif bila harus melakukan pengeboran pada saluran oli aslinya di blok mesin.

Hal ini akan beakibat tidak efektifnya perangkat oil cooler bahkan bisa sampai ebrakibat merusak mesin motor Anda.

Pemasangan oil motor secara palaler ini dengan membagi saluran filter oli ke komponen dengan saluran untuk oil cooler.

Yakni saluran oil cooler menjadi tidak jelas pemasanganya karna dia pada 1 sisi saluran oil cooler berhubungan dengan filter dan diteruskan ke komponen.

Bagian 2 saluran oil coooler tersebut berhubungan dengan terusan filter oil yang tadi dan juga berhubungan dengan komponen di sini dapat Anda bayangkan seperti simpang tiga jalan raya.

Hal ini berakibat oli yang tersalur ke komponen jumlahnya berkurang/ terlambat sampai karna ada sebgian oli yang mampir terlebih dahulu ke oil coller.

Dengan sedikitnya/ terlambatnya kumlah oli yang sampai serta tingkat kekkentalan yang berbeda akan berakibat pada mudah ausnya komponen motor Anda dan berdampak komponen tersebut cepat rusak.

Cara Memasang Oil Cooler Pada Motor Bebek Yang Benar

  1. Pemasangan oil cooler ini harus menerapkan metode seri, atua baris, agar nantinya tidak salah kaprah. Karna seharusnya penambahan komponen oil coller pada motor adalah mengoptimalkan fungsi motor bukan malah merusak mesin karena kurang tahu akan metode pemasanganya.
  2. Pemasangan oil cooler berada pada rangkaian motor seri , taruhlah ia di antar filter oil dan komponen yang harus dilumasi oli. Jalan masuknya oli ke komponen bisa Anda putus dan masukan ke saluran masuk oil cooler, lalu bagia putusan lain Anda pasang pada sisi lain oil cooler . inilah yang dimaksud rangkaian seri. Ini bertujuan agar oli yang mengaliri komponen dapat didinginkan dan tidak lagi encer atau sudah berubah menjadi kental.

Artikel Terkait :

Demikianlah artikel tentang cara memasang oil cooler pada motor bebek agar motor tidak panas lagi. Terimakasih sudah membaca artikel ini sampai akhir. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

AUTOMOTIFBLOG.COM
Terima kasih sudah memilih mengunjungi situs ini. Dapatkan berbagai macam informasi Tips & Trik Seputar dunia Otomotif. Semoga konten kami bisa bermanfaat.