Cara membersihkan dan Setting Karburator Motor

Cara membersihkan dan Setting Karburator Motor – Jika anda seorang pengendara sepeda motor pasti pernah mengalami berbagai gangguan yang sangat menjengkelkan.

Misalnya saat kita sedang mengendarai sepeda motor terasa berat saat dibawa dengan gas kecang.

Kemungkinan kecil kalu seperti ini ada masalah pada karburator motor yang kita gunakan.

Selain itu jika karburator bermasalah akan menimbulkan hal lain, misalnya mulai dari suara yang menembak-nembak, mesin brebet- brebet dan bahkan saat digas kencang tidak bisa ngebut.

Jika sudah mengalami hal seperti ini, ada baiknya utuk melakukan service karburator ke bengkel.

Tetapi permasalahannya jika anda sedang tidak mimiliki biaya untuk service kerburator tersebut.

Karena service karburator biayanya cukup mahal antara 25-50 ribu rupiah itu tergantung kerusakan apa dan bengkel tempat anda service juga mempengaruhi.

Baca Juga : Penyebab Bunyi (tek-tek) di Blok Kopling Motor & Cara Memperbaikinya

Buat anda yang pengen lebih irit atau ingin mencoba untuk service karburator sendiri, anda harus mengerti terlebih dahulu cara menyetel karburator motor 4 tak.

Cara untuk menyetel karburator motor 4 tak yang brebet tidak lah terlalu sulit dan cukup mudah.

Perlu anda ketahui juga bahwa fungsi dari karburator adalah sebagai komponen atau alat yang memiliki fungsi untuk menyampurkan udara dan bahan bakar kedalam ruang bahan bakar.

Dengan percampuran udara dan bahan bakar yang pas, maka akan menghasilkan power atau tenaga serta akselerasi yang mantap.

Oleh karena itu untuk masalah penyetelan karburator idak bisa dengan cara yang asal-asalan.

Dalam penyetelan kaarburator kondisi mesin sepeda motor anda harus mencapai suhu yang lumayan tinggi, atau anda bisa memanaskannya beberapa menit sebelum melakukan penyetingan pada karburator.

Hal ini bertujuan untuk mendapatkan campuran bahan bakar dan udara yang lebih ideal.

Baca Juga : Cara Paling Mudah Mengetahui Stang Seher Motor Rusak / Oblak

Untuk lebih jelasnya anda bisa membaca langkah-langkah yang sudah kami rangkum.

Apabila anda masih belum paham juga bisa menanyakan kepada ahlinya.

Cara membersihkan dan Setting Karburator Motor

Sebelum menyeting atau menyetel karburator motor, sebaiknya anda membersihkannya terlebih dahulu, anda bisa menggunakan cairan pembersih khusus karburator atau bisa juga dengan menggunakan bensin.

Bersihkan setiap lekuk dan juga rongga-rongga yang adadengan memakai cairan pembersih atau bensin terutama pada lubang-lubang karburator.

Agar tidak adalagi kotoran yang menempel dan menyumbat, yangbisa menyebabkan proses pembakaran karburator tidak lancar.

Jika dirsa sudah selesai proses pembersihan karburatornya, silakan pasang kembali karburator tersebut dengan posisi yang benar.

Setelah semua terpasang seperti semula, coba nyalakan motor anda, dalam tahap ini mungkin belum dapat menyala atau dapat menyala tapi suaranya kurang pas.

Dan saat seperti ini lah kita harus menyetel karburator tersebut, agar sesuai dengan yang kita inginkan. Settingan ini khusus motor 4 tak.

Cara Setting Karburator Motor 4 Tak yang Benar

  1. Putar kearah kanan setelan angin samapai posisinya mentok
  2. Kemudian putar lagi kearah kiri kira-kira 1/4 sampai 1/5 putaran untuk motor bebek dan untuk motor sport kira-kira 2/5 putaran.
  3. Setelah itu putar baut setelan gas dalam posisi putaran 3000 – 5000 rpm
  4. Kemudian nyalakan mesin motornya
  5. Lalu Setel baut setelan angin sampai pada posisi suara mesin tertinggi atau suara knalpot tidak lagi nembak walaupun sekecil apapun.
  6. Putaran kira kira antara 1,4 – 1,6 putaran untuk motor bebek dan untuk motor sport kira kira antara 2,4 – 2,6 putaran.
  7. Apabila anda sudah menemukan setelan yang dirasa pas dan juga enak, lalu putarlah kembali baut setelan gas sampai ke posisi 900 – 1100 rpm, atau posisi mesin dalam keadaan langsam.
  8. Lalu cek dengan menarik gas beberapa kali, tapi jangan menarik gas tertalu mentok pada saat kendaraan tidak berjalan, hanya cukup digas sedang-sedang saja.
  9. Jika setelah posisi idle mesin tidak  mati, maka bisa dibilang motor tersebut sudah enak di ajak jalan jalan dan mudah mudahan irit.
  10. Untuk lebih meyakinkan lagi, coba motor tersebut anda kendarai. kalau sudah dirasa tarikannya sudah enak dan cukup tidak ada masalah berarti anda sudah berhasil melakukannya.
  11. Hal terpenting dalam penyetelan karburator motor 4 tak adalah pasokan bahan bakar serta angin yang pas. Jangan terlalu besaar pada settingan bahan bakar dan juga jangan terlalu kecil, jangan pula terlalu besar pada settingan udara yang akan masuk kedalam karburator , namun juga jangan terlalu sedikit. Usahakan settingan bahan bakar dan udaranya seimbang agar performa motor tetap awet.
Setting Karburator Motor 4 Tak

Campuran udara dan bahan bakar yang pas, tetntunya kan memberikan dampak yang baik pada akselerasi mesin motor yang anda gunakan.

Serta akan lebih hemat bahan bakar dan putaran stasioner mesin pun menjadi ideal.

Artikel Lainnya :

Demikanlah penjelasan mengenai Cara membersihkan dan setting karburator motor 4 tak dengan baik dan benar.

Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat dan bisa mebgatasi permasalahan anda. Terimakasih telah berkunjung.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

AUTOMOTIFBLOG.COM
Terima kasih sudah memilih mengunjungi situs ini. Dapatkan berbagai macam informasi Tips & Trik Seputar dunia Otomotif. Semoga konten kami bisa bermanfaat.