Rama Putra Satu dari jutaan orang yang juga hobi naik motor sore sore, jalan santai, sesekali ngegas dan hobi menulis lewat blog ini. https://www.facebook.com/ramaputraskom/

Cara Membersihkan Filter Udara AC Mobil

2 min read

Membersihkan Filter Udara AC Kijang Kapsul Kebutuhan akan pendingin ruangan kini meningkat tajam tak terkecuali di dalam mobil. Hal itu tak terelakan mengingat Indonesia berada di dekat garis khatulistiwa yang tak lain membuatnya bercuaca panas.

Pendingin ruangan atau AC pada mobil merupakan salah satu komponen yang harus secararutin dibersihkan, dan untuk membersihkan AC sendiri itu memang ada sudahnya dan juga ada mudahnya.

Apabila tidak dibersihkan dengan cara yang benar, maka sirkulasi udara pada AC bisa menjadi cepat kotor. Hal tersebut bisa mengakibatkan AC mobil bau, serta prforma untuk mendinginkan kabin akan menurun.

Sebagai pemula kita tidak bisa membersihkan semua komponen yang ada pada AC mobil, karena tidak semua komponen AC mobil bisa dibongkar dengan mudah.

Rekomendasi : 6 Aki Mobil Yang Paling Bagus, Terbaik dan Tahan Lama

Misalnya saja evaporator yang meruoakan komponen AC mobil yang cukup rumit untuk dibersihkan, karena komponen ini memiliki bentuk kotak dan ruang yang berliku-liku.

Evaporator berfungsi untuk menurunkan suhu yang melaluinya agar tetap menjadi dingin. Apabila eveporator jarang dibersihkan, tentu akan kotor dan bis menimbulkan bau yang tidak enak sampai hembusan blower menjadi semakin lemah.

Sayangnya kadang kala pendingin tersebut tidak bekerja secara efektif disebabkan fungsi salah satu bagiannya kurang optimal.

Maka dari itu, mau tidak mau Anda harus paham cara setel klep avanza vvti. Sebab biasanya hal tersebut sepele jadi Anda bisa membetulkannya sendiri.

 

Cara Membersihkan Filter Udara AC Kijang Kapsul & LGX

Cara Membersihkan Filter Udara AC Kijang Kapsul & LGX

Perlu diketahui bahwa ac mobil memiliki banyak sekali detail komponen di dalamnya. Maka dari itu, apabila ada kasus dimana pendingin tersebut bekerja kurang efektif maka bisa saja disebabkan karena salah satu komponennya terhambat kotoran.

Jadi Anda dapat membersihkan sendiri tanpa harus membayar mahal orang lain. Di bawah ini akan disampaikan cara membersihkan filter udara AC Kijang Lgx.

Cara Membersihkan Filter Udara AC Kijang Kapsul & LGX

 

1. Pastikan Mobil Tidak Sedang Menyala

Sebelum Anda memulai membersihkannya, sebaiknya biarkan kendaraan dalam kondisi tidak dinyalakan. Bagaimanapun nantinya Anda akan melakukan pembongkaran bagian mesin yang ada di dalamnya.

Jadi menyalakan membongkarnya sembari menyalakan mobil sangat membahayakan keselamatan Anda.

 

2. Ketahui Letak Filter Ac

Setiap kendaraan mempunyai tata letak berbeda termasuk mengenai pendingin ruangan. Apabila Anda masih bingung bisa langsung saja cek melalui buku panduan.

Di situ akan tertera semua hal berkaitan dengan mesin. Bila sudah ketemu maka sebaiknya langsung saja membuka filter ac tersebut.

Cek kondisinya apakah memungkinkan untuk dibersihkan atau memang harus diganti dengan yang baru.

 

3. Bersihkan Secara Perlahan

Komponennya yang terlihat seperti saringan membuatnya banyak sekali kotoran yang menyangkut di dalamnya.

Cara membersihkan filter udara ac kijang lgx selanjutnya yakni bersihkan secara perlahan komponen tersebut, jangan terlalu keras sebab bisa membuatnya rusak. Anda bisa menggunakan sikat gigi atau brush agar lebih mudah dalam proses pembersihannya.

 

4. Semprot dengan Kaleng Spray

Persiapkan perlengkapan yang lain sebagai pembersihan lanjutan. Kemudian semprotkan botol tersebut ke dalam bagian blower ac agar segala kotoran bisa dibersihkan secara menyeluruh.

Pastikan botol tersebut sudah dikocok agar lebih terasa khasiatnya. Setelah itu, buka jendela mobil agar banyak udara masuk ke dalam.

 

5. Hidupkan Mobil

Kini saatnya menghidupkan kembali kendaraan, maka otomatis ac pun akan hidup. Setelah itu buat pendingin tersebut ke suhu yang paling tinggi.

Tujuan dari itu ialah pengecekan kondisinya sembari menyemprotkan kembali kaleng seprei secara menyeluruh agar fungsi kinerja pendingin bisa kembali optimal seperti baru.

 

6. Diamkan Sejenak

Cara membersihkan filter udara ac kijang lgx di atas sudah hampir selesai maka diamkan selama beberapa waktu sampai busa atau air keluar dari ventilasinya.

Jika sudah maka kemudian lap sampai bersih sampai tidak bersisa airnya. Kemudian tetap diamkan kembali selama beberapa menit dan setelah itu fungsi akan kembali optimal dan kinerjanya tidak akan terhambat kembali.

 

Cara Merawat & Membersihkan Filter AC Mobil Yang Benar

  • Filter AC terletak di dasbor mobil, di sebelah kiri pengemudi. Mulailah dengan membuka laci mobil Anda.
  • Kemudian perhatikan laci depan dan kiri laci. Kemudian dorong ke arah laci kanan dan kiri dengan menariknya dengan lembut ke arah Anda sehingga proses dilepaskan dari kait.
  • Jika laci telah dilepas, perhatikan bagian dalam penutup filter yang biasanya menunjukkan pesan UP.
  • Kemudian tekan kait penutup saringan di sebelah kanan Anda. Penutup filter biasanya memiliki logo UP untuk membuatnya lebih mudah untuk menginstal sehingga tidak terbalik.
  • Jika saringan sudah terbuka, pertimbangkan lokasi saringan udara dan bawa.
  • Bersihkan filter dengan kompresor angin atau sikat perlahan.
  • Jangan bersihkan saringan dengan air karena ini tidak dianjurkan.
  • Bersihkan filter mobil Anda secara teratur setiap bulan sehingga AC tetap dalam kondisi sangat baik.

 

Artikel Lainnya :

 

Itulah beberapa cara membersihkan filter udara AC Kijang Kapsul LGX dengan baik dan benar. Mengingat akan fungsinya yang begitu vital dalam pengaturan suhu ruangan, sebaiknya Anda menjaga dengan baik pendingin ruangan tersebut.

Bersihkan secara berkala agar tidak terjadi kerusakan yang parah. Cuaca yang panas akan terasa mengganggu ketika berkendara, oleh karena itu fungsi ac yang dapat bekerja secara optimal akan menjadi bagian penting di dalamnya.

Loading...
Rama Putra
Rama Putra Satu dari jutaan orang yang juga hobi naik motor sore sore, jalan santai, sesekali ngegas dan hobi menulis lewat blog ini. https://www.facebook.com/ramaputraskom/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.