Rama Putra Satu dari jutaan orang yang juga hobi naik motor sore sore, jalan santai, sesekali ngegas dan hobi menulis lewat blog ini. https://www.facebook.com/ramaputraskom/

Cara Membersihkan Mesin Motor Agar bersih seperti Baru

5 min read

Cara Membersihkan Mesin Motor  – Apabila anda selalu merawat serta membersihkan sepeda motor yang anda gunakan dengan cara mencucinya, merupakan hal yang sangat perlu dilakukan jika sepada motor anda kotor. Hal ini jika sering dilakukan akan membuat sepeda motor anda tetap enak untuk dipandang oleh mata maupun tetap nyaman saat digunakan untuk berkendara.

Jika sepada motor dalam keadaan bersih dan juga kinclong, tentu saja akan membuat pemiliknya akan semangat dalam menggunakannya.

Untuk membersihkan dan merawat sepeda motor terdapat 2 cara yang bisa digunakan, yaitu mulai dari cara gratis yang dilakukan oleh diri sendiri dan cara berbayar dengan cara menggunakan jasa orang lain.

Baca Juga : Cara Membersihkan Radiator Motor [Terbutkti Ampuh]

Akan tetapi akan lebih bagus lagi jika anda memiliki banyak waktu luang untuk merawat terutama membersihkan sepeda motor anda tanpa harus pergi ke tempat cuci motor ataupun steam motor.

Dengan anda membersihkannya sendiri tentunya akan sesuai dengan keinginan anda dan pasti akan menghasilkan hasil yang maksimal.

Mungkin anda akan mengalami kesulitan jika kotoran yang ada pada mesin motor sudah terlalu kotor dan juga berkerak.

Sepeda motor yang sering digunakan dan jarang sekali dicuci, maka akan membuat bagian-bagian mesin yang kotor tersebut akan menjadi kusam dan juga akan berubah warna.

Baca Juga : Cara membersihkan dan Setting Karburator Motor dengan Baik & Benar

Terlebih lagi jika anda jarang untuk membersihkan dan mencucinya, maka kotoran yang ada pada bagian dalam sepeda motor tersebut akan terus mengendap yang tentunya akan membuat warna daari mesin motor anda menjadi tidak bersih dan kinclong lagi pada saat dicuci.

 

Cara Membersihkan Mesin Motor Agar Bersih Dan Kinclong

Cara Membersihkan Mesin Motor

Sebagian dari anda pasti bertanya tanya cara apakah yanng bisa membersihkannya?

Setelah dilakukan berbagai macam pencarian, ternyata terdapat begitu banyak cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan mesin motor dari kotor sampai terlihat kinclong kembali dengan menggunakan larutan sederhana dan mudah untuk dicari.

Agar anda tidak penasaran dan tidak bertanya-tanya lagi, untuk lebih jelasnya silakan anda simak penjelasan berikut ini.

 

Alat dan bahan yang diperlukan

  • Sikat gigi bekas
  • Botol Aqua atau Wadah
  • Busa atau spons
  • Mama Lemom atau Sunlight
  • Lap Kanebo
  • Pertalite atau Pertamax secukupnya

Cara Membersihkan Mesin Motor

 

Cara pertama : Membersihkan Mesin Motor

  1. Petama-tama buat campur larutan terlebih dahulu (campurkan sunlight dan pertalite kedalam satu wadah). Dengan perbandingannya bebas dan silahkan takar sendiri, bisa dengan 1 banding satu atau dapat juga 2/3 gelas aqua untuk dua larutan tadi.
  2. Jika sudah tercampur selanjutnya silahkan oleskan pada bagian mesin motor dengan memakai sikat atau kuas yang sudah anda siapkan dan kemudian gosok – gosok bagian mesin yang kotor secara merata.
  3. Jika sudah diamkan selama 5 sampai 10 menit, tunggu sampai busanya terlihat keluar dari bagian mesin motor tersebut.
  4. Setelah itu, lalu bilas sambil di gosok memakai busa/spons atau bisa juga dengan meanggunaka lap kanebo sampai bersih dan terbuang semua kotoran yang menempel.
  5. Jika sudah selesai lihat hasilnya, maka mesin motor menjadi bersih dan kinclong dan  akan tampak seperti baru yang keluar dari dealer.

 

Cara kedua : Membersihkan Mesin Motor

  1. Campur pertalite atau pertamax dan sunlight yang telah disiapkan ke dalam botol kemasan
  2. selanjutnya tutup botol serta lubangi kecil pada bagian tutupnya dengan memakai paku
  3. kemudian kocok-kocong dan sembari di tutup terlebih dahulu lubang pakunya hingga tercampur dengan sempurna
  4. selanjutnya semprotkan pada semua bagian mesin yang anda ingin dibersihkan
  5. Tunggu 5 sampai 10 menit hingga keluar banyak busa
  6. kemudian gosok-gosok sedikit hingga kotoran keluar.
  7. selanjutnya bilas dengan air hingga bersih.
  8. Maka hasilnya bagian mesin motor akan menjadi kinclong dan nampak seperti baru pertama keluar dari deler.

 

Baca Juga : Cara Mengetahui Pompa Bensin (Fuel Pump) Rusak Serta Solusi Mengatasinya

 

Cara Membersihkan Blok Mesin dengan Shampo Khusus

Langkah pertama yang dilakukan untuk membersihkan kerak pada blok mesin motor adalah dengan menggunakan shampoo khusus untuk motor.

Selain itu, anda juga dapat menggunkan shampoo tersebut untuk mencuci bagian motor yang lainnya. Tetapi jangan menggunakan shampoo untuk mencuci rambut karena sampoo tersebut tidak akan efektif untuk membersihkan kerak yang menempel pada blok mesin motor.

 

Cara Membersihkan Blok Mesin dengan Sunlight

Cara Membersihkan Blok Mesin dengan Sunlight

Setelah anda menggunkan metode pertama, namun tidak mebuahkan hasil, selanjutnya anda bisa menggunkan sabun pencuci piring untuk menggantikan shampoo.

Cara ini bisa dibilang efektif dan seringkali dipakai untuk menusir kerak yang membandel. Anda bisa menggunakan sabun yang biasanya digunkan untuk mencuci piring, misalnya seperti mama lemon, dan sunlight yang paling banyak digunakan.

Dari kedua jenis sabun untuk cuci piring tersebut sangat sekali bermanfaat untuk anda bisa membersihkan kerak yang membandel dan susah dibersihkan pada blok mesin motor. Untuk cara membersikan menggunakan sunlight adalah sebagai berikut :

  • Siapkan peralatannya terlebih dahulu, seperti mangkok atau baskom, kuas (bisa juga menggunakan sikat gigi), sikat, kain lap dan juga kanebo.
  • Selanjutnya campurkan air dan juga sunlight kedalam wadah lalu aduk sampai keduanya bercampur
  • Setelah sunlight dan air telah bercampur, sekarang langsung saja ketahap pencucian. Siram seluruh bodi dan blok mesin motor dengan air bersih
  • Selanjutnya olehkan cairan sunlight tersebut ke blok mesin, lalu gosok-sosok menggunkan kuas atau sikat gigi. Gosok sampai bersih hingga kesela-sela yang sempit
  • Jika semua bagian sudah adnda bersihkan, kemudian diamkan selama beberapa menit dahulu tai jangan terlalu lama juga Cara Membersihkan Blok Mesin dengan Sunlight
  • Setelah itu bilas dan diram menggunakan air bersih sampai tidak ada busa dan kotoran yang menempel
  • Selanjutnya keringkan dengan menggunakan lap bersih atau bisa juga menggunakan kanebo

 

Membersihkan Blok Mesin dengan Obat Pembersih Keramik

Cara Membersihkan Mesin Motor

Jika dengan menggunakan kedua cara sebelumnya tetap saja tidak membuahkan hasil, maka anda harus mecobanya dengan cara yang ketiga ini, yaitu dengan menggunkan obat pembersih keramik.

Dijamin dengan menggunkan metode yang ketiga ini semua kerak yang menempel akan ludes. Dalam menggunakan cara ini, anda harus berhati-hati dalam menggunakan obat pembersih keramik tersebut.

Cara ini sangat tidak disarankan untuk anda yang sudah mngecat blok mesin motor karena bisa merusak cat pada mesin tersebut.

Metode dengan menggunakan obat pembersih keramik hanya bisa dilakukan untuk anda yang belum pernah mengecat blok pada mesin motor.

Bagi yang sudah terlanjur sudah mngecat blok mesinnya bisa menggunkan cara yang pertama dan kedua.

Lalu bagaimanakah cara menghilangkan kerak pada blok mesin dengan menggunakan obat pembersih keramik? Berikut cara dan penjelasan lengkapnya.

  1. Telebih dahulu siapkan obat pembersih keramiknya, anda bisa membeli obat keramik atau pembersih keramik tersebut di super market ataupun toko bangunan disekitar tempat tinggal anda.
  2. Setelah mendapatkan pembersih keramik maka saatnya beraksi, hal yang pertama-tama anda siapkan tempat atau ember untuk menuangkan pembersih keramik (tuangkan secukupnya).
  3. Campur obat tersebut dengan air panas secukupnya dan aduk sampai merata. Siapkan juga sikat gigi untuk bisa menjangkau kerak yang ada di celah sempit atau yang berada di celah yang tidak terjangkau.
  4. Jika sudah anda siapkan semua, maka segera gosok kesemua mesin memakai kuas lembut secara merata untuk celah sempit pakailah saja sikat gigi.
  5. Tunggu kira-kira 10 menit maka akan muncul busa atau buih buih berwarna putih.
  6. Jika anda sudah melihat busa putih tersebut, selanjutnya, segera gosok-gosok saja untuk membantu mempercepat pembersihan blok mesin motor tersebut.
  7. Jika sudah selesai, anda bisa membilas dengan mencucinya menggunkan shampoo motor.
  8. Kemudian bilas dengan menggunakan air bersih. Lakukan hal tersebut sampai benar-benar bersih Membersihkan Blok Mesin Motor dengan Obat Pembersih Keramik
  9. Setelah itu anda akan melihat hasilnya, mesin tersebut akan bersih dan kinclong seperti baru.
  10. Apabila anda belum mendapatkan perubahan yang berarti, anda bisa mengulangi tahap tersebut sampai blok mesin motor anda benar-benar sudah bersih.

 

Membersihkan Blok Mesin dengan Blau

Membersihkan Blok Mesin dengan Blau

Mungkin terlihat seperti tidak masuk akal, cara ini admin dapatkan dari salah satu forum sepeda motor. Namun setelah dicoba ternyata bisa bikin blok mesin jadi lebih kinclong. Cara menggunakannya juga cukup mudah, kira-kira seperti berikut ini

  • Campurkan Blau dan air dalam wadah (sebaiknya gunakan mangkok)
  • Bersihkan dahulu blok mesin dari sisa-sisa oli yang menempel
  • Jika sudah yakin bersih dari oli dan noda yang lainnya, baru oleskan balu tersebut ke bagian blok mesin secara merata
  • Selanjutnya gosok-gosok dengan menggunakan kuas atau sikat gigi bekas. Usahakan sampai kesela-sela terkecil juga

    Membersihkan Blok Mesin dengan Blau
    Gosok-gosok dengan kuas
  • Kemudian diamkan dan jangan dibilas dulu selama 1 sampai 2 hari
  • Jika sudah 1 atau 2 hari, lapisan blau kan sudah kering. Langkah selanjutnya adalah cuci dengan menggunkan deterjen atau sabun cuci khusus motor sampai bersih

 

Kenapa kok bisa kinclong menggunakan Blau?

Karena balu memiliki kandungan natrium bikarbonat alias bahan aktif baking soda, sehingga bisa menghilangkan noda yang membandel yang menempel.

Natrium bikarbonat biasanya juga digunakan untuk bahan pembersih dengan tehnik sodablasting yang memang digunakan untuk proses pembersihan blok mesin.

Artikel lainnya :

Demikianlah tips cara membersihkan blok mesin sepeda motor yang bisa anda lakukan sendiri di rumah. Bagaimana sangat mudah bukan ?

Rawatlah motor anda supaya selalu tampak bersih, karena kebersihan motor bisa menunjukan identitas seseorang.

Semoga penjelasan yang disampaikan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda dalam dunia otomotif.

Jangan lupa untuk selalu kunjungi Automotifblog.com untuk infor menarik lainnya. Terima kasih sudah berkunjung, semoga tips di atas bisa membantu anda. Selamat mencoba.

Loading...
Rama Putra
Rama Putra Satu dari jutaan orang yang juga hobi naik motor sore sore, jalan santai, sesekali ngegas dan hobi menulis lewat blog ini. https://www.facebook.com/ramaputraskom/