Cara Memperbaiki Bendik Starter Motor Rusak

Jika salah satu dari bagian tersebut mengalami masalah, maka starter tidak akan berfungsi.

Apabila salah satu dari komponen pembentuk sistem elektrik starter pada sepeda motor tersebut mengalami masalah atau kerusakan.

Tentu saja akan membuat kita tidak bisa lagi menggunakan starter untuk menyalakan mesin sepeda motor yang kita gunakan.

Masalah yang sering muncul pada sistem kelistrikan starter adalah terjaddi pada rusaknya bendik atau relay starter.

Cara untuk memperbaiki bendik Stater Rusak merupakan hal yang wajib dipahami oleh semua pengguna sepeda motor.

Baca Juga : Cara Mengatasi Motor Yang Susah Hidup

Karena bendik starter merupakan bagian yang sangat penting pada sistem elektrik starter yang ada pada sebuah sepeda motor.

Jika anda tidak mengetahui cara untuk memperbaiki bendik starter sendiri.

Anda tidak perlu khawatir lagi, karena pada kesempatan kali ini kami akn membagikan tutorial cara memperbaiki bendik startet yang rusak pada sepeda motor.

Penyebab & Cara Memperbaiki Bendik Starter Motor yang Rusak

Cara Memperbaiki Bendik Stater Motor yang Rusak

Bendik starter merupakan salah satu bagian dari sistem elektrik starter pada sepeda motor yang sering mengalami masalah.

Bendik pada sepeda motor berfungsi untuk memicu aliran listrik dari aki yang nantinaya akan diteruskan ke dinamo starter.

Jika bendik starter tersebut mengalami masalah atau malah rusak, tentu saja arus listrik yang akan mengalir ke dinamo juga akan mengalami masalah juga, bahkan tidak bisa mengalir ke dinamo starter pada sepeda motor.

Untuk dapat membantu anda dalam mendiagnosa kerusakan yang terjadi.

Kami akan memberikan beberapa cara utnuk memperbaiki bendik starter yang rusak dan mengalami masalah.

Cara Memastikan Bendik Starter Motor Rusak

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa sistem elektrik starter pada ssepeda motor terdiri dari beberapa komponen peting.

Sebelum anda melakukan perbaikan pada bendik starter yang rusak, sebaiknya anda memastikan terlebih dahulu bahwa bendik starter yang akan anda perbaiki benar-benar mengalami kerusakan.

Dalam hal semacam ini jangan sampai kita salah untuk mendiagnosa apa yang terjadi pada sistem elektrik starter pada sepeda motor.

Untuk memastikan sistem elektrik starter pada sepeda motor yang mengalami kerusakan dapat dilakukan denga langkah – langkah berikut.

1. Cek Aki yang digunakan

Pastikan terlebih dahulu jika aki yang anda gunakan untuk speda motor anda dalam keadaan yang prima dan baik.

Untuk melakukan pengecekan tersebut, anda dapat melakukan pengecekan dengan menggunakan perkiraan atau bisa juga dengan menggunakan alat tertentu.

Melakukan pengecekan dengan metode perkiraan, dapat dilakukan dengan cara memantau beberapa lampu indikator yang ada sipanel sepeda motor.

Bisa juga dengan cara melihat lampu sein dinyalakan dan pada panel sepdeo meternya terjadi kedip pada lampu indikatornya atau tidak.

Jika kedipan lampu sein tersebut tidak terlalu redup, maka dapat diperkirakan baahwa kondisi aki sepeda motor anda masih dalam kondisi yang baik.

Bagitu juga sebaliknya, jika kedipan lampu indikator sein yang ada pada sepedo meter redup, maka terdapat kemungkinan aki pada spedamotor anda sudah mengalami masalah atau drop.

Cek Aki yang digunakan

Sedangkan jika anda akan melakukan pengecekan kondisi aki degan menggunakan alat, maka anda bisa menggunakan alat Ampere Meter.

Caranya anda bisa cek berapa besar arus yang keluar dari aki motor anda.

Apakah nilai voltasenya sama dengan yang tertulis pada aki tersebut atau tidak.

Jika pada kondisi beban maksimal arus listrik yang terdapat pada aki mengalir pada ampere meter tersebut sesuai dengan kapasitas penyimanan yang tertera pada badan aki, maka dapat dikatakan aki tersebut masih dalam kondisi yang baik.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Aki Basah Rusak, Soak & Mati Total

Begitu juga sebaliknya, apabila dalam proses pengukuran aki menggunakan ampere meter didapat angka yang lebih kecil daripada yang tertera di aki tersebut, maka bisa dikatakan bahwa aki tersebuh sudah drop atau bermasalah.

2. Cek Dinamo Starter

Langakah selanjutnya adalah melakukan pengecekan pada dinamo starter.

Karena dinamo starter pada sepeda motor anda juga dapat menentukan apakah dinamo tersebut bermasalah atau masih dalam keadaan baik-baik saja.

Melakukan pengecekan pada dinamo starter bisa dilakukan dengan cara pada saat menghidupkan mesin sepeda motor dengan menggunakan elektrik starter.

Apabila pada dinamo terdapat suara kasar, maka ada kemungkinan dinamo starter pada sepeda motor tersebut mengalami masalah.

Cek Dinamo Starter

Tetapi, jika suara dinamo starter tersebut masih terdengar halus, tentu saja dinamo tersebut masih dalam kondisi yang baik.

Dengan melakukan cara diatas, anda dapat menyimpulkan kondisi dari aki dan juga dinamo starter pada sepeda motor dalam kondisi yang baik.

Maka selanjutnya anda bisa mempersempit diagnosa komponen yang mengalami kerusakan yaitu pada bagian bendik startenya.

Untuk memastikan apakah bendik starter mengalami kerusakan atau adalah ketika kita hendak menyalakan mesin speda motor dengan mengunakan elektrik starter.

Apabila pada bendik starter speda motor mengalami kerusakan, maka tidak akan ada respon apapun pada saat menekan tombol starter.

Karena arus listrik yang seharusnya di teruskan kedinamo starter terhenti pada bagian bendik starter.

Cara Memperbaiki Bendik Starter Motor Rusak

Setalah anda mengetahui bahwa komponen dari sistem elektrik starter mengalami kerusakan terutama pada bagian bendik.

Maka anda harus memperbaiki bendik starter yang mengalami kerusakan tersebut, dengan beberapa tutorial berikut :

Memperbaiki Bendik Stater yang Rusak
  • Lepas terlebih dahulu connectorkabel elektrik starter yang menuju ke bendik stater.
  • Selanjutnya anda bisa melepas kabel kabel yang menuju ke bendik dengan menggunakan solder. Lalukan sampai seluruh kabel yang menuju kebendik dapat terlepas dengan baik.
  • Selanjutnya lakukan pembongkaran pada bagian body bendik tersebut.
  • Amplas pada setiap ujung dari bendik tersebut. Hal ini bertujuan untuk membersihkan bagian-bagian yang kotor dan sudah berkarat. Sehingga proses aliran listrik padabendik akan menjadi lebih baik. Anda bisa menggunakan amplas yang halus agar saat pengamplasan tidak mengakibatkan komponen yang berada didalam bendik menjadi lebih kecil.
  • Didalam bendik starter terdapat sebuah pegas, anda bisa mencoba menggunakan kembali pegas yang berada didalam bendik tersebut. Lakukan dengan sangat hati-hati, jangan sampai pegas tersebut patah.
  • Untuk tahap terakhir cara memperbaiki bendik motor yang rusak, anda bisa memasang kembali tutup bendik yang anda lepaskan tadi . Usahakan juga untuk melakukan pemasangan di beberapa bagian yang sangat rentan tersebut dengan menggunakan solder agar bisa terpasang dan merekat dengan kuat.

Berdasarkan pengelaman dari beberapa pengguna motor, dengan melakukan beberapa metode yang dijelaskan diatas dapat memperbaiki bendik starter yang rusak.

Tapi perlu anda ingat juga bahwa tingkat keberhasilan dari memperbaiki bendik starter itu tergantung dari jenis kerusakan yang dialami juga.

Jika rusaknya parah, maka proses perbaikan dengan mengikuti tutorial diatas kemungkinan besar tidak berhasil, tapi tidak ada salahnya anda coba.

Setidaknya anda akan belajar dan lebih tahu dengan masalah yang dialami motor anda, dengan begitu anda menjadi lebih berpengalaman.

Sehingga anda akan lebih tahu apa yang harus dilakukan jika kerusakan itu muncul dikemudian hari.

Demikianlah penjelasan yang bisa kami sampaikan mengenai Penyebab & Cara Memperbaiki Bendik Stater Motor yang Rusak.

Artikel Lainnya :

Semoga dengan mengikuti tutorial diatas anda dapat memperbaik sendiri bendik starter yang rusak.

Tentunya hal tersebut dapat menambah wawasan anda dibisang otomotif mengenai sistem kelistrikan yang ada di starter sepeda motor.

Kunjungi terus Automotifblog.com agar anda tidak ketinggalan tentang update informasi menarik seputar dunia otomaotif yang lainnya. Terimaksih telah berkunjung.

Yakin Nggak Mau Komen ?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.