Cara Memperbaiki Shock Belakang Yang Bocor, Rusak Atau Mati

Cara Memperbaiki Shock Belakang Yang Bocor Jika anda memiliki sepeda motor, pasti anda sudah tidak asing lagi dengan salah satu komponen yang satu ini, yaitu shockbreaker. Kemungkinan besar setiap orang yang memiliki sepeda motor tentu sudah mengenal dengan komponen yang satu ini.

shockbreaker merupakan sebuah komonen yang berfungsi untuk melindungi sepeda motor dari beragam komponen diatasnya.

Karena bisa meredam hentakan dan juga getaran yang terjadi pada saat sepeda motor digunakan untuk berkendara, terutama dikonsisi jalan yang tidak rata.

Jika saat berkendara sepeda motor anda sering mengalami benturan, maka bisa mengakibatkan shockbreaker cepat mengalami kerusakan.

Baca Juga : [Terbutkti Ampuh] Cara Membersihkan Radiator Motor Dengan Mudah

Fungsi pada bagian ini tidak kalah pentingnya dengan fungsi pada gear sepeda motor.

Maka dapat diartikan bahwa komponen motor satu dengan komponen motor yang lainnya saling berkesinambungan.

Jika shockbreaker motor bagian depan atau pun belakang sudah keras dan juga tidak nyaman, pasti shockbreaker tersebut mengalami kerusakan atau bocor.

Cara untuk memperbaiki shock belakang yang keras itu sangat penting, karena akan dapat mengembalikannya ke fungsi semulanya agar tetap normal.

Baca Juga : Cara membersihkan dan Setting Karburator Motor dengan Baik & Benar

Yaitu untuk memperkecil atau meminimalisir kejutan saat berkendara melewati jalan berlubang atau berbatu yang bisa membuat kita semakin nyaman dalam berkendara.

Karena jika sepeda motor sering terkena benturan dan juga hentakan maka bisa cepat menimbulkan kerusakan.

Cara Kerja & Penyebab Shock Breaker Motor Bocor atau Rusak

Perlu anda ketahui juga, bahwa salah satu komponen yang paling penting dari shockbreaker adalah tabung yang berisi oli. Didalam tabung tersebut terdapat sebuah katup yang tugas utamanya untuk mengontrol aliran oli.

Sehingga akan terjadi gerak ayun yang melambat pada motor akibat aliran oli yang ada di tabung shockbreaker yang diperlambat oleh katup ini.

Ukuran lubang katup yang terdapat pada shock belakang sepeda motor cukup kecil dan juga sempit.

Jika kapasitas oli yang ada di dalam tabung shock tersebut sudah berkurang dan tinggal sedikit, hal ini akan mengakibatkan shock breaker tersebut tidak dapat bekerja secara optimal dalam meredam hentakan dan juga kejutan.

Untuk mengetahui apakah shockbreaker sudah bocor dan rusak atau sudah tidak bagus lagi untuk digunakan bisa dengan beberapa cara berikut ini :

  1. Apabila ada rembesan oli yang membasahi tabung shockbreaker, itu menjadi tanda bahwa shock bocor. Cara untuk memperbaikinya adalah dengan mengganti as shock tersebut dan mengisi kembali oli ke dalam tabung shockbreaker tersebiut sesuai dengan takaran dan aturan yang sudah ditentukan.
  2. Ketika sedang dikendarai, motor terasa seakan-akan oleng ke samping, baik itu kearah kanan maupun kiri. Sedangkan ketika melihat kearah kemudi masih dalam kondisi normal dan bagus. Jika sudah seperti ini, maka bisa dipastikan shock breaker mengalami kerusakan.
  3. Sudah tidak nyaman ketika mengendarai motor dan terasa sangat keras ketika melewati jalanan yang berbatu atau jalan yang bergelombang.
  4. Sudah waktunya untuk pergantian oli dalam shockbreaker depan serta belakang motor. Batas pergantian oli tersebut adalah sekitar 15.000 kilometer.

Baca Juga : [MUDAH] Cara Pasang Ring Piston dengan Baik & Benar Tanpa Ribet

Kebocoran oli yang terjadi di tabung shockbreaker motor bisa terjadi karena sil sudah sobek atau as shock breaker sudah aus.

Cara merawat shockbreaker adalah dengan cara sering membersihkannya secara rutin.

Apabila anda rutin mengendari sepeda motor pada kondisi jalan yang berdebu dan juga berpasir, usahakan langsung cuci as shock agar tidak tergores karena debu atau kotoran yang lainnya.

Cara Memperbaiki Shock Belakang Yang Bocor, Rusak Atau Mati

Cara Memperbaiki Shock Belakang Yang Bocor

Jika shockbreaker belakang sepeda motor anda sudah terlanjur rusak, misalnya bocor, anda tidak perlu terburu – buru untuk membawanya ke bengkel atau deler untuk servis atau menggantinya.

Karena seperti yang telah kita ketahui sendiri apabila membawanya ke bengkel akan mengeluarkan biaya yang jumlahnya tidak sedikit. Untuk meminimalisir pengeluaran, anda bisa memperbaikinya sendiri dirumah.

Jika anda belum mengerti atau bahkan tidak tahu bagaimana cara memperbaiki shockbreaker sendiri.

Tenang saja karena pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara atau tips untuk memperbaiki shock belakang motor anda yang sudah rusak atau bocor.

Langsung saja simak sama – sama penjelasannya berikut ini.

Baca Juga : Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang dengan Dioda

Peralatan yang Dibutuhkan

Sebelum anda memulai untuk memperbaiki shock motor belakang anda, sebaiknya anda terlebih dahulu siapkan peralatan yang dibutuhkan berikut ini :

  • Kunci pas, ring serta shock berukuran 8 mm, 14 mm, dan 17 mm.
  • Kunci L6 mm
  • 5 kunci bintang berukuran T 40
  • Obeng plus dan min
  • Oli shockbreaker
  • Oil seal berukuran 26 x 37 x 10
  • Lap atau kanebo

Langkah-langkah Perbaikan Shock Belakang Motor

Cara memperbaiki shock belakang motor yang utama adalah dengan melalui tahap perbaikan terlebih dahulu.

Hal ini bertujuan untuk mengetahui seberapa parah masalah yang ada pada shock belakang motor anda yang bermasalah tersebut.

Perhatian langkah – langkah di bawah ini dengan baik dan jangan sampai terlewatkan satupun.

  1. Lepas roda beserta dengan rumah piston, rem serta spakbor terlebih dahulu. Tentu saja hal ini bertujuan agar mempermudah proses perbaikan.
  2. Lepas baut 14 mm agar shockbreaker belakang pada sepeda motor dua sisi dapat dilepaskan.
  3. Untuk membongkar shock hanya dengan cara menekan bagian atas pada penutup shock, kemudian congkel ring pengunci.
    Cara Memperbaiki Shock Belakang Yang Bocor
  4. Setelah itu lepas per di tabung, kemudian segera tuang keluar oli pada tabung shockbreaker tersebut.
    Cara Memperbaiki Shock Belakang Yang Bocor
  5. Agar oli tersebut keluar semua, maka anda bisa dengan mengocoknya berkali-kali.
  6. Lepaskan tabung shock breker pada bagian dalam, dengan memamkai kunci L6 milimeter, kemudian lepas baut L pada bawah tabung shock bagian luar.
  7. Setelah tabung shock pada bagian dalamnya sudah terlepas, sekarang ambil rebound spring serta damper rodnya. kemudian lakukan pemeriksaan untuk menentukan apakah masih bagus atau tidak.
  8. Jika seal oli shock bocor, maka seal shock tersebut harus diganti. Tanda seal oli shock mengalami kebocoran adalah terlihat pada bagian pipa mengkilap karena terkena oli.
  9. Ketika akan memasang seal shock yang baru, harus dikerjakan dengan hati-hati dan jaga kondisi harus tetap rata atau tidak miring.
  10. Selanjutnya saat memasang seal oli menggunakan bearing roda bekas dan ketok dengan palu plastik supaya seal shock bisa masuk dengan rata.
  11. Pasanglah kembali ring pengunci serta karet tutup shock, dianjutkan pemasangan tabung shock dalam serta rebound spring dan dampernya, kemudian putar baut pengikat L6 mm usahakan tertutup dengan rapat.
  12. kemudian isi oli shock pada tabung, usahakan ukurannya sama kira-kira 64 mililiter.
  13. kemudian Pasang per dengan menggunakan teknik posisi ulir renggang pada bagian bawah serta ulir rapat bagian atas.
  14. kemudian memperbaiki shockbreaker belakang seoeda motor yang bocor dengan memasang tutup shockbreaker atas dan ring pengunci, agar pengerjaan lebih cepat serta mudah sebaiknya dipasang terlebih dahulu kedua shockbreaker motor dankencangkan baut pengunci.
  15. lanjutkan dengan menutup shock dibarengi menekan menggunakan obeng sekaligus dipasang pengunci hingga terdengar bunyi clik.
  16. kemudian jika sudah selesai diperbaiki pasan kembali spakbor atau bagian sepeda motor yang sudah dilepas, serta bersihkan dengan lap atau kain.
  17. selanjutnya uji coba sepeda motor dengan menegendarainya di jalan yang tidak rata.

Demikianlah penjelasan mengenai langkah-langkah cara memperbaiki shock belakang yang bocor dan juga rusak.

Artikel lainnya : 

Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda dalam dunia otomotif. Terimakasih sudah berkunjung dan selamat mencoba.

Jangan lupa untuk terus kunjungi Automotifblog.com, agar anda tidak ketinggalan update terbaru dan tip & trik seputar dunia otomotif yang lainnya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

AUTOMOTIFBLOG.COM
Terima kasih sudah memilih mengunjungi situs ini. Dapatkan berbagai macam informasi Tips & Trik Seputar dunia Otomotif. Semoga konten kami bisa bermanfaat.