Cara Menghilangkan Karat Pada Rangka Besi & Knalpot Motor

Menghilangkan Karat Pada Motor Menggunakan sepeda motor untuk sarana transportasi sehari-hari menjadi pilihan nanyak orang untuk di zaman yang serba cepat seperti sekarang ini.

Dengan penggunaan sepeda motor secara terum menerus setiap hari, tentu akan membuat motor tersbut bisa mengalami masalah, salah satunya adalah karat yang terdapat rangka besi motor ataupn knalpot.

Sebagai pengguna yang bertanggung jawab, anda harus merawat motor yang anda gunakan tersebut. Salah satu yang terpenting adalah dengan melakukan perawatan rutin minimal sebbulan sekali ke bengkel kepercayaan anda.

Lebih baik jika 2-3 minggu sekali tapi itu semua tergantung dari intensitaas penggunaannya.

Salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna sepeda motor adalah munculnya karat pada besi-besi atau sasis dan juga knalpot yang digunakan.

Karat yang dibiarkan begitu saja tentu akan menimbulkan bahaya yang bisa menyebabkan keroposan pada besi-besi motor tersebut.

Apabila keropos tersebut dibiarkan maka akan terjadi kerusakan, misalnya saja akan muncul lubang pada knalpot.

Jika lubang tersebut dibiarkan tentu akan menimbulkan kebocoran yang mengaibatkan suara knalpot berubah. Selain itu, aliran gas pembuangan menjadi terhambat dan kurang bertenaga.

Mesin blok motor anda kotor?

Yuk cari tahu cara membersihkannya di artikel Cara Membersihkan Mesin Motor Agar bersih seperti Baru

Cara Menghilangkan Karat Pada Rangka Besi & Knalpot Motor

Cara Menghilangkan Karat Pada Rangka Besi & Knalpot Motor

Sebagai pengguna sepeda motor kita wajib tahu mengenai cara menghilangkan karat pada besi, sasis motor terutama pada bagian knalpot.

Hal utama yang menyebabkan hal tersebut biasanya adalah rasa malas kita untuk membersihkan dan merawat sepeda motor tersebut.

Apabila debu dan juga kotoran sudah menumpuk, pasti akan menibulkan kerak dan karat pada besi motor tersebut.

Pada bagian knalpot, karat-karat bisa timbul karena air (khususnya air hujan) yang kemudian dibiarkan begitu saja.

1. Menggunakan Oli Bekas

Salah satu cara untuk menghilangkan karat pada besi dan knalpot motor adalah dengan menggunakan oli bekas.

Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan oli bekas tersebut secara merata pada besi motor, khususnya knalpot sudah berkarat seperti pada pipa dan bagian leher knalpot.

Khusus untuk bagian knalpot, apabila sudah dioesi oli, hidupkan mesin motor lalu biarkan selama beberapa menit hingga panas. Hal tersebut bertujuan agar oli bereaksi dan akan melunturkan karat tersebut.

Memasukan oli bekas

Selain itu, penggunaan oli bekas juga bisa membersihkan knalpot bagian dalam, yaitu dengan cara memasukkan oli tersebut kedalam lubang knalpot seckupnya.

Apabila suhu mesin dan knalpot sudah mulai panas, maka akan ada asap yang keluar dari lubang knalpot dan hal ini sangat wajar dalam beberapa waktu.

Bukan hanya pada bagian besi rangka atau sasis dan knalpot saja, tetapi juga bisa untuk menghilangkan karat pada velg motor, shock motor, rantai serta bahan besi chrome motor lainnya.

2. Menggunakan Stempet (Gemuk)

Selan dengan menggunakan oli bekas, ternyata karat yang terdapat pada besi knalpot juga bisa dihilangkan dengan menggunakan gemuk atau stempet.

Banyak orang yang menggunakan bhan ini untuk melumasi bagian – bagian tertentu dari motor yang bertujuan untuk mencegah dan menghilangkan karat.

Untuk cara penggunaannya, sama seperti cara menghilangkan karat dengan menggunakan oli bekas yang dijelaskan sebelumnya.

3. Menggunakan bahan bakar Pertamax Plus

Cara menghilangkan karat pada mesin besi, terutama knalpot, juga bisa menggunakan Pertamax Plus. Ini dengan mencampurkan bahan bakar ini dengan solar dalam rasio 1: 2.

Kemudian oleskan campuran ke bagian bermotor motor menggunakan sikat gigi. Kemudian sapukan bagian yang telah diolesi campuran tersebut. Karat Niscara akan jatuh.

4. Menggunakan Cairan Pembersih Keramik

Banyak juga yang mempraktikkan pembersihan karat pada setrika daya menggunakan pembersih keramik, apa pun mereknya.

Caranya adalah dengan menuangkan pembersih keramik ke dalam wadah dankemudian oleskan secara merata ke bagian sepeda yang berkarat.

Biarkan seama beberapa menit. Kemudian sikat dengan menggunakan sikat gigi atau yang lainnya untuk menghilangkan bagian yang berkarat.

Apabila anda menggunakan cairan pembersih keramik untuk menghilangkan karat, sebaiknya berhati-hati. Hindari terkena blok mesin secara langsung, karena cairan tersebut bisa cepat menimbulkan korosi.

5. Menggunakan Pasta Gigi

Bagi Anda yang memakai motor krom, termasuk knalpot, cara termudah membersihkan karat dengan pasta gigi. Cukup gunakan pasta gigi dan biarkan sebentar.

Pada bagian motor yang menggunakan besi chrome, termasuk knalpot cara yang paling musah untuk menhilangkan karat adalah dengan menggunakan pasta gigi.

Oleskan pasta gigi secara merata pada bagian yang berkarat, kemudian gosok dengan menggunakan kain lap sampai bersih. Ulangi metode ini beberapa kali agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Rekomendasi :

Itulah beberapa metode atau Cara Menghilangkan Karat Pada Rangka Besi, khusunya pada bagian knalpot motor. Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk dan anda bisa mencpbanya sendiri di rumah. Selamat mencoba.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

AUTOMOTIFBLOG.COM
Terima kasih sudah memilih mengunjungi situs ini. Dapatkan berbagai macam informasi Tips & Trik Seputar dunia Otomotif. Semoga konten kami bisa bermanfaat.