Rama Putra Satu dari jutaan orang yang juga hobi naik motor sore sore, jalan santai, sesekali ngegas dan hobi menulis lewat blog ini. https://www.facebook.com/ramaputraskom/

Cara Menghubungkan HP Ke Audio Mobil dengan Mudah

3 min read

Cara Menghubungkan HP Ke Audio Mobil Terdapat banyak hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kenyamanan ketika sedang mengemudi, salah satunya adalah dengan mendengarkan musik. Mendengarkan musik saat mengemudi tentu saja akan membuat kita menjadi terhibur dan juga bisa mengobati rasa kantuk saat kita sedang mengemudi sendirian.

Tentu saja tujuan utama dengan mendengarkan musik saat mengemudi adalah untuk membuat suasana berkendara menjadi semakin nyaman dan menyenangkan, bahkan semakin hidup. Musik juga akan menjadi teman perjalanan yang menyenangkan apalagi ketika dalam perjalanan jauh.

Tetapi mendengar musik melalui radio tentu saja lama kelamaan akan membosankan. Apalagi jika lagu yang diputar hanya itu-itu saja, lagian juga lagu-lagunya juga terbatas.

Baca Juga : 6 Merk Aki Mobil Yang Paling Bagus, Terbaik dan Tahan Lama

Namun, jangan cemas karena anda bisa memanfaatkan smartphone milik anda untuk disambungkan ke audio mobil.

Asalkan anda mengetahui cara menghubungkan hp ke audio mobil, maka anda dapat menyambungkan smartphone Android maupun iphone sebagai sistem hiburan audio di mobil anda.

Terdapat 3 cara yang bisa digunakan untuk menghubungkan hp android anda ke audio mobil agar suara musik yang ada di smartphone anda bisa terdengar melalui speaker mobil. Cara yang bisa digunakan ialah melaui Bantuan kabel audio, Bluetooth, FM Transmitter.

Cara yang akan kami bahas ini mungkin akan sangat cocok untuk anda yang sudah berlangganan aplikasi musik berbayar seperti  spotify, joox serta aplikasi musik yang lainnya, kemudian ingin mendengarkan musik yang ada pada smartphone anda untuk diputar melalui tape mobil.

Baca Juga : [Terbukti] Performa & Konsumsi BBM All New Toyota Innova Diesel Paling Irit

Jika anda pengguna smartphone Android, ternyata anda juga bisa menikmati layanan Joox VIP secara gratis, untuk caranya silakan anda baca Download JOOX Music Mod Apk VIP Gratis Selamanya for Android.

 

Cara Menghubungkan HP Ke Audio Mobil

Berikut adalah cara untuk menghubungkan hp ke audio mobil agar anda bisa mendengarkan musik yang ada pada hp Android ataupun iPhone baik itu melaui streaming ataupun offline untuk diputar memalui sistem audio mobil.

 

1. Bantuan Kabel Audio

Cara menggunakan kabel audio merupakan cara yang termurah dan juga paling mudah, apalgai jika mobil anda sudah dilengkapi dengan fitur kabel audio. Namun, tidak semua mobil seudah dilengkapi dengan fitur ini, hanya ada beberapa mobil saja.

Cara Menghubungkan HP Ke Audio Mobil aux

Untuk dapat mengetahui apakah mobil anda termasuk kedalam salah satu yang sudah memiliki fitur ini, coba anda cek outlet auxiliary yang bentuknya seperti headphone atau jack speaker dan diberi keterangan “aux, mp3, atau audio”. Apabila pilihan tersebut tidak ada, anda harus mecoba kedua pilihan lain dibawah ini.

Bagi Anda yang memiliki colokan aux, berikut langkah-langkah untul dapat menghubungkan musik dari HP ke mobil melalui aux:

  • Ambil kabel aux, kemudian colokkan ke lubang smartphone Android milik anda sambil nyalakan tape yang ada di mobil.
  • Pastikan smartphone anda terhubung dengan baik ke lubang aux
  • Pilih menu aux atau av yang ada pada layar tape
  • Selanjutnya, putar musik yang ada di smartphone anda.
  • Jika berhasil, Lagu yang diputar pun akan terdengar nyaring di audio mobil anda.

 

2. Cara Menyambungkan Bluetooth ke Mobil

Apabila mobil anda tidak dilengkapi dengan aux, anda bisa beralih kecara lain yaitu menggunakan fitur bluetooth yang saat ini menjadi sangat populer untuk memutar lagu di mobil.

Sayangnya fitur Bluetooth hanya tersedia pada tipe audio yang terbaru saja. Penggunaan fitur Bluetoot ternyata juga bisa memakan baiaya yang cukup mahal.

Namun, anda tidak perlu untuk membayar apabila piranti yang ada di HP anda sudah sesuai dengan piranti yang ada pada tape mobil anda.

Cara Menghubungkan HP Ke Audio Mobil bluetooth

 

Cara Menghubungkan HP Ke Audio Mobil via Bluetooth :

  • Hidupkan Bluetooth yang ada di HP anda
  • Kemudian buka pengaturan bluetooth dan buat visible atau terlihat oleh semua perangkat.
  • Hidupkan tape yang ada di mobil anda, kemudian pilih menu bluetooth (BT).
  • Cek kembali ponsel anda dan pastikan bluetooth head unit tersebut terbaca dan hp bisa terhubung.
  • Setelah berhasil terhubung, silahkan putar musik yang ada di hp anda dan seharusnya suaranya akan terdengar di speaker mobil.
  • Jangan lupa untuk  pilih menu bt music pada head unit, agar anda bisa mengontrol audio yang sedang diputar di hp langsung dari tape mobil.

Namun, fitur Bluetooth ini ternyata juga memiliki beberapa kelemahan. Selain akan memakan biaya yang cukup mahal, kualitas suara yang dihasilkan juga tidak terlalu jernih dan maksimal.

 

3. FM Transmitter

Menghubungkan HP Ke Audio Mobil juga bisa diakukan melalui FM Transmitter. Namun, fitur ini hanya bisa digunkan jika kedua pilihan yang sudah dijelaskan sebelumnya tidak tersedia di mobilanda.

Lalu kenapa demikian?

Karena musik bisa terhubung ke audio mobil jika audio mobil tersebut terhubung ke pancaran radio yang ada dijalan raya tau dimanapun. Jika tidak, maka musik tersebut tidak akan bisa dinyalakan di audio mobil.

Cara Menghubungkan HP Ke Audio Mobil FM Transmitter

Selain itu, fitur ini juga memiliki beberapa kelemahan lain, yaitu :

  • Kualitas musik yang diputar bisa menjadi macet karena bergantung pada pancaran audio
  • Kualitas suara yang dihasilkan juga tidak terlalu bagus, berbeda jauh dengan kualitas audio yang diputar di smartphone
  • Apabila terdapat korslet atau masalah pada pancaran radio, akan dapat berakibat fatal untuk keselamatan pengemudi serta penumpang yang ada di dalam mobil.

 

Namun, itu semua balik lagi kepada pilihan anda, jika pilihan Bluetooth dan aux tidak tersedia tetapi anda tetap ingin mendengarkan musik, anda bisa menggunakan koneksi FM Transmittor.

Tentu saja dengan catatan koneksi radio pada mobil anda dalam kondisi yang baik, hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Akan sangat beruntung, jika mobil anda memiliki ketiga fitur pemutar musik di atas. Jika tidak, Anda dapat memilih salah satu dari tiga opsi di atas.

Sebelum  Menghubungkan musik yang ada di HP Ke Audio Mobil, pastikan terlebih dahulu radio mobil Anda dalam kondisi baik. Saat membaca musik di mobil sedang berjalan di dalam mobil. Anda juga akan merasa lebih nyaman terutama saat bepergian jauh.

Artikel Lainnya :

Demikianlah tadi penjelasan mengenai 3 Cara Menghubungkan HP Ke Audio Mobil & cara menyambungkan bluetooth ke mobil dengan cara yang mudah. Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba dan terimakasih telah berkunjung.

Loading...
Rama Putra
Rama Putra Satu dari jutaan orang yang juga hobi naik motor sore sore, jalan santai, sesekali ngegas dan hobi menulis lewat blog ini. https://www.facebook.com/ramaputraskom/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.