Rama Putra Satu dari jutaan orang yang juga hobi naik motor sore sore, jalan santai, sesekali ngegas dan hobi menulis lewat blog ini. https://www.facebook.com/ramaputraskom/

Cara Mengoper, Memindah Gigi & Membawa Mobil Manual dengan Baik & Benar

Cara Membawa Mobil Manual | Cara Mengoper, Memindah Gigi Mobil Manual Di zaman yang seba teknologi seperti sekarang ini, pasti hampir semua orang ingin bisa memiliki dan mengendarai mobil dengan cara yang baik dan juga benar.

Hal ini bisa dilihat dari maraknya kursus mobil yang bermunculan dikalangan masyarakat, dan juga menggunakan harga yang bersaing mulai dari 200 an ribu sampai dengan 1 jutaan.

Mengendarai mobil memag bukanlah persoalan yang mudah seperti kita mengendarai sepeda motor, terutama untuk seorang pemula.

Bisa seperti itu karena mobil memiliki ukuran yang lebih besar dan juga jarak pandang yang terbatas. Oleh sebab itu, anda harus melakukan penyesuaian terlebih dahulu agar bisa dengan lancar mengendarai mobil.

Baca Juga : Cara Menghubungkan HP Ke Audio Mobil dengan Mudah

Terutama jika akan melewati sebuah gang yang lumayan sempit, tentu saja hal ini akan sulit sekali. Karena anda harus bisa memperkirakan bagian kana dan juga kiri mobil agar tidak menyenggol tembok maupun benda lain yang ada disekitar situ.

Apabila anda memang benar-benar masih pemula dan belum tahu bagaimana cara mengoper atau memindahkan gigi mobil manual, tentu ketika melihat persenelengnya cukup membingungkan.

Karena sangat berbeda sekali dengan sepeda motor yang cuma ditekan dengan menggunakn kaki ke arah belakang atau kedepan saja.

Pada mobil secara umum memiliki 6 buah gigi, dimana 5 gigi untuk maju dan 1 gigi untuk mundur. Gigi mundur biasanya sering sekali digunakan untuk parkir atau kebutuhan yang lainnya.

Baca Juga : [Terbukti] Performa & Konsumsi BBM All New Toyota Innova Diesel Paling Irit

Gigi 1 digunakan ketika mobil akan melaju pertama kali dari posisi stop, atau bisa digunakan pada jalanan yang menanjak.

Gigi 2 digunakan ketika akan menambah kecepatan, begitu seterusnya sampai gigi 5, sampai anda menemukan kecepatan yang pas dengan kondisi mesin mobil yang anda gunakan.

Langsung saja tidak usah belama-lama lagi ke pokok pembahasan mengenai Cara Memindahkan Gigi Mobil manual dengan baik dan juga benar berikut ini.

 

Cara Mengoper, Memindah Gigi, & Membawa Mobil Manual dengan Baik & Benar

cara memindahkan gigi mobil

Hal pertama kali yang anda lakukan ketika akan mengoper gigi pada mobil manual adalah bersikap tenang dan jangan grogi, santai saja, rileks.

Bagi anda yang sudah mengerti penggunaan kopling, wlaupun itu hanya di sepeda motor, hal ini akan menjadi nulai plus untuk anda. Karena hampir sama saja dengan mobil dan anda akan lebih cepat untuk menguasainya jika sudah mengerti.

Pada saat mengoper gigi baik itu menaikkan atau menurunkan yang pasti anda harus menekan kopling. Hal ini tidak jauh beda dengan sepeda motor yang menggunakan kopling.

 

cara memindahkan gigi mobil

 

Gigi Netral (N)

Gigi netral terletak ditengah-tengah. Apabila posisi mobil dalam keadaan netral dan kemudian anda menginjak gas sedalam apapun, mobil tidak akan bisa berjalan.

Anda bisa memastikan kondisi gigi mobil anda netral dengan cara menggeser tuas transmisi kearah kanan dan kekiri. Apabila tuas tersebut bisa dengan leluasa bergeser kekiri dan kekanan itu menandakan gigi mobil anda dalam posisi netral.

 

Gigi 1

Jika anda akan memasukkan gigi 1, and atinggal geser transmisi kearah kiri sampai mentok. Kemudian dorong kearah depan atau atas, maka anda sudah berhasil memasukkan gigi 1.

 

Gigi 2

Jika anda akan memasukkan gigi 2, dan posisi yang sekarang berada di gigi , maka anda hanya perlu menahan transmisi kebagian kiri kemudian tarik kearah bawah.

 

Gigi 3

Lanjut masuk ke gigi 3. Apabila posisi sekarang ada di gigi 2 dan akan memindahkan ke gigi 3, anda tinggal mendorong transmisi kearah atas sedikit. Namun jangan terlalu keatas , karena bisa kembali lagi ke gigi 1.

Lebih tepatnya, tarik transmisi ke tengah kemudian geser transmisi sedikit kekanan, lalu dorong keatas.

 

Gigi 4

Untuk masuk ke gigi 4 dari gigi 3, anda hanya perlu menarik transmisi kebawah saja. Tidak perlu digeser kekanan atau kekiri. karena secara otomatis akan masuk ke gigi 4.

 

Gigi 5

Gigi 5 merupakan gigi terttinggi yang digunakan untuk kecepatan maksimal. Dan cara memasukannya ketika sedang berada di gigi 4, dorong saja transmisi sedikit ketengah pada posisi netral, kemudian geser kekanan dan dorong keatas. Maka akan masuk kedalam gigi 5.

 

Gigi Mundur (R)

Untuk masuk dan memindahkan ke gigi mundur, jika berada pada posisi netral anda cukup mendorong transmisi kearah kanan, kemudian tarik kebawah.

Apabila mobil yang anda gunakn sudah dilengkapi dengan sensor parkir atau sensor kamera, biasanya setelah gigi mundur masuk semua sensor akan aktif. Kamera akan menyala dan sensor parkir juga akan berbunyi.

 

Untuk memudahkan anda dalam belajar Memindahkan Gigi Mobil Manual dengan Baik & Benar, ada baiknya anda melihat video tutorial yang kami berikan berikut ini.

Bagi anda yang baru belajar dan masih pemula,  sebaiknya anda mencoba belajar dan menhafalkannya dalam keadaan mesin mobil mati.

Karena akan sangat berbahaya ketika mesinmobil menyala anda belajar tanpa pendamping. Yang terpenting jangan lupa untuk injak pedalm kopling agar anda bisa memindahkan transmisi tersebut dengan mudah.

Artikel Lainnya :

Itulah tadi penjelasan mengenai Cara Membawa & Memindahkan Gigi Mobil Manual dengan Baik & Benar. Semoga penjelsan diatas dapat meudahkan anda dalam mengendarai mobil.

Loading...
Rama Putra
Rama Putra Satu dari jutaan orang yang juga hobi naik motor sore sore, jalan santai, sesekali ngegas dan hobi menulis lewat blog ini. https://www.facebook.com/ramaputraskom/