Cara Menyeting Karburator Motor Matic Mio Agar Irit

Cara Menyeting Karburator Motor Matic Mio – Banyak sekali pengendara sepeda motor yang menginginkan performa dari motor yang digunakannya menjadi kencang namun irit akan bahanbakar. Begitu juga dengan pengendara motor matic (skutik).

Namun disisi lain, motor matic telah dianggap memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih boros dibandingkan dengan motor bebek pada umumnya.

Apabila semua sepeda motor dianggap boros, maka hal yang seperti itu tidak semuanya benar. Karena motor matic bisa irit BBM tanpa harus mengurangi performa mesinnya, dan kuncinya adalah terletak pada penyetelan karburator.

Baca Juga : Cara membersihkan dan Setting Karburator Motor dengan Baik & Benar

Nah, pada postingan kali ini, kami akan membagikan tutorial cara menyeting atau menyetel karburator, khususnya untuk sepeda motor matic.

Seperti yang sudah kita tahu bahwa sebagian besar orang hanya mengendarai motor saja, tetapi tidak tahu cara untuk menyetel karburator dengan benar. Jadi, simak baik-baik penjelasan dibawah ini.

 

Cara Menyeting Karburator Motor Matic Mio Terlengkap

 

cara menyetel karburator mio

 

Pada dasarnya untuk cara setting angin pada motor standar atau masih dalam keadaan bawaan pabrik/standart ini tidak akan terlalu sulit.

Tetapi bagi orang awam tentu saja akan sulit, terlebih lagi jika tidak tahu untuk cara setting anginnya.

Malah bisa jadi hanya akan memutar-mutar baut setelannya tanpa tahu apakah itu sudah pas atau tidak untuk motornya.

 

Cara Setting Karburator Yang Baik Dan Benar

Berikut ini terdapat beberapa tipe untuk menyeting setelan angin pada karburator tentunya dengan cara yang baik dan juga benar.

Cara ini sebenarnya dikhususkan untuk pemula yang blum mengerti sama sekali tentang cara menyetel karburator. Caranya adalah sebagai berikut :

 

Setting Karburator Saat Mesin Dingin

Pada saat kondisi mesin sedang dingin, merupakan waktu yang sangat tepat untuk menyeting angin karburator.

Dan waktu yang sangat pas adalah saat pagihari, karena saat pagi hari mesin motor dalam kondisi dingin. Diputar rendah ataupun pada saat pemanasan suara mesin agar tidak mbrebet.

Masalah seperti itu, seringkali dijumpai pula pada sepeda motor jaman sekarang. Tidak ada ada motor yang pada saat kondisi mesin dingin suara mesinnya tidak brebet.

 

Langkah-langkah setting karburator

  1. Nyalakan sepeda motor anda, kemudian lakukan putar setelan stationer sampai kepada putaran mesin yang terasa brebet.
  2. Selanjutnya putar setelan angin karburator ke arah kanan sampai terasa mesin motor ingin mati.
    Cara Menyeting Karburator Motor Matic
  3. kemudian setelah itu putar kekiri sampai suara mesin tertinggi atau sampai putaran mesin tidak brebet lagi
  4. Setelah itu, turunkan putaran stationer pada putaran mesin yang anda inginkan serta jangan samapi berlebihan.
  5. Karena kelebihan saat setting karburator kondisi mesin dingin ini biasanya untuk menghilangkan brebet ketika menyalakan di pagi hari.
  6. Kekurangnnya adalah pada saat mesin motor panas dimungkin kan stationer ataupun putaran mesin akan menjadi lebih tinggi.
  7. Pada kondisi mesin panas nih sob harus hati hati, pada mesin panas sering di pakai para mekanik untuk mendapatkan hasil signifikan.
  8. Kuncinya adalah putaran tertinggi.

 

Baca Juga :[Wajib Tahu] Cara Mengatasi Motor Yang Susah Hidup dengan Mudah

 

Cara Setting Karburator Saat Mesin Panas

  1. Nyalakan sepeda motor anda, kemudian lakukan putar setelan stationer sampai kepada putaran mesin yang tinggi.
  2. selanjutnya putar setelan angin yang ada pada karburator ke arah kanan sampai terasa mesin motor mau mati.
  3. Setelah itu, putar lagi setelan angin yang ada pada karburator kekiri hingga terasa mesin tidak brebet serta putar mesin los atau terasa tidak ada hambatan.
  4. Putarlah setelan pada saat kondisi mesin telah berjalan atau panas membuat mesin dalam kondisi prima pada saat kondisi cuaca apapun.

 

Kelebihan dari cara setting karburator pada saat kondisi mesin sudah berjalan atau telah panas adalah bisa membuat mesin dalam kondisi selalu prima.

Jadi, kesimpulannya adalah untuk cara setting karburator pada mesin udah atau setelah berjalan, itu lebih mudah dibandingkan dengan kondisi mesin saat dingin.

Namun cara ini memiliki kerukarangan, yaitu apabila setelan stationer yang terlalu rendah, maka pada saat pagi hari atau pada saat kondisi mesin yang masih dingin akan susah untuk stationer.

Hal tersebut diakibatkan karena pada saat mesin motor dalam keadaan dingin ruang pembakarannya belum sepenuhnya telah tercampur bahan bakar dari bensin.

Artikel lainnya :

Demikian informasi mengenai Cara Menyeting Karburator Matic Mio Terlengkap yang dapat kami bagikan untuk anda.

Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda dalam dunia otomotif. Selamat mencoba dan terimakasih telah berkunjung.

Categories Bengkel

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

AUTOMOTIFBLOG.COM
Terima kasih sudah memilih mengunjungi situs ini. Dapatkan berbagai macam informasi Tips & Trik Seputar dunia Otomotif. Semoga konten kami bisa bermanfaat.