Cara Merubah Setelan Jarum Skep Agar Irit

Cara Merubah Setelan Jarum Skep Agar Irit Sebagian dari pengguna motor hanya memilih kombinasi pilot jet dan main jet saat melakukan setting karburator, padahal dengan hal itu saja belum cukup. Karena kedua spuyer itu hanya konsen pada putaran rendah dan putaran meninggi saja.

Lalu bagaimana cara untuk mensetting karburator untuk putaran menengah? Kalau tidak disetting maka performa motor tidak akan maksimal, dan yang terjadi motor anda malah akan memnjadi mbrebet saat anda gas tiba-tiba.

Terkadang stelah menikung dan membuka gas, mesin terkadang mbrebet itu menandakan kehausan atau kurangnya bahan bakar.

Saat anda memainkan gas kira-kira ¼ sampai ¾ memutar gas, biasanya pada gas segitu termasuk wilayah putaran menengah. Berarti bukan termasuk masalah main jet ataupun pilot jet tetapi tugas jarum skep.

Baca Juga : Cara membersihkan dan Setting Karburator Motor dengan Baik & Benar

Cara untuk memperbaiki penyakit tersebut adalah dengan mengasah jarum karburator pada motor tersebut, yang bertujuan untuk menambah debit bahan bakar diputaran menengah.

Tutorial Cara Merubah Setelan Jarum Skep Agar Irit dengan Mudah

Perbesar Celah Jarum Skep

Pahami terlebih dahulu mekanisme dari kerja jarus skep agar lebih jelas. Kemudian tinggal bongkar karburator pada motor yang anda gunakan.

Kemudian amati jarum yang menempel pada skep. Skep memiliki bentuk seperti piston dan akan bergerak naik turun seiring dengan putaran hendel gas.

Cara Merubah Setelan Jarum Skep Biar Irit

Ketika grip gas diputar skep, maka jarumnya akan terangkat. Hal ini akan membuka kesempatan bagi bahan bakar untuk menyerbu liang venturi dari celah diantara badan jarum dengan dinding lubang karburator.

Kemudian kucuran bahan bakar tersebut akan menyatu dengan udara yang menjadi kabut (mengabut) menjadi semakin mudah.

Sebab serbuan dari bahan bakar akan dipecah terlebih dahulu di ujung jarum yang tajam. Semakin dalam putaran putaran gas, maka akan semakin lebar juga celahnya.

Dengan begitu, semburan bensin akan otomatis menjadi tambah deras apabila posisi grip gas antara ¼ samapai ¾ putaran.

Begitu pula dengan ketinggian jarumnya, karena bentuk jarum akan bisa langsung mempengaruhi pada putaran menengah.

Cara Seting Karbu Dari Jarum Skep

Semakin gendut badan jarum, maka akan semakin sempit celah antara diameter dinding lubang dengan jarum tersebut.

Hal ini akan berakibat bahan bakar yang masuk akan lebih sedikit atau bahkan malah kurang dari takaran wajarnya. Sebaliknya jika jarum kurus, maka bahan abakar yang masuk akan semakin banyak.

Cara Merubah Setelan Jarum Skep Biar Irit

Terdapat beberapa jenis yang ditandai dengan kode dan juga angka berbeda yang mirip dengan spuyer. Angka tersebut mewakili diameter lubang dan sedangkan pada jarum skep mewakili konturnya.

Kontur jarum memiliki tingkatan yang disebut dengan taper, jarum hasil copotan dari karburator mikuni memiliki dua taper atau ujung yang lancip.

Cara Merubah Setelan Jarum Skep Biar Irit

Taper tersebut bisa kelihatan kaluau diintip dari ujung tajam jarum sampai ke pangkal jaraum atau diameterjarum terbesar.

Yang menjadi permasalahan adalah komponen karburator tersebut sangat tebatas, agak sulit dalam mencari jarum skep yang mungkin kita perlukan. Karena jarum tersebut sangat sulit ditemui di pasaran, beberapa mekanik pun mengakali jarum tersebut.

Sebagai contoh sepeda motor RG Sport, dengan mengamplas badan jarum originalnya, celah diantara jarum dan dinding lubang karburator akan tambah lebar.

Aliran bahan bakar secara otomatis akan bertambah, dan hasilnya campuran bahan bakar akan sampai diputaran menengah semakin banyak.

Artikel lainnya :

Demikianlah penjelasan mengenai Cara Merubah Setelan Jarum Skep Biar Irit dengan mudah. Semoga dengan adanya penjelasan diatas dapat membantu dan bermanfaat untuk anda.

Kunjungi terus Automotifblog.com untuk informasi serta tips & trik mengenai dunia otomotif terkini. Terima telah berkunjung.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

AUTOMOTIFBLOG.COM
Terima kasih sudah memilih mengunjungi situs ini. Dapatkan berbagai macam informasi Tips & Trik Seputar dunia Otomotif. Semoga konten kami bisa bermanfaat.