Cara Mengetahui Stang Seher Motor Rusak / Oblak

Cara Mengetahui Stang Seher Motor Rusak – Jika anda adalah pengendara dan pemilik motor dalam jangka waktu yang cukup lama pastinya sudah pernah mengalami kerusakan komponen pada stang seher. Pada dasarnya setiap komponen dari sepeda motor mempunyai jangka waktu pemakaian dan usia penggunaannya.

Jadi, jika komponen sepeda motor anda sudah masuk di batas masa pemakaiannya, sebaiknya anda sebagai pengguna motor tersebut sangat dianjurkan untuk melakuikan service motor yang anda gunakan.

Agar performa mesin dapat kembali maksimal seperti sedia kala anda harus melakukan service berkala secara rutin.

Namun, jika keadaan mesin motor sudah dalam keadaan yang parah, maka langkah yang perlu diambil yaitu mengganti komponen yang aus/rusak dengan komponen yang baru.

Baca Juga : Penyebab Bunyi (tek-tek) di Blok Kopling Motor & Cara Memperbaikinya

Salah satu komponen yang paling vital yang terdapat dalam mesin sepeda motor adalah stang seher atau kruk as.

Komponen yang satu ini mengalami karusakan atau sudah aus, maka sangat disarankan untuk segera mengganti komponen tersebut agar motor tersebut kembalo optimal seperti semula.

Stang seher berperan sebagai tempat dudukan piston, tentunya memiliki fungsi yang sangat vital dalam mesin motor. Lalu bagaimana cara untuk mengetahui satang seher yang sudah aus atau yang sudah bermasalah?

Untuk mengetahui stang seher yang sudah rusak/aus yang sudh tidak normal lagi dalam menjalankan fungsinya, ada pada penjelasan berikut.

Cara Mengetahui Stang Seher Motor Rusak dengan Mudah

Cara Paling Mudah Mengetahui Stang Seher Motor Rusak / Oblak

Untuk menegtahui apakah stang seher sudah aus/atau rusak, ada tiga cara yang bisa kita gunakan yaitu :

  • Tanpa membongkar Mesin Motor. Pertama-tama nyalakan terlebih dahulu motor anda. Kemudian posisikan gas dalam keadaan langsam. Apabila mesin motor mnengeluarkan bunyin atau suara yang aneh dari dalam bagian mesin tengah seperti bunyi bluk,,bluk,,bluk, itu menandakan bahwa komponen tersebut sudah mengalami kerusakan atau aus.
  • Jika anda belum yakin dengan cara yang pertama, anda bisa menggunakan cara yang kedua yaitu dengan cara membuka head atau kepala silinder, beserta dengan silinder dan piston kemudian pegang stang seher lalu pukul-pukul stang seher tersebut menggunakan tangan. Apabila mengeluarkan bunyi “tek-tek” dan stang seher goyang, itu tandanya stang seher tersebut sudah rusak/aus atau oblak.
  • Selanjutnya untuk cara yang ketiga atau yang terakhir adalah menggunakan tangan. Pertama-ytama buka head atau kepala silindernya, beserta silinder dan piston. Kemudian goyang-goyangkan secara perlahan stang seher tersebut, jika stang seher tersebut mengeluarkan suara atau kocak, berati stang seher suah aus atau rusak. Jika sudah sperti ini, sangat disarankan agar anda segera menggantinya dengan stang seher yang baru.
  • Jika hal tersebut dibiarkan saja, takutnya akan menjalar merusak komponen mesin motor yang lainnya dan akan mengakibatkan banyak biaya yang dikeluarkan untuk memperbaikinya.

Baca Juga :

Demikianla penjelasan mengenai Cara Paling Simpel untuk Mengetahui Stang Seher Motor Rusak atau oblak.

Semoga dengan adanya pejelasan seperti diatas dapat berguna dan bermanfaat bagi anda. Sekian dan terima kasih sudah berkunjung. Selamat mencoba.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

AUTOMOTIFBLOG.COM
Terima kasih sudah memilih mengunjungi situs ini. Dapatkan berbagai macam informasi Tips & Trik Seputar dunia Otomotif. Semoga konten kami bisa bermanfaat.