Cara Ganti Lampu LED Motor Beat

Cara Pasang Lampu LED Motor Beat – Kini penggunaan lampu led sampai pada fungsi penerangan pada alat transportasi seperti sepeda motor contohnya.

Meskipun banyak diaplikasikan di motor keluaran terbaru, ternyata motor keluaran lama juga bisa dipsang lampu LED sebegai media penerangnnya.

Salah satu merk sepeda motor yang cocok dipasangi lampu led adalah motor beat versi lama.

Sepeda motor ini telah banyak membuktikan bahwa lampu led sangat cocok digunakan pada motor matic hasil pabrikan salah satu perusahaan asli Jepang.

Masih banyak orang yang kesulitan untuk memasang lampu led di motor beat. Berikut ini akan dibahas cara memasang lampu led di motor beat.

Cara Memasang Lampu LED di Motor Beat

Cara Memasang Lampu LED di Motor Beat

Faktanya memasang lampu led di motor beat cukup mudah untuk dilakukan. Namun, ada beberapa hal juga yang perlu diperhatikan saat memasang lampu dengan terang menyala ini.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memasang lampu led di motor beat meliputi jenis keluaran motor beat dan sistem kelistrikan motor.

Kedua hal tersebut penting untuk diperhatikan, jika Anda berniat memasang lampu led pada motor beat.

Pasalnya akan mempengaruhi cara pemasangan yang harus dilakukan. Berikut ini cara memasang lampu led di motor beat.

Lihat juga : Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang dengan Dioda

Buka Pelindung Lampu

Tahap awal yang perlu dilakukan untuk memasang lampu led pada motor beat adalah dengan membuka pelindung pada sepeda motor beat.

Pelindung ini ada pada bagian atas sepeda motor dan juga pelindung pada bagian lampu sepeda motor.

Kedua pelindung ini harus dibuka terlebih dahulu agar pemasangan lampu dapat dilakukan.

Buka Saklar Lampu

Langkah selanjutnya Anda bisa langsung membuka bagian saklar yang digunakan untuk menyalakan lampu motor.

Caranya, cukup dengan menggunakan alat yang pipih dan panjang untuk bisa mengambil saklar ini.

Usahakan memakai alat yang tidak berpotensi merusak tombol saklar tersebut dengan cara memilih alat dengan bahan plastik.

Perhatikan Arus Kelistrikan Motor

Arus kelistrikan pada motor beat berbeda-beda ada yang sudah menggunakan arus listrik DC, namun ada juga yang masih menggunakan arus listrik AC.

Untuk memasang lampu led, sistem arus listrik untuk penerangan harus diganti menjadi sistem arus listrik DC.

Baca Juga : Cara Merubah Arus AC Ke DC Pada Motor

Pasang Fitting untuk Lampu LED

Selanjutnya, pasang fitting untuk lampu led yang berfungsi sebagai dudukan lampu. Cukup dengan menyesuaikan lubang untuk mur yang ada di bagian atas fitting.

Pasang lampu pada bagian tersebut dan juga sekrupnya. Setelah pemasangan fitting selesai tambahkan besi per yang akan mempermudah pemasangan lampu led seperti lampu-lampu lainnya hanya dengan cara diputar.

Sambungkan Kabel

Cara memasang lampu led di motor beat selanjutnya adalah dengan menyambungkan kabel yang mempunyai warna kuning setelah sebelumnya dipotong terlebih dahulu.

Kabel berwarna kuning ini dapat ditemukan pada bagian dudukan kabel berwarna putih. Pastikan tidak ada kabel yang terkelupas, jika ditemukan kabel yang terkelupas segera lilitkan isolasi.

Setelah tersambung gunakan isolasi untuk memperkuat sambungan antara dua kabel tersebut.

Atur Posisi Lampu

Posisi lampu akan sangat berpengaruh terhadap arah sinar lampu ke jalan sehingga perlu ditata sesuai dengan arah yang dibutuhkan.

Arahkan lampu dengan benar, caranya dengan mengubah posisi fitting lampu led atau dengan membuka baut pada bagian bawah lampu agar tidak membuat mata silau.

Setelah proses penataan sudah sesuai, pasang kembali lampu berbagai pelindung, saklar dan yang lainnya seperti semula.

Lihat Juga : 5 Penyebab Lampu Motor Mati Semua

Perbandingan LED 3 Sisi dan 6 Sisi

Motor keluaran terbaru saat ini rata-rata sudah menggunakan lampu LED, karena memang LED memiliki pesona tersendiri. Selain itu nyalanya lebih terang dan hemat energi.

Light Emithing Diode (LED) adalah jenis lampu yang saat ini banyak sekali digunkan untuk kendaraan seperti motor, mobil dan kendaraan lainnya.

LED memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan boklam biasa, seperti tahan lama, konsumsi energi yang relatif kecil, tidak panas, nyala lebih terang dan keren.

LED 3 sisi dan 6 sisi adalah yang paling banyak di gunakan, sedangkan yang 4 sisi tidak terlalu menjadi pilihan.

LED 6 sisi seringkali digunakan pada reflektor msatu lampu dan LED 3 sisi digunakan pada reflektor dengan 2 lampu.

Untuk pemasangannya juga tidak sulit, anda hanya perlu mengikuti tutorialnya berikut ini :

Lampu LED 3 sisi Merk Luminos
Lampu LED Merk Luminos dan bagiannya

Cara Pasang Lampu LED 6 sisi Beat Fi

Lampu LED jenis ini tersedia dalam berbagai merk dan terdiri dari 4 komponen utama, yang terdiri dari :

  • 3 buah kabel (kabel negatif, lampu jauh dan lampu dekat)
  • Socket + Per (H4, H6 dan HS1)
  • Driver atau modul (berfungsi untuk merubag arus AC menjadi DC atau sebagai adaptor)
  • Lampu LED dan kipasnya

Kelistrikan pada motor anda adalah hal yang paling utama yang harus anda perhatikan sebelum memasang lampu LED.

Jika motor anda sistem kelistrikannya sudah full DC sudah bisa langsung pasang, namun jika masih AC (nyala lampu masih mengikuti putaran mesin) maka bisa mengikuti beberapa cara berikut ini :

1. Pasang Socket (Fitting)

Gunakan socket yang sesuai dan pas untuk motor anda. Untuk motor bebek dan matic bisanya menggunakan H6, dan H4 untuk motor sport.

Cara memasang fitting sangat mudah, karena pada bagian atas lampu LED sudah ada dudukan mur, jadi tinggal kaitkan saja fitting tersebut, kemudian kuci fitting tersebut dengan baut.

Dudukan tersebut juga bisa diatur maju mundur untuk menyesuaikan cahaya agar tidak telalu kebawah atau keatas.

2. Pasang ke Reflektor

Setelah fitting berhasil terpasang, sekarang letakkan per pada tempat lampu, agar lampu LED bisa segera dipasang seperti memasang boklam pada reflektor lamp[u dengan cara ditekan dan diputar.

Pada bagian ini memang agak ribet, karena kabel bawaan lampu harus dipotong atau bisa juga dengan cara dicoak.

Jika sudah dipotong, segera sambungkan kabel tersebut dengan kabel lampu LED. Warna biru untuk lampu jauh, warna putih untuk lampu dekat dan warna hijau untuk negatif.

Setelah disambung semua, tutup sambungan tersebut dengan solasi, atau anda bisa menggunakan selang bakar agar lebih aman.

Baca Juga : Cara Membuat Reflektor Lampu

3. Atur Sorot Lampu

Apabila lampu LED mentok pada spedo meter atau bagian lainnya, maka harus anda atur ulang dudukannya agar bisa terpasang dengan sempurna. Usahakan sorot lampu jangan sampai menyilaukan pengendara lain.

Anda bisa mengaturnya dengan cara mengendorkan baut penyetel yang ada di bawah batok lampu untuk menurunkan sorot lampu. Atur saja sesuai kebutuhan.

Demikian cara memasang lampu led di motor beat. Ingat perhatikan selalu jenis motor beat yang Anda gunakan sebelum melakukan pemasangan lampu led.

Categories Motor

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

AUTOMOTIFBLOG.COM
Terima kasih sudah memilih mengunjungi situs ini. Dapatkan berbagai macam informasi Tips & Trik Seputar dunia Otomotif. Semoga konten kami bisa bermanfaat.