Cara Menyetel Gas Motor Injeksi untuk Langsam

Motor injeksi telah banyak dipasarkan di seluruh wilayah Indonesia. Mesin motor injeksi memiliki kelebihan dibandingkan dengan jenis karbu terutama pada proses perawatannya.

Tidak ada perawatan yang bersifat kompleks pada jenis motor injeksi. Kelebihan tersebut telah menarik minat para konsumen untuk menggunakan produk sepeda motor ini.

Meskipun memiliki banyak kelebihan, motor ini juga memiliki kendala yang seringkali menyebabkan gangguan pada kinerja mesin motor.

Gangguan ini berupa tidak langsamnya gas motor yang menyebabkan ketidaknyamanan saat kondisi jalan raya yang sedang tersendak akibat macet.

Untuk itu, mari cari tahu cara menyetel gas motor injeksi untuk langsam yang satu ini, agar lebih nyaman berkendara.

Panduan Cara Setting Gas Motor Injeksi untuk Langsam

Cara Setting Gas Motor Injeksi untuk Langsam

Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan agar gas motor injeksi dapat langsam. Proses penyetelan gas motor injeksi tidaklah rumit.

Bahkan, Anda bisa melakukannya sendiri sehingga tidak perlu menghabiskan uang untuk membawa motor ke bengkel.

Berikut ini merupakan tahapan cara menyetel gas motor injeksi untuk langsam. Namun, sebelumnya persiapkan semua peralatan yang dibutuhkan untuk mengerjakan pekerjaan ini seperti kunci pas, obeng, baut cadangan, mur cadangan, dan alat-alat lainnya.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Motor Injeksi yang Mati

Cari Posisi Baut Pengatur Kelangsaman Gas

Coba cari tempat baut yang berfungsi untuk mengatur kelangsaman gas motor injeksi dengan tepat sebab baut inilah yang akan mengatur setelan gas pada motor injeksi Anda.

Letak baut biasanya ada di bagian dalam bagasi sebuah motor khususnya untuk motor matic. Untuk Anda pemilik jenis motor lain, silahkan mencari di mana letak dari baut ini berada.

Gunakan obeng dan kunci-kunci pas yang sesuai ukuran untuk membuka bagian tebeng motor agar lebih mudah menemukan posisi baut tersebut dan menghindari kerusakan mur dan baut.

Apabila sudah berhasil ditemukan, bersihkan terlebih dahulu bagian-bagian sekitar baut tersebut dari debu-debu yang menempel.

Membuka Pengunci

Buka pengunci dengan cara memutar mur untuk dikendurkan dengan menggunakan kunci pas yang sesuai ukurannya.

Pastikan mur yang ada di bagian tersebut benar-benar sudah kendur. Agar lebih mudah, tahan bagian baut dengan menggunakan obeng saat proses pengenduran.

Selain lebih mudah, cara ini juga berguna supaya posisi baut yang mengatur langsamnya gas motor tidak berubah.

Cara menyetel gas motor injeksi untuk langsam pada langkah ini bertujuan untuk mempermudah pengencangan baut yang berfungsi sebagai pengatur tinggi rendahnya gas motor.

Setelah mur dikendurkan, baut akan lebih mudah untuk dikencangkan atau dikendurkan sehingga dapat lebih baik mengatur keseimbangan gas motor.

Ini dia Penyebab Lampu Indikator Vixion Kedap Kedip

Kencangkan Baut Pengatur Kelangsaman Gas

Langkah selanjutnya yaitu mengencangkan baut pengatur kelangsaman gas pada motor injeksi. Cukup dengan memutar baut searah dengan jarum jam dan pastikan tidak terlalu kencang.

Tunggu beberapa saat sebelum Anda melakukan pengecekan karena motor reaksi dari penyetelan gas pada motor injeksi butuh waktu paling lama tiga menit.

Cek dengan cara menstarter motor Anda. Apabila suara motor terasa lebih keras sedikit dari sebelumnya berarti motor sudah langsam.

Anda juga bisa mengecek dengan melepaskan gas, apakah motor akan mati dengan sendirinya. Jika motor tidak mati maka dapat dipastikan penyetelan gas Anda sudah berhasil.

Artikel Menarik Lainnya :

Setelah mengetahui cara menyetel gas motor injeksi untuk langsam ini, Anda bisa langsung menerapkannya jika motor Anda mengalami masalah yang sama.

Ternyata menyetel gas motor injeksi tidaklah rumit sehingga bisa dipraktekkan oleh siapa saja.

Categories Bengkel

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

AUTOMOTIFBLOG.COM
Terima kasih sudah memilih mengunjungi situs ini. Dapatkan berbagai macam informasi Tips & Trik Seputar dunia Otomotif. Semoga konten kami bisa bermanfaat.