Cara Merubah CDI Limiter Menjadi Unlimiter

Naikkan Performa Motor Dengan Merubah CDI Limiter Menjadi Unlimiter

Capacitor Discharge Ignition atau yang biasa disingkat CDI merupakan komponen motor yang berfungsi menentukan timing pengapian busi.

CDI memiliki peran yang cukup penting dalam memulai proses terjadinya pembakaran. Kini seiring berkembangnya teknologi, penggunaan CDI dalam motor keluaran terbaru sering dibarengi dengan limiter.

Sesuai dengan sebutannya limiter ini digunakan untuk membatasi rpm pada mesin. Walaupun sebenarnya dibuat demi menjaga mesin tetap awet dan juga keamanan dalam berkendara.

Namun karena hal inilah performa dan raungan mesin jadi terasa kurang bertenaga. Kondisi ini pun juga dapat menyulitkan Anda apabila ingin mengganti spesifikasi mesin dengan yang lebih tinggi.

Oleh karena itu dibawah ini akan dibahas mengenai cara merubah CDI limiter menjadi unlimiter

Cara Merubah CDI Limiter Menjadi Unlimite

Cara Merubah CDI Limiter Menjadi Unlimite

Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan bagaimana cara mengakali CDI limiter menjadi unlimiter.

Yang perlu Anda siapkan adalah CDI yang masih layak pakai, kemudian terdapat juga beberapa alat dan bahan yang akan Anda butuhkan seperti dalam penjelasan berikut ini.

Lepaskan Pelindung yang Membungkus CDICara merubah CDI limiter menjadi unlimiter yang pertama adalah membuka cover atau pelindung yang menutupi bagian dalam CDI.

Langkah pertama ini terbilang susah dan membutuhkan kesabaran, karena kebanyakan komponen CDI ini dibungkus oleh pelindung yang terbuat dari cor raisin atau silikon.

Berhubung pelindung ini sangat kuat dan rapat, jadi panaskan dulu bagian tersebut menggunakan bantuan hair dryer supaya lebih mudah dilepas.

Lakukan pelepasan menggunakan obeng atau alat apapun yang dapat membantu penghilangan silikon.

Lepaskan bagian ini secara hati-hati supaya tidak mengenai komponen-komponen penting dalam CDI.

Baca Juga : Perbedaan CDI Shogun 110 dan 125

Cari Letak Komponen IC

Apabila komponen-komponen CDI sudah terlihat maka Anda bisa memusatkan perhatian ke arah terminal pulser yang tepat berada di tengah pada arah masuknya socket.

Cara merubah CDI limiter menjadi unlimiter disini adalah dengan memakai bantuan jumper dan melangsungkan tegangan yang berasal dari pulser menuju ke bagian ic. Hasilnya pun rangkaian limiter pada CDI dapat dilewati.

Siapkan dan Pasang Jumper

Untuk jumper yang akan digunakan, Anda bisa memakai kapasitor elco dengan besaran 1µF dan tegangan 50v.

Kaki kapasitor yang memiliki ukuran lebih panjang adalah sisi positif, sedangkan kaki kapasitor dengan ukuran yang pendek adalah sisi negatif.

Dalam memilih jumper Anda juga bisa menggunakan kabel. Namun, kapasitor disini dipilih karena sifat kakinya yang cepat menyatu dengan timah saat dilakukan penyolderan.

Apabila semua persiapan sudah selesai, hubungkan sisi positif elco dengan bagian kaki r IC. Sedangkan untuk sisi negatifnya hubungkan dengan bagian pin pulser.

Solder kedua sisi tersebut secara hati-hati dan pastikan lagi kerapatannya sesudah disolder.

Pasang CDI

Setelah selesai mengotak-atik CDI, kini Anda bisa mencobanya pada motor Anda. Pasang socket CDI dengan kabel yang terhubung pada motor.

Kini coba hidupkan motor, apabila motor tetap menyala berarti tidak ada masalah dengan CDI yang telah dibongkar tadi.

Selanjutnya Anda bisa mengetesnya dengan gas, apabila kecepatan penuh dapat dicapai berarti Anda telah berhasil mengubah CDI limiter menjadi unlimiter.

Sekarang sebelum memasangnya tutup kembali rangkaian CDI dengan memberinya pelindung berupa silikon.

Seperti itulah cara merubah CDI limiter menjadi unlimiter. Dibutuhkan banyak kesabaran dalam hal ini, terutama saat melepas penutup silikon yang melindungi komponen CDI.

Sebaiknya jaga jarak saat melakukan penyolderan, karena kontak langsung dengan fisik dapat mengakibatkan kulit Anda terbakar.

Categories Bengkel

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

AUTOMOTIFBLOG.COM
Terima kasih sudah memilih mengunjungi situs ini. Dapatkan berbagai macam informasi Tips & Trik Seputar dunia Otomotif. Semoga konten kami bisa bermanfaat.