Ciri – ciri Spul Motor Rusak

Spul merupakan salah satu komponen yang sangat penting dan erat kaitannya dengan kelistrikan pada sebuah motor.

Dalam spul ini tersedia sumber tegangan AC atau bolak-balik. Segala komponen dalam motor yang memerlukan kelistrikan tidak bisa hidup jika spul ini mengalami kerusakan.

Tidak hanya itu, kerusakan pada spul ini juga dapat berdampak pada pengisian aki dan menyebabkannya menjadi cepat tekor.

Ketika mengetahui jika spul pada motor yang Anda gunakan mengalami kerusakan, maka sebaiknya langsung menggantinya.

Maka dari itu, perlu untuk mengetahui ciri spul motor rusak karena dampak yang ditimbulkan cukup merepotkan.

Baca Juga : Cara Cek Spul Motor yang Rusak

Cara Mengetahui Ciri Spul Motor Rusak

Cara Mengetahui Ciri Spul Motor Rusak

Terjadinya masalah atau kerusakan pada spul juga dapat menyebabkan motor tidak mau dihidupkan atau tiba-tiba mogok ketika digunakan.

Selain merepotkan, tentunya dampak yang dihasilkan tersebut sangatlah berbahaya.

Mungkin bagi Anda yang masih pemula dalam hal otomotif, tentunya belum paham secara pasti mengenai masalah atau kerusakan yang ada pada spul.

Oleh karena itu, berikut sedikit penjelasan mengenai ciri spul motor rusak.

1. Lihat Secara Fisik

Gejala atau ciri yang biasanya terjadi apabila spul motor mengalami masalah atau kerusakan ini adalah matinya komponen pada motor yang memerlukan listrik seperti lampu, sein, dan juga starter.

Hal ini dikarenakan pengisian listrik pada aki berkurang, maka akan menyebabkan aki menjadi tekor dan tidak mampu mengalirkan listrik pada seluruh komponen yang membutuhkan.

Selain itu, ciri lain yang timbul karena komponen pada spul terbakar yaitu alternator tidak mampu diberi beban listrik.

Apabila soket kiprok menuju spul dilepas kemudian dilakukan pengukuran menggunakan Voltmeter AC, maka voltasenya akan terbaca cukup.

Namun jika diberi beban menuju kiprok dan dilakukan pengukuran ulang biasanya voltasenya akan menunjukan angka drop.

Sehingga arus listrik yang seharusnya masuk kedalam kiprok tidak ada.

Baca Juga : Ciri-ciri Kul Starter Mati dan Cara Mengatasi

2. Bongkar Blok Mesin

Cara untuk mengetahui ciri spul motor rusak yang berikutnya tidak dapat dilihat langsung secara fisik.

Namun harus membongkar blok mesin atau membuka tempat dimana spul tersebut berada.

Apabila blok mesin sudah terbuka, maka akan terlihat warna dari kabel spul yang berubah menjadi kemerah-merahan bahkan akan timbul warna hitam pekat bekas terjadinya kebakaran dalam spul.

Selain itu, ketika rumah spul dibuka dan keluar bau hangus yang menyengat, maka dapat dipastikan spul mengalami kebakaran.

Tidak hanya itu, biasanya dalam tempat spul ini juga akan terlihat lelehan plastik yang ada pada rumah atau angker spul.

Jika sudah terjadi tanda-tanda seperti yang telah disebutkan ini, maka spul yang terpasang sudah tidak mampu untuk digunakan lagi bahkan tidak bisa diperbaiki.

Tidak ada pilihan atau cara lain lagi selain harus menggantinya dengan spul yang baru ataupun menggulung ulang spul tersebut.

Jika Anda sudah mengetahui ciri-ciri yang timbul akibat adanya kerusakan pada spul, tentunya perlu melakukan pengecekan lebih lanjut guna memastikan apakah ciri-ciri tersebut benar-benar diakibatkan oleh spul yang rusak atau tidak.

Jangan sampai setelah mengganti atau memperbaiki spul, gejala-gejala yang disebutkan tadi masih terjadi karena terlalu tergesa-gesa membuat sebuah keputusan.

Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu masalah yang dirasakan berasal dari kerusakan pada spul.

Jika semua ciri – ciri spul rusak sudah anda ketahui, maka tahap selanjutnya adalah memperbaikinya. Anda bisa membaca panduan memperbaiki Spul yang rusak agar bisa memperbaikinya sendiri tanpa perlu kebengkel.

Begitulah beberapa gejala atau ciri spul motor rusak yang perlu untuk diketahui.

Ketika sudah mengetahui gejalanya dan telah memastikannya, maka penggantian atau perbaikan spul ini harus dilakukan dengan segera agar tidak terjadi masalah pada komponen motor yang lain.

Yakin Nggak Mau Komen ?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.