Penyebab Injeksi Vario 125 Bermasalah

Injeksi Vario 125 Sering Bermasalah? Begini Cara Mengatasinya

Kepopuleran motor matic tak lepas dari banyaknya orang yang mengklaim bahwa motor jenis ini lebih nyaman dikendarai dibandingkan jenis lainnya.

Ditambah lagi motor matic juga lebih mudah dipakai karena pengendaranya tidak perlu repot-repot mengoper gigi di setiap medan. Tak heran bila penjualannya dari tahun ke tahun terus meningkat, sama halnya dengan vario 125.

Motor matic keluaran honda ini sudah dibekali dengan teknologi injeksi seperti halnya motor keluaran baru lainnya.

Walaupun terbilang baru namun bukan berarti motor ini dapat luput dari masalah, terutama dengan banyaknya pengguna yang mengeluhkan masalah di bagian injeksi.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai penyebab injeksi vario 125 bermasalah, sehingga membuat tarikan vario 125 lemot.

Anda bisa menyimaknya dalam bacaan berikut ini.

Penyebab Gas Motor Injeksi Naik Sendiri dan Cara Mengatasinya

Penyebab Injeksi Vario 125 Bermasalah

Salah satu problem pada vario 125 yang cukup banyak dirasakan adalah bagian injeksinya sehingga mengakibatkan gas tidak lancar atau tersendat-sendat.

Atau sering juga menyebutnya honda vario 125 injeksi brebet. Bukan hanya itu saja, ternyata banyak juga yang mengalami motor vario 125 ngempos.

Bahkan Penyebab Injeksi Vario 125 Bermasalah dapat berujung dengan motor yang mogok saat digunakan.

Belum lagi karena teknologi injeksi masih terbilang baru, maka pengetahuan masyarakat untuk memperbaikinya sendiri pun masih terbatas.

Oleh karena itu dibawah ini akan dijelaskan penyebab dan juga cara mengatasi masalah tersebut.

Baca Juga : Cara Mengatasi Motor Gas Sendiri

Bahan Bakar yang Kurang Sesuai

Bahan bakar motor tentunya memiliki kadar oktan yang berbeda-beda di setiap tipenya. Kadar inilah yang mempengaruhi proses pembakaran secara spontan.

Semakin tinggi nilai oktan yang dimilikinya maka pembakaran juga membutuhkan waktu yang lebih lama. BBM beroktan rendah sangat mudah terbakar dan menyisakan banyak residu.

Sisa pembakaran ini lama kelamaan akan menumpuk dan berubah menjadi kerak yang dapat menghambat kinerja busi dan komponen lainnya.

Penyebab injeksi vario 125 bermasalah ini adalah karena masih banyak orang yang menganggap remeh kadar oktan saat pengisian bahan bakar.

Kebanyakan masih sering memilih pertalite atau premium karena harganya yang terjangkau, padahal kadar oktan keduanya dibawah RON 92.

Paling tidak nilai oktan yang sesuai dengan motor injeksi memiliki RON 92 yaitu pertamax atau yang lebih bagus lagi RON 95 yaitu pertamax plus. Jadi mulai sekarang gantilah bahan bakar motor Anda dengan yang lebih baik.

Lihat Juga : Cara Mengetahui Pompa Bensin (Fuel Pump) Rusak

Filter Udara Kotor

Filter ini berguna untuk menyaring udara yang disalurkan kedalam ruang pembakaran agar tetap bersih.

Sehingga saat kondisi filter ini sudah terlalu kotor maka campuran antara BBM dan udara di ruang pembakaran menjadi kurang optimal.

Hal inilah yang mengakibatkan tarikan gas menjadi kurang bertenaga. Karena motor matic keluaran terbaru menggunakan filter basah, jadi tidak ada pilihan lain kecuali mengganti filter saat kondisinya terlalu kotor.

Injektor Tersumbat

Kegunaan injektor yaitu mengantarkan BBM kedalam ruang bakar dengan cara mengubahnya menjadi kabut.

Sama dengan poin sebelumnya, penyebab injeksi vario 125 bermasalah adalah berasal dari kualitas bahan bakar, karena hal bisa mempengaruhi semprotan yang dihasilkan injektor.

Sisa pembakaran perlahan-lahan dapat menyumbat lubang injektor, sehingga gas menjadi tersendat Untuk mengatasi mulut injektor yang kotor, Anda hanya perlu membersihkannya menggunakan sikat, atau dengan bantuan cairan khusus yang digunakan untuk membersihkan injektor.

Lihat juga : Cara Memperbaiki Motor Injeksi yang Mati

Masalah pada Busi Motor

Penyebab masalah yang juga sering terjadi adalah pada busi motor. Busi motor yang tersumbat oleh penumpukan kotoran karbon tidak dapat menghasilkan bunga api secara optimal, sehingga menghambat proses pembakaran.

Apabila masih memungkinkan Anda bisa membersihkan sendiri bagian yang kotor pada busi. Namun, jika terpaksa harus diganti maka gantilah dengan busi yang original supaya awet dan tidak mudah leleh.

Untuk pemasangan busi sendiri kerenggangannya pun juga harus diperhatikan supaya percikan api yang dihasilkan tidak terlalu kecil.

Baca juga : Cara Memperbesar Pengapian Motor

Itulah tadi beberapa penyebab injeksi vario 125 bermasalah beserta cara mengatasinya. Untuk menjaga performa motor injeksi agar tetap baik, selalu gunakanlah bahan bakar dengan kualitas yang baik. Supaya laju motor tetap kencang dan performanya tetap terjaga.

Categories Motor

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

AUTOMOTIFBLOG.COM
Terima kasih sudah memilih mengunjungi situs ini. Dapatkan berbagai macam informasi Tips & Trik Seputar dunia Otomotif. Semoga konten kami bisa bermanfaat.