Rama Putra Satu dari jutaan orang yang juga hobi naik motor sore sore, jalan santai, sesekali ngegas dan hobi menulis lewat blog ini. https://www.facebook.com/ramaputraskom/

Ciri-Ciri Karet Kopling Motor Rusak dan Cara Mengatasinya

1 min read

Karet Kopling Motor Rusak – Kopling merupakan komponen yang berfungsi sebagai penggerak transmisi. Rumah kopling hanya ada pada sepeda motor manual dimana fungsinya untuk mengubah dari gigi satu ke gigi selanjutnya.

Selain mempunyai beberapa kelebihan seperti mempunyai kendali penuh terhadap pengaturan gigi, motor lebih responsif, engine break lebih mudah dilakukan secara bertahap dan sebagainya, motor kopling juga punya kelemahan.

Salah satunya terletak pada kondisi rumah kopling yang rentan mengalami masalah. Berikut ini ciri-ciri karet kopling motor rusak yang perlu Anda ketahui.

 

Ciri-Ciri Karet Kopling Motor Rusak dan Cara Mengatasinya

Ciri-Ciri Karet Kopling Motor Rusak dan Cara Mengatasinya

1. Muncul bunyi saat kopling ditarik

Ciri-ciri karet kopling motor rusak pertama yakni muncul suara saat kopling ditarik. Bunyi ini disebabkan oleh beberapa hal seperti karet yang pecah atau kondisi rumah kopling yang aus.

Suara tersebut muncul saat sepeda motor digunakan. Untuk mengatasinya, segeralah ganti sperpart baru.

 

2. Kinerja kopling kurang optimal

Ciri-ciri karet kopling motor rusak selanjutnya ditunjukkan pada kinerja kopling yang kurang optimal sehingga menyebabkan ketidaknyamanan pada pengendara.

Jika kondisinya sudah demikian, segeralah lakukan perbaikan agar kinerja sepeda motor kembali optimal.

 

3. Tarikan kopling menjadi dalam

Tanda lain yang menunjukkan adanya masalah pada karet atau rumah kopling yakni tarikan koplik yang lebih dalam dari biasanya.

Kondisi rumah kopling yang aus akan menyebabkan dudukan kopling semakin lebar sehingga dibutuhkan tarikan yang lebih dalam ketika menggerakan kopling. Kondisi ini menjadi salah satu tanda rumah kopling mulai aus.

 

4. Muncul suara saat kopling dilepas

Ciri-ciri karet kopling motor rusak yang lain yakni kopling berbunyi ketika dilepas. Bunyi yang disebabkan karena kondisi karet mangkuk yang mati, akan terdengar suara duk duk.

Jika Anda sudah memastikan rumah kopling motor Anda mengalami kerusakan jangan dibiarkan atau didiamkan terlalu lama, karena dampaknya fatal dan bisa mengakibatkan lapisan rumah menjadi aus.

Baca Juga :

Rumah kopling yang sudah aus akan berpengaruh terhadap kinerja komponen dan instalasi yang ada pada rumah kopling.

Jika Anda merasakan rumah kopling mulai goyang, sebaiknya lakukan pengecekan pada karet dumper dan segeralah lakukan perbaikan agar tidak menjalar ke bagian yang lain.

Jika masalah terjadi pada karet koplingnya saja yang aus, Anda bisa saja mengganti karetnya saja. Tetapi yang rekomendasikan banyak bengkel motor resmi yakni mengganti rumah koplingnya.

Karena karet kopling dijual satu set dengan kopling. Tentu saja harganya mahal jika hanya sekedar terjadi kerusakan pada karetnya saja.

Beberapa bengkel mekanik ada juga kok yang mensiasati untuk mengganti karetnya saja. Anda juga bisa melakukanya sendiri.

Caranya lepas semua rumah kopling dan gerinda baut pada lempengan besi. Jika sudah terlepas, karet kopling atau rubber rumah kopling akan terlihat.

Jika kondisi karet mengeras, otomatis kopling akan mengeluarkan suara berisik. Selanjutnya Anda bisa mengganti karet tersebut dengan yang baru.

Merek yang rekomended yakni SKO. Jika sudah selesai, pasang kembali lempengan besi yang ada dibalik rumah kopling. Pastikan terpasang dengan kuat dan sempurna.

Solusi mengatasi rumah kopling yang aus dengan mengganti karet koplingnya saja merupakan solusi murah meriah.

Karena jika Anda pergi ke bengkel motor resmi biasanya mereka akan menyarankan dengan mengganti rumah kopling yang baru dengan harga yang hampir mendekati satu juta.

Demikian, ciri-ciri karet kopling motor rusak dan cara mengatasinya. Semoga ulasan tadi bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan Anda di dunia otomotif.

Loading...
Rama Putra
Rama Putra Satu dari jutaan orang yang juga hobi naik motor sore sore, jalan santai, sesekali ngegas dan hobi menulis lewat blog ini. https://www.facebook.com/ramaputraskom/