Kelebihan dan Kekurangan Memakai Gear Ukuran Besar

Automotifblog.com Adakah kelebihan dan kekurangan memakai gear ukuran besar di ban belakang? Tentunya terdapat beberapa kekurangan. Apakah plus minus penggunaan yang dimaksud?

Selain mobil, motor adalah kendaraan pilihan yang ingin digunakan di kehidupan masyarakat. Keberadaannya dianggap dapat membantu aktivitas sehari-hari, seperti mengangkat barang dan kebutuhan lainnya.

Salah satunya untuk balapan, dalam hal ini untuk olahraga. Karenanya gear motor diganti lebih besar untuk mendapatkan keuntungan.

Lantas adakah kelebihan dan kekurangan memakai gear ukuran besar pada motor?

Sejauh ini, terdapat beberapa alasan penggunaan gear besar tetap dipakai pada motor. Salah satunya karena performa motor yang lebih baik.

Namun rupanya, selain kelebihan terdapat kekurangan dari penggunaan produk yang belum diketahui oleh pengguna.

Apakah kekurangan yang dimaksud? Anda akan mengetahui jawabannya usai membaca informasi ini dan menjadikannya pertimbangan penggunaan produk.

7 Kelebihan & Kekurangan Memakai Gear Ukuran Besar Pada Motor

7 Kelebihan & Kekurangan Memakai Gear Ukuran Besar Pada Motor

Pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan beberapa keuntungan dan kekurangan penggunaan gear besar. Kiranya dapat membantu anda untuk mempertimbangkan penggunaan produk. Berikut penjelasannya.

Baca Juga : Harga Pelumas Rantai Motor Terbaik & Terlengkap

1. Top Speed Berkurang

Untuk anda yang ingin menggunakan gear besar untuk mendapatkan kecepatan maksimal, sebaiknya urungkan niat. Karena penggunaan gear besar hanya akan membuat kecepatan motor berkurang.

Hal ini terjadi, karena usaha yang dilakukan motor harus lebih besar dibandingkan usaha dengan gear asli dari motor tersebut.

2. Hentakan Tiap Gigi Lebih Besar

Keuntungan yang bisa didapat saat menggunakan gear besar adalah hentakan tiap gigi yang semakin besar. Jika hal ini terjadi, anda akan lebih peka saat melakukan pertukaran gigi.

Namun saat melakukannya diperlukan kehati-hatian tinggi. Sehingga motor tidak melompat dan menganggu anda selama menjalankan pertandingan.

3. Getaran Mesin Bertambah

Saat menggunakan gear besar, anda perlu memperhatikan getaran yang terjadi pada mesin. Karena saat penggunaan dilakukan, motor biasanya akan bergetar berlebihan.

Jika hal ini terjadi, tentu motor tidak nyaman saat dikendarai terlebih saat digunakan untuk berlomba. Untuk mengatasinya, cobalah untuk melakukan settingan ulang pada motor untuk mengembalikannya.

4. RPM Tinggi

Dalam balapan, setiap pembalap harus mengetahui jenis track yang akan dilaluinya. Karena hal ini berpengaruh pada tingkat RPM yang dibutuhkan selama pertandingan.

Jika menggunakan gear besar, maka RPM akan lebih tinggi dibandingkan gear asli. Karenanya, gear ini cocok untuk anda yang akan menghadapi track tikungan selama pertandingan.

5. Oper Gigi Berkala

Berbeda dibandingkan gear asli, saat menggunakan gear besar pengoperan gigi harus dilakukan secara terus menerus.

Jika anda tidak terbiasa, cara ini tentu menganggu jalannya pertandingan. Karena pembalap harus melakukan oper gigir terus menerus.

Jika hal ini dinilai menganggu, sebaiknya kembalikan gear pada aslinya dan dapatkan performa motor terbaik.

6. Tenaga Motor Besar

Untuk yang menginginkan motor dengan tenaga besar, sebaiknya gunakanlah gear besar sekarang juga. Karena motor dengan gear besar, memiliki tenaga lebih besar dibandingkan motor dengan gear asli.

Sayangnya, dengan tenaga yang besar, motor tidak akan memiliki kecepatan yang tinggi. Jadi, tidak cocok untuk anda yang ingin menggunakannya balapan.

7. Engine Break Berkurang

Brake adalah hal yang penting bagi pengendara motor. Sayangnya, jika menggunakan gear motor besar anda tidak dapat memanfaatkan brake dengan maksimal.

Karena daya engine brake berkurang sebaiknya perhatikan waktu akan mengerem. Karena masalah ini dapat membahayakan keselamatan selama perlombaan.

Baca Juga :

Hal Yang Perlu diperhatikan saat Penggantian Gear

Anda harus memperhatikan apakah gear yang digunakan merupakan gear berkualitas sebelum digunakan.

Caranya, pastikan bahwa gear memiliki brand yang sama dengan motor. Jika tidak memiliki brand yang sama, kebanyakan motor akan mengalami penolakan bahkan kerusakan.

Saat melakukan penggantian, pastikan bahwa anda telah membaca kelebihan dan kekurangan memakai gear ukuran besar.

Sehingga tidak ada keraguan untuk melakukan penukaran gear tersebut. Dan performa yang didapat akan sesuai dengan ekspektasi penggunaan produk.

Terdapat banyak tempat untuk anda mencari tahu apa saja kelebihan dan kekurangan memakai gear ukuran besar pada motor.

Namun sebaiknya konsultasikan dengan tim, saat akan melakukan penggantian. Karena kondisi motor hanya diketahui tim dan penggantian akan berdampak pada saat motor digunakan di balapan.

Yakin Nggak Mau Komen ?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.