Cara Mengatasi Klakson Mobil Bunyi Terus

Apakah klakson anda terus berbunyi? Apakah yang menjadi penyebab klakson mobil berbuyi terus? Artikel ini akan membahas penyebab dan cara mengatasi klakson mobil anda yang terus berbunyi.

Apa sebenarnya penyebab klakson mobil bunyi terus?

Klakson mobil adalah salah satu komponen pada mobil yang berperan cukup penting saat anda berkendara.

Mengingat fungsinya sebagai alat komuniasi anda dengan pengendara atau orang lain di luar mobil, menjadikan komponen sperti klakson ini sangat dibutuhkan keberadannya bila anda di dalam mobil.

Fungsi komunikasi dari klakson ini diantaranya yaitu peringatan untuk kendaraan lain saat anda akan menyalip.

Peringatan pada kendaraan lain agar dapat menjaga jarak dari kendaraan anda, perigatan bagi penyeberang agar tidak menyeberang jalan sembarangan atau secraa tiba-tiba.

Penyebab & Cara Mengatasi Klakson Mobil Bunyi Terus

Penyebab & Cara Mengatasi Klakson Mobil Bunyi Terus

Penyebab klason bunyi terus ataupun mati tidak berbunyi dipengaruhi banyak hal. Bisa diakibatkan karna kabel saluranya yang kotor atau kerusakan pada hornnya.

Daripada membuat anda bingung apa yang menjadi penyebab klakson mobil bunyi terus, untuk lebih jelasnya berikut beberpa penyebab klakson bunyi terus dan cara mengatasinya.

1. Kabel Kendor

Kabel klakson yang kendor atau tidak tersambung secara sempurna dapat menjadi penyebab berkurangnya kinerja pada klakson mobil. Hal ini dapat menjadi penyebab klason mobil anda terus berbunyi .

Sambungan yang kendor menyebabkan arus kadang tersambung kadang terputus berakibat pada klakson mobil anda sering berbunyi sendiri ataupun bahkan tidak mau berfungsi.

Adapun cara untuk mengatasi hal kalson berbunyi terus adalah dengan menelusuri jalur kelistrikan pada klakson mobil anda.

Serta memastikan bahwa semua jalur kelistrikan tersambung secara sempurna serta tidak mengalami kekendoran.

Namun jika ada sambungan yang putus atau kabel mulai mengelupas anda bisa segera mengganti kabelnya.

Anda juga perlu memeriksa sekeringnya, bisa saja klaskon anda mati karna sambungan pada sekering terputus.

2. Switch Kotor atau Berkarat

Tombol switch adalah tombol yanga anda gunakan untuk membunyikan klakson apabila terdapat karat atau mungkin mengalami keretakan tombol ini bisa saja eror.

Hal ini tentu saja dapat menyebabkan klakson mobil bunyi terus, atau kadang malah bisa mati.

Karat atau kerak dan kotoran yang dapat menghambat arus yang berfungsi membunyikan klakson, berakibat kadang klakson mati.

Adapun cara mengatasinya bila klakson terus berbunyi atau bahkan mati dikarnakan tombol switch yang bermasalah adalah dengan membongkar dan membersihkan tombol switch.

Untuk membersihkanya dapat menggunakan plat agar kerak yang menempel daoat hilang atau dengan menggunakan karter.

Apabila kororan masih mudah dihilangkan juga anda bisa menggunakan cairan pembersih, tapi bila kotoran sudah membandel lebih baik membersihkanya dengan karter.

3. Aki sudah soak

Seperti yang sudah anda tahu bahwa aki adalah komponen yang berfungsi sebagai pensuplay kelistrikan pada mobil dan juga motor.

Maka jika aki pada mobil anda bermasalah maka komponen mobil lainya juga pasti akan mengalami masalah.

Karna tidak adanya suplay listri pada komponen seperti klakson akan mengakibatkan klakson mobil anda tidak berfungsi secara optimal.

Aki yang sudah soak akan berakibat pada tidak stabilnya aliran listrik pada komponen mobil. Sehingga menyebabkan klakson kadang berbunyi dan kadang tidak.

Apabila klakson mobil anda tidak berbunyi mungkin ada batrai atau aki yang mengalirkan arus namun tidak seimbang.

Cara mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan setrum aki ulang. Atau bila aki mobil anda sudah benar benar rusak anda bisa mengganti aki mobilanda.

4. Setelan pada baut yang berubah

Setelan pada klakson yaitu baut yang berada di belakang klakson atau sering disebut sebgai baut platina. Jika posisi atau setelanya berubah dapat menyebabkan kkalson kadang menyala kadang mati.

Cara mengatasinya itu dengan buka mur pengunci, lalu putar baut platina ini dengan kunci yang sama agar posisinya kembali seperti semula.

Dan anda juga bisa melakukan pengecekan dan pengencangan bila klakson mobil anda bermasalah, lalu uji klakson bila anda sudah melakukan pengencangan.

Itulah informasi tentang penyebab klakson mobil bunyi terus dan cara mengatasinya. Jangan lupa untuk selalu merawat mobil anda dan selalu perhatikan komponen kecil seperti klakson.

Penyebab klakson mobil bunyi terus

Categories Mobil

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

AUTOMOTIFBLOG.COM
Terima kasih sudah memilih mengunjungi situs ini. Dapatkan berbagai macam informasi Tips & Trik Seputar dunia Otomotif. Semoga konten kami bisa bermanfaat.