Mobil Keluarga Irit BBM? All New Xenia Jawabannya

Komsumsi BBM Xenia Sebenarnya Xenia memang menjadi mobil keluarga yang irit dalam penggunaan BBM-nya. Akan tetapi All New Xenia yang baru dikeluarkan awal tahun 2019, ternyata memiliki mesin yang lebih irit dibandingkan Xenia keluaran sebelumnya.

Hal tersebut lantas menarik perhatian pecinta otomotif dan akhirnya mereka melakukan uji konsumsi BBM Daihatsu All New Xenia.

Kemudian bagaimanakah hasilnya? Mesin yang berkubikasi sebesar 1500 cc tersebut hanya menghabiskan BBM 1 liter untuk per 16 km.

 

Uji Konsumsi BBM All New Xenia

Dikarenakan Xenia menjadi primadona, keluar lah uji konsumsi BBM Daihatsu All New Xenia. Dengan adanya uji konsumsi ini, tentu membuat meningkatnya minat masyarakat untuk membelinya

Namanya saja melakukan uji konsumsi BBM Daihatsu All New Xenia, pasti para penguji akan melakukan touring di sebuah daerah dengan medan yang beragam.

Baik itu berkelok nanjak ataupun lurus rata. Sejak dikeluarkannya All New Xenia, masyarakat memang langsung tertarik.

Pasalnya para dealer memberikan pernyataan bahwa mobil tersebut sangat irit dalam penggunaan BBM, bahkan sampai 16 km untuk 1 liternya.

Padahal mesin yang dimiliki oleh All New Xenia adalah 1500 cc, dimana mesin dengan kapasitas tersebut pasti memiliki power yang lebih kuat.

Tak hanya dibekali mesin sebesar 1500 cc, All New Xenia pun memiliki pilihan mesin yaitu 2NR-VE VVT-i. Dengan begitu para pengendara Xenia akan semakin percaya diri ketika melaju di jalanan.

Uji konsumsi ini dilakukan pada daerah perbukitan di Sumatera Utara, tepatnya di Sibolga. Menggunakan tenaga 104 tk dan juga torsi yang sebesar 136 Nm, All New Xenia ini terasa lebih mantap dalam mengeluarkan tenanga, terutama ketika medannya sedang menanjak.

Uji kompetensi yang dilakukan tentu dibandingkan dengan Xenia 1300 cc. Kemudian apa saja perbedaannya?

Mendengar pertanyaan tersebut, pada akhirnya kepala produksi PT Astra Dihatsu pun menjelaskan bahwa dengan adanya kubikasi yang lebih besar, tentu saja terdapat perbedaannya, akan tetapi skalanya tak begitu jauh, terlebih jika digunakan perjalanan jauh karena kecepatannya konstan.

 

Konsumsi BBM All New Xenia

Baca Juga :

Tips Agar All New Xenia Semakin Irit BBM

Meskipun setelah adanya uji konsumsi BBM Daihatsu All New Xenia membuktikan bahwa mobil tersebut benar-benar irit, akan tetapi para penggunanya masih tetap dapat menambah keiritannya. Kami memiliki 3 tips sederhana untuk dilakukan :

1. Lakukan Perawatan Mesin Berkala

Banyak pengendara yang tidak tahu terkait hal ini. Justru kebanyakan pengendara akan memanaskan mesin mobilnya sampai setengah jam agar mesinnya panas. Sebaiknya jangan memanaskan mesin terlalu lama.

Padahal Anda cukup memanaskan 1 hingga 2 menit agar mesinnya panas. Jika memanaskan mobil terlalu lama, pemakaian BBM akan meningkatkan terjadi peningkatan.

Selain itu Anda juga harus memperhatikan mesinnya dengan melakukan perawatan berkala. Ketika mesinnya senantiasa terawat, maka BBM pun akan selalu irit.

 

2. Perpindahan gigi dilakukan di perputaran mesin yang tepat

Bagi yang baru belajar menyetir pasti masih merasa kesulitan dalam mengganti gigi. Sehingga banyak yang tidak memperhatikan kapan harus mengganti gigi.

Padahal apabila Anda dapat mengganti gigi di perputaran mesin yang tepat sesuai range kecepatan, akan membuat penggunaan BBM semakin irit.

Contohnya saja ketika akan mengganti gigi 1 ke 2, maka harus dilakukan pada kecepatan 15 km per jam.

 

3. Hindari akselerasi dan ngerem mendadak

Selama di perjalanan jangan terlalu sering melakukan akselerasi serta ngerem mendadak. Untuk mengirit penggunaan BBM, maka Anda harus mengijak pedal gasnya dengan lebut.

Kemudian Anda juga menggunakan engine brake ketika akan mengerem. Selain akan membuat mesin mobil lebih awet, penggunaan BBM juga akan semakin irit.

 

Jadi setelah adanya berita uji konsumsi BBM Daihatsu All New Xenia terbukti irit, apakah Anda masih ragu membelinya?

Berdasarkan uji konsumsi BBM Daihatsu All New Xenia, jika berpergian ke luar kota, All New Xenia 1500 cc akan memakan BBM 16 kpl.

Sehingga Anda tidak akan bolak balik mengunjungi pom bensin hanya untuk mengisi BBM. Berbeda sekali dengan Xenia 1300 cc, untuk perjalanan jauh akan menghabiskan BBM 11 kpl.

Dengan adanya uji konsumsi ini, tentu menjadikan All New Xenia semakin pantas untuk masuk ke dalam Liga mobil irit dengan kubikasi mesin yang besar.

Categories Mobil

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

AUTOMOTIFBLOG.COM
Terima kasih sudah memilih mengunjungi situs ini. Dapatkan berbagai macam informasi Tips & Trik Seputar dunia Otomotif. Semoga konten kami bisa bermanfaat.