Rama Putra Satu dari jutaan orang yang juga hobi naik motor sore sore, jalan santai, sesekali ngegas dan hobi menulis lewat blog ini. https://www.facebook.com/ramaputraskom/

Performa & Konsumsi BBM All New Toyota Innova Diesel Paling Irit

3 min read

Automotifblog.com Apabila anda masih bingung dengan konsumsi bahan bakar mobil bermesin diesel? Mungkin Toyota Kijang Innova G Diesel dengan transmisi manual ini bisa menjadi solusinya.

Karena Toyota Kijang innova selain bisa untuk mengangkut penumpang juga memiliki konsumsi bahan bakar yang lumayan irit.

Berikut ini kami berikan penjelsan mengenai desain sampai dengan konsumsi BBM mobil Toyota Kijang innova secara detail dan lengkap, agar bisa menjadi referensi untuk anda ketika akan membeli mobil tersebut.

Kunci Jok Motor Anda hilang?? Begini Cara Membukanya

Konsumsi BBM All New Toyota Innova Diesel

Desain Toyota Kijang Innova

Berbicara mengenai desain, memang tidak terdapat perbedaan yang jauh dari tipe Inova dengan kelas yang sama  dengan bahan bakar bensin.

Desainnya cukup elegan dan tidak memalukan ketida diajak kumpul pada acaara-acara resmi.

Desain pada bagian depan mobil Inova ini sudah lebih sporty dengan mengaplikasikan grill dan juga bumper yang baru.

Serta terdapat penambahan spoiler pada bagian belakang, sehingga menambah desainnga agar tidak begitu polos dan kaku.

Masuk pada bagian dalam mobil Toyota Kijang Innova juga demikian. Nuansa daari mobil yang diperuntukkan untuk keluarga ini tetap terpancar, denag adanya baris kursi konvensional yang dapat menampung hingga 7 orang penumpang.

Baca Juga : Cara Mengetahui Pompa Bensin (Fuel Pump) Rusak Serta Solusi Mengatasinya

Fitur Dan Teknologi Toyota Kijang Innova

Sesuai dengan posisinya dikelas Inova tipe G yang bisa dibilang mobil mewah tidak dan mobil biasa juga tidak, dan tergolong menengah. 

Mobil ini memiliki fitur baru seperti Audio double DIN AM/FM, MP3 ,CD, MA, dan pendingin AC kabin Dual Blower yang cukup untuk memanjakan penumpang yang berada dikursi belakang.

Pengemudinya juga akan lebih mudah, karena pengaturan spion sudah menggunakan teknologi elektrik dan sudah terdapat sensor parkir pada bumper belakang.

Dari segi kenyamanan mobil ini sudah menggunakan double airbags. Seat belt sampai dengan kursi baris ketiga dan masih menggunakan rem ABS yang masih dirasa cukup.

Performa Toyota Kijang Innova

Tenaga yang dimiliki oleh Inova Diesel ini daihasilkan dari mesin berkode 2KD-FTV dengan konfigurasi 4 silinder segaris tipe DOHC Common Rail Diesel D-4D berkapasitas 2.494 cc yang dapat memberikan tenaga 102 PS dengan torsi 20,4 kgm 1.400 rpm.

Akselerasi pada putaran bawah dari Toyota Kijang Innova diesel manual ini tidak memiliki masalah, meski performanya yang masih kurang responsif. Tetapi masih cukup tangguh untuk berakselerasi stop & go di tengah – tengah kemacetan.

Tenaga yang dihasilkan akan mulai terasa dengan optimal saat memasuki putaran menengah, antara putaran2.000 rpm sampai 3.000 rpm.

Namun, sayangnya saat memasuki putaran atas, mobil ini mulai menunjukkan gejala seperti ngos-ngosan.

Ketika sedang melaju dijalan tol, untuk mencapai kecepatan 100 km/jam tidaklah sulit. Tetapi untuk menuju kecepatan 120-140 km/jam terasa semakin sulit, padahal pedal gas sudah diinjak mentok.

Jika ingi mencapai kecepatan puncak, mungkin akan bisa dilakukan dengan mengambil ancang-ancang terlebih dahulu untuk menjaga putaran mesin masih tetap tinggi.

Baca Juga : [Legkap] 6 Aki Mobil Yang Paling Bagus, Terbaik dan Tahan Lama

Handling dan Kenyamanan Toyota Kijang Innova

Berbicara soal Handling, Toyota Kijang Innova Diesel ini tidak jauh berbeda dengan seluruh varian tipe Inova yang lainnya. Suspensinya yang empuk tentu akan memberikan kenyamanan saat berkendara melewati permukaan jalan yang tidak rata bahkan jalanan yang rusak sekalipun.

Namun, harus berhati-hati ketika mengendarainya diatas kecepatan 120 km/jam, karena akan dapat terjadi limbung yang semakin terasa.

Selain itu, aerodinamis mobil Toyota Kijang Innova cukup bagus, sehingga tidak akan menimbulkan gemuruh pada saat bodi menabrak angin.

Untuk soal kenyamanan ternyata Toyota Kijang Innova Diesel ini sedikit berbeda dengan Innova tipe mesin bensin. Terlebih lagi suara mesin diesel yang lebih berisik dibandingkan dengan pada mesin bensin.

Dengan redaman kabin yang kurang lebih masih sama, tentu saja akan membuat suara yang dihasilkan mesin diesel terdengar lebih berisik didalam kabin, baik itu pada saat sedang stasioner, saat melaju pelan, maupun sedang dalam kecepatab tinggi.

Pada bagian dasboardnya juga akan sedikit bergetar, sehingga akan menghasilkan noise yang cukup mengganggu bagi pengendaranya.

Namun ada cara untuk mengakalinya, caranya sangat sederhana yaitu dengan menyalakan audionya dan dengarkan musik, maka dijamin noise tersebut tidak akan mengganggu lagi.

Baca Juga : Cara Menghubungkan HP Ke Audio Mobil dengan Mudah

Konsumsi BBM Innova Bensin vs Diesel

Nilai lebih dari Innova Diesel berada pada seberapa memakai bahan bakar pada setiap kilometer yang dilalui.

Keuntungannya, selain cukup memakai BBM Bio Solar biasa yang lebih murah harganya, konsumsinya BBM nya juga irit.

Untuk bentuk bodi sebongsor Innova dan mengetahui konsumsi bahan bakar tipe mesin bensinnya yang terbilang boros, dan untuk Innova Diesel ini hanya membutuhkan 1 liter solar untuk jarak 11 km.

Sementara untuk berjalan luar kota serta kondisi jalan bebas hambatan di tol, bahan bakar yang diputuhkan tidak terpaut jauh. Innova diesel membutuhkan 1 liter solar untuk jarak sejauh 14 km.

Harga dan Pesaing Toyota Kijang Innova

PT Toyota Astra Motor adalah perusahaan yang memproduksi sekaligus yang menjual Innova diesel M/T, mobil ini dibandrol dengan harga Rp 247,800,000.

Harga tersebut memang lebih tinggi jika dibandingkan dengan mobil sekelasnya yang menggunakan BBM bensin. Namun dalam jangka panjang mobil ini memang cukup menguntungkan.

Sementara untuk mobi kompetitornya yang sesama bemesin diesel, Innova diesel ini akan seru jika disaingkan dengan mobil Isuzu Panther Series.

Baca Juga :

Demikainlan penjelasan mengenai Toyota Kijang Innova Diesel yang bisa kami sampaikan.

Semoga bisa menambah wawasan anda dalam dunia otomotif. Terimaksih telah berkunjung.

Loading...
Rama Putra
Rama Putra Satu dari jutaan orang yang juga hobi naik motor sore sore, jalan santai, sesekali ngegas dan hobi menulis lewat blog ini. https://www.facebook.com/ramaputraskom/