Ciri-ciri Kul Starter Mati dan Cara Mengatasi

Ciri Kul Starter Mati dan Cara Mengatasi Kendaraan bermotor merupakan salah satu kebutuhan yang dimiliki hampir semua orang.

Dengan memiliki kendaraan bermotor, orang bisa pergi dari satu ke tempat lain dalam waktu yang cukup singkat dan memakan banyak tenaga.

Ada kalanya motor tidak bisa menyala karena kul starter yang mati. Pemilik motor harus tahu ciri kul starter mati dan cara mengatasi tanpa perlu pergi ke service motor.

Ciri-ciri Kul Starter Mati dan Cara Mengatasi

Ciri-ciri Kul Starter Mati dan Cara Mengatasi

Kul starter merupakan bagian penting dalam motor. Fungsinya untuk menyalakan motor sehingga motor dapat digunakan untuk berkendara.

Kul starter pada motor terhubung dalam sistem elektrik yang bermacam-macam antara lain aki sebagai sumber listrik, tombol hand starter untuk menyambungkan arus listrik dari aki menuju switch starter, switch starter untuk memutar motor starter, dan kumparan.

Ketika kul starter mati, motor akan menunjukkan tanda-tanda yang tidak normal. Pemilik motor sebaiknya memahami ciri kul starter mati dan cara mengatasi.

Dengan mengetahui hal ini, pemilik motor tidak perlu repot pergi dan antre di tempat service. Berikut adalah ciri-ciri dan cara mengatasi kul starter yang mati.

1. Tidak mau menyala

Ketika kul starter dioperasikan, motor tidak bisa menyala. Jika menemui permasalahan seperti ini, pemilik motor patut curiga ada bagian yang tidak berfungsi normal. Salah satu penyebabnya adalah aki habis.

Untuk memastikan bahwa aki memang yang bermasalah, cobalah untuk cek komponen listrik lain seperti lampu di panel indikator atau lampu sen. Apabila komponen listrik lainnya juga mati, berarti aki habis dan butuh diisi.

Jika komponen listrik lain masih berfungsi dengan baik, hal ini bisa disebabkan adanya sambungan yang putus. Sambungan yang putus perlu dipastikan dengan membongkar bodi motor dan melihat bagaimana kondisi kabelnya. Jika tidak terlalu parah, sambungan kabel yang putus bisa disambung dengan menempelkannya kembali.

2. Suara kasar

Saat berusaha menyalakan motor terdengan suara kasar, hal tersebut merupakan salah satu ciri kul starter mati dan cara mengatasi perlu sedikit keterampilan. Perhatikan kondisi dinamo motor.

Komponen dinamo yang rusak bisa ditunjukkan dengan carbon brush. Suara kasar disebabkan karena bagian carbon brush di dinamo mulai habis. Selain suara kasar, putaran dinamo akan menjadi semakin lemah.

Jika carbon brush sudah habis, gantilah bagian ini. Apabila kesulitan, maka mau tidak mau perlu dibawa ke tempat service supaya tidak semakin rusak.

3. Suara Cetak – Cetak

Ketika menyalakan tombol starter motor tetapi mesin tidak menyala dan bahkan muncul suara, pemilik motor harus sedikit waspada. Terdapat beberapa kemungkinan penyebab.

Penyebab pertama adalah arus aki melemah. Arus yang melemah membuat switch starter bersuara. Perbaiki aki pada motor supaya motor dapat berfungsi normal kembali.

Seitch starter yang rusak juga menjadi ciri kul starter mati dan cara mengatasi bisa dengan membersihkannya. Saat membersihkan switch starter, pemilik motor harus membongkar motornya.

Setelah menemukan komponen switch starter, dilakukan pengamplasan pada setiap ujung kutub switch starter tersebut untuk menghilangkan kotoran dan karat.

Proses pembersihan berfungsi untuk mempermudah arus listrik yang mengalir melalui switch starter. Selain itu, pegas di switch starter perlu diperiksa kerenggangannya.

Baca Juga :

Itulah ciri kul starter mati dan cara mengatasi agar dapat menyala kembali. Perawatan motor sangat penting sehingga komponen-komponen di dalamnya tidak mudah rusak dan tetap berfungsi normal.

Tidak hanya perawatan, pemilik motor juga perlu tahu bagaimana cara untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan ringan pada motor.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

AUTOMOTIFBLOG.COM
Terima kasih sudah memilih mengunjungi situs ini. Dapatkan berbagai macam informasi Tips & Trik Seputar dunia Otomotif. Semoga konten kami bisa bermanfaat.