Rama Putra Satu dari jutaan orang yang juga hobi naik motor sore sore, jalan santai, sesekali ngegas dan hobi menulis lewat blog ini. https://www.facebook.com/ramaputraskom/

Cara Melepas Skotlet, Cutting Stiker Motor [Aman Tanpa Bekas]

2 min read

Cara Copot Cutting Stiker Salah satu cara untuk mempercantik sepeda motor adalah dengan memasang cutting stiker atau skotlet. Saat ini yang membuka jasa pemasangan skotet juga sudah banyak sekali dan memberikan harga yang bervariatif.

Beberapa orang memasang stiker ataupun skotlet pada motor dengan harapan agar tampilannya menjadi lebih bagus dan terlihat keren.

Namun, seiring berjalannya waktu terkadang terdapat rasa bosan ataupun ingin menggantinya dengan skotlet yang lebih bagus. Oleh karena itu, skotlet yang lama harus dilepas terlebih dahulu.

Skotlet, Cutting Stiker Motor pada bodi motor bukanlah hal yang mudah, karena jika sudah lama terpasang skotlet menempel dengan kuat pada bodi motor.

Sehingga walaupun sudah bisa dilepas terkadang masih terdapat bekas lem ataupun sisa stiker yang menempel. Sering juga karena kesulitan melepasnya lantas menggunakan cara ekstrem yang dapat merusak bodi motor.

Lalu bagaimana cara copot skotlet motor dengan aman tanpa bekas? Anda bisa mengetahuinya dalam bacaan berikut ini.

 

Cara Copot Skotlet, Cutting Stiker Motor Aman Tanpa Bekas

 

Cara Copot Skotlet, Cutting Stiker Motor Aman Tanpa Bekas

1. Menggunakan WD 40

Cara copot skotlet motor dengan aman bisa Anda lakukan dengan menggunakan WD 40. Merupakan cairan yang umumnya digunakan untuk membersihkan karat ataupun dijadikan sebagai pelumas yang tentunya aman digunakan pada motor Anda.

Caranya yaitu semprotkan cairan ini pada skotlet yang akan dilepas hingga basah dan biarkan selama beberapa menit.

Anda bisa juga menggunakan bantuan pemanas seperti hair dryer untuk memudahkan suhu pada skotlet memanas.

Lakukan hal tersebut hingga stiker menjadi berkerut dan melunak, namun jangan lakukan terlalu lama karena bisa-bisa cat pada motor ikut terkelupas. Setelah stiker ini melunak Anda bisa melepasnya secara perlahan dari ujung.

Jika sudah terangkat maka lakukan lagi pemanasan menggunakan hair dryer pada permukaan yang akan di angkat. Ulangi terus tahap ini hingga skotlet terlepas secara keseluruhan.

Jika terdapat bekas lem pada bodi motor Anda dapat menggunakan WD 40 untuk menghilangkannya.

Semprotkan saja cairan tersebut pada bekas lem kemudian usap secara perlahan menggunakan kain hingga bekas tersebut menghilang.

 

2. Menggunakan Bensin

Bagi Anda yang menginginkan cara copot skotlet motor dengan aman bisa mencoba menggunakan bensin.

Caranya yaitu oleskan bensin pada permukaan skotlet yang ingin dilepas, hal ini akan membuat skotlet melunak dan perlahan memuai sehingga bisa memudahkan Anda untuk melepasnya.

Karena bensin mudah sekali menguap maka gunakan juga penutup seperti plastik untuk mencegahnya menguap. Setelah berjalan 10 menit olesi lagi menggunakan bensin dan juga tutupi dengan plastik.

Setelah proses tadi selesai, buka plastik kemudian lakukan pelepasan dari bagian yang paling mudah, yaitu ujung skotlet ataupun pinggirannya.

Lakukan secara perlahan, tidak perlu terburu-buru agar mendapatkan hasil yang sempurna dan tidak ada stiker yang tersisa pada motor.

Pada bagian yang masih terdapat bekas lem jangan menggunakan cara seperti mengerik untuk menghilangkannya. Anda bisa menggunakan bensin untuk mengelap bekas tersebut dan menghilangkannya dengan mudah.

 

3. Menggunakan Alkohol

Copot skotlet motor dengan aman menggunakan alkohol yang efektif yaitu memiliki kadar sekitar 70-90%.

Caranya pun masih sama dengan mengoleskannya pada skotlet hingga menyatu, setelah itu tunggu beberapa menit dan ulangi lagi pengolesan.

Setelah pengolesan terakhir Anda bisa mulai melepaskannya karena skotlet sudah mengalami perubahan menjadi lebih lentur. Untuk memudahkannya Anda juga bisa menggunakan bantuan korek api ataupun hair dryer.

Lihat Juga :

Seperti itulah cara copot skotlet motor dengan aman, tentunya hal ini akan sangat berguna karena cat pada motor tetap terjaga dan tidak tergores sedikitpun.

Selain itu bahan yang digunakan untuk melepas skotlet bisa digunakan lagi untuk membersihkan bekas lem yang masih menempel.

Demikianlah tadi penjelasan mengenai cara melepas skotlet pada bodi motor dengan aman tanpa bekas.

Kunjungi terus Automotifblog.com untuk update artikel terbaru lainnya. Terimakasih sudah mampir.

Loading...
Rama Putra
Rama Putra Satu dari jutaan orang yang juga hobi naik motor sore sore, jalan santai, sesekali ngegas dan hobi menulis lewat blog ini. https://www.facebook.com/ramaputraskom/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.