Cara Membuat Lampu Strobo Motor

Membuat Lampu Strobo MotorPemilik kendaraan bermotor pasti ingin membuat tampilan kendaraannya jadi lebih menarik.

Biasanya untuk membuat tampilan kendaraan lebih menarik salah satunya adalah dengan memberi lampu strobo.

Lampu ini bisa Anda dapatkan secara online atau Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan bahan-bahan sederhana dan mudah didapatkan.

Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara membuat lampu strobo motor sendiri yang mudah dengan bahan sederhana dan mudah didapatkan.

Cara Membuat Lampu Strobo Motor

Cara Membuat Lampu Strobo Motor

Sebelum mengetahui bagaimana cara membuat lampu strobo motor sendiri, Anda harus tahu apa itu lampu strobo.

Yang dimaksud dengan lampu strobo adalah lampu yang bisa menyala atau berkedip secara bergantian yang mana lampu ini biasanya tersusun dari 2 warna yang berbeda.

Warna yang umumnya digunakan untuk membuat lampu strobo ini adalah warna biru dan merah.

Sebagai gambaran tentang bentuk lampu ini, Anda bisa melihat pada mobil polisi, di bagian atasnya ada dua buah lampu berwarna merah dan biru yang berkedip secara bergantian. Itulah yang dinamakan lampu trobo.

Baca Juga : Penyebab Lampu Indikator Vixion Kedap Kedip

Nah, selanjutnya Anda bisa membuat sendiri lampu strobo untuk motor Anda. Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat lampu strobo sederhana.

Siapkan Lampu LED

Siapkan Lampu LED

Untuk membuat lampu strobo sendiri, pertama yang harus Anda lakukan adalah siapkan lampu LED. Anda bisa menyiapkan dua buah LED dengan warna yang berbeda.

Namun untuk Anda ketahui, ada peraturan yang menyebutkan bahwa lampu strobo ini sebenarnya tidak boleh digunakan secara umum, terutama untuk warna-warna tertentu seperti biru, merah dan juga kuning.

Karena itu jika Anda ingin tetap membuatnya, sebaiknya gunakan LED berwarna putih saja agar lebih aman. Siapkan juga tegangan 12 Volt.

Siapkan Komponen

Selanjutnya selain lampu LED, ada komponen lain yang harus Anda siapkan, yaitu IC 555 berjumlah 2 buah dan transistor juga 2 buah.

Untuk jenis transistornya bisa Anda pilih sendiri sesuai kebutuhan.

Anda bisa menggunakan transistor bertipe FCS 9013 atau transistor FCS9014 atau bisa juga menggunakan transistor berjenis TIP31 maupun TIP41. Pilih saja salah satu yang bisa membuat lampu LED menyala.

Komponen lain yang dibutuhkan untuk membuat strobo motor ini adalah kondensator elektrolit 2 buah, dioda 1N4148 1 buah dan dioda 1N4002 4 buah.

Anda juga akan membutuhkan resistor 330 Ohm sebanyak 2 buah serta variabel resistor 10K Ohm sebanyak 1 buah.

Baca Juga : Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang dengan Dioda

Rangkaian Lampu Strobo

Rangkaian Lampu Strobo

Langkah terakhir dari cara membuat lampu strobo motor sendiri adalah merangkai komponen yang sudah disiapkan tadi di atas printed circuit board.

Jika sudah, langkah selanjutnya untuk membuat lampu strobo Anda sendiri adalah mengatur lampu LED yang sudah Anda siapkan tadi pada 2 buah IC berukuran 555.

Anda bisa mengaturnya sendiri sampai bisa membuat lampu LED yang disiapkan tadi menyala.

Atur IC yang sudah Anda siapkan tadi agar membuat lampu LED yang dipasang bisa menyala secara bergantian atau berkedip bergantian.

Atur sendiri sesuai keinginan nyala lampu Anda. Jika ingin membuat lampu menyala seperti flasher controlled, Ands harus mengurangi komponen-komponen tertentu seperti resistor, satu transistor dan 1 buah dioda bertipe 1N418.

Artikel Lainnya :

Itulah tadi cara membuat lampu strobo motor sendiri yang bisa Anda lakukan dengan alat dan bahan sederhana dan mudah ditemui.

Dengan menyiapkan sendiri komponen dan membuatnya sendiri tentu akan lebih menghemat.

Serlain itu anda juga jangan sembarang memasang lampu strobo dikendaraan. Karena pada dasarnya pembuatan lampu strobo ini tidak diijinkan untuk umum, karena itu sebaiknya Anda memilih komponen yang aman.

Categories Motor

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

AUTOMOTIFBLOG.COM
Terima kasih sudah memilih mengunjungi situs ini. Dapatkan berbagai macam informasi Tips & Trik Seputar dunia Otomotif. Semoga konten kami bisa bermanfaat.