Cara Membuat Reflektor Lampu

Cara Membuat Reflektor Lampu Apakah reflektor lampu anda masih kinclong? Ataukah sudah kusam? Bila anda ingin mengantinya artikel ini akan menjelaskan cara membuat reflektor lampu sederhana.

Bagaimana cara membuat reflektor lampu sederhana? Reflektor secara ilmiah adalah alat yang berguna untuk memantulkan cahaya.

Begitu juga reflektor pada lampu motor fungsinya sama yakni memantulkan sinar lampu pijar motor sehingga cahaya terlihat lebih terang. Reflektor pada headlem motor berupa cermin cekung yang berbentu seperti parabola.

Untuk menghasilkan refleksi cahaya yang baik maka bagian permukaa reflektor dilapisi komponen berjenis alumunium, ini bertujuan untuk menghasilkan pantulan cahaya yang maximal atau refleksi cahaya.

Bagian headlamp dibagi menjadi dua yaitu jarak dekat dan jauh, ini bertujuan agar reflektor dapat digunakan untukk lampu jarak dekat maupun jarak jauh, maka ddari itu pada reflektor dibuat kotruksi khusus.

Cara Membuat Reflektor Lampu Motor Agar Lebih Terang

Cara Membuat Reflektor Lampu Motor Sendiri

Mengingat pentingnya reflektor pada motor anda. Maka reflektor harus selalu terjaga keterangannya. Maka dari itu penting untuk merawat dan mengganti reflektor bila refletor rusak.

Artikel berikut ini akan membahas tentang cara membuat reflektor lampu sederhana agar saat reflektor lampu anda mengelembung atau rusak anda bisa membuatnya sendiri di rumah dan tidak perlu jauh- jauh ke bengkel.

Baca Juga : Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang dengan Dioda

Peralatan dan Bahan

Peralatan dan Bahan
  • Hot lem gun
  • Obeng min (-)/ cutter atau sendok
  • Headlamp
  • Stiker crom tape/ alumunium foil
  • Lem ( saran merk ngaika ngaibon/ ngastol)
  • Pembersih mika (merk maxco)
  • Sponge
  • Lem aquarium

Tahap Pembuatan

  1. Langkah pertama yaitu mencongcel clip penjepit headlamp, buka perlahan dan hati- hati, jangan sampai clip ini mental dan mengenai mata anda, karna bisa berakibat fatal. Setelah clip terbuka simpan clip karna nanti clip akan digunakan kembali.
  2. Langkah selanjutnya adalah melelehkan lem perekat mika (pelindung lampu yang terbuat dari plastik/ campuran plastik dan kaca yang berwana bening) dengan lampu yang mengelilingi pada pinggiran headlamp, anda bisa melelehkannya menggunakan hot lem gun, namun bila lem tidak kunjung meleleh anda bisa menggunakan air panas dan siramkan perlahan pada pinggiran headlamp (bagian lem yang perlu dilelehkan).
  3. Congkel mika headlamp menggunakan obeng min, atau bila anda kesusahan mencongkelnya anda bisa gunakan benda lain seperti cutter atau sendok. Usahakan tidak ada lem yang terbuang, karan lem ini juga nanti buat perekat lagi.
    congcel clip penjepit headlamp
  4. Bila mika headlamp anda kotor anda bisa mencucinya dnegan deterjen. Rendam mika dengan deterjen dan gosok menggunakan sikat. Lalu kerigkan dibawah sinar matahari.
  5. Setelah anda berhasiil, kita lajut pada membuka baut posisi reflektor mengunakan obeng plus (+) . setelah baut terlepas anda bisa menyopot lampu senja dengan cara menirinya secara berlahan, nantia akn keluar pivot ball yang berfungsi menjaga posisi ball tetap pada tempatnya, dan skrup uang berfungsi sebagai adjuster.
  6. Langkah selanjutnya yaitu membuat pola untuk melapisi pada crom reflektor. Setelah pola selesai anda bisa menjiplaknya pada stiker crom tape/ alumunium foil dan potong sesuai dengan pola. Tujuan membuat pola ini adalah agar potongan stiker crom tape menjadi rapi dan bila dipasang pada reflektor tidak belembung.
  7. Langkah selanjutnya yaitu menempelkan stiker crom tape/ alumunium foil menggunakan lem. Lem almunium secara merata dan perlahan, agar hasilnya rapi.
  8. Setelah itu ambil mika yang tadi anda jemur dan bersihkan mika menggunakan pembersih mika. Dengan cara taruh pembersih mika pada sponge dan gosokan pada seluruh bagian mika.
  9. Lalu setelah mika anda bersih anda bisa masang kembali mika pada headlampnya, dengan cara melelehkan lagu lem yang ada di pinggiran mika dengan hot gun, lalu tempelkan lagi pada headlamp bila masih belum rekat maka tambahkan lem aquarium untukk merekatkanya.
  10. Langkah selanjutnya adalah memasang kembali baut setelah reflektor. Dan juga pasnag kembali clip penjepit headlamp, dan lakukan pengetesan apakah tembuas air atau tidak, bila masih tembus air lem lagi bagian yang berlubang.

Artikel Lainnya :

Itulah tadi penjelasan tentang cara membuat reflektor lampu sederhana, Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda yang ingin mmebuat lapu reflektor sendiri. Terimakasih sudah membaca artikel ini sampai selesai.

Yakin Nggak Mau Komen ?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.