Rama Putra Satu dari jutaan orang yang juga hobi naik motor sore sore, jalan santai, sesekali ngegas dan hobi menulis lewat blog ini. https://www.facebook.com/ramaputraskom/

Cara memperbaiki TPS (Throttle Position Sensor) Vario

2 min read

Cara memperbaiki TPS (Throttle Position Sensor) – Sensor motor anda sering bermasalah? Artikel ini akan menjelaskan cara mendeteksi kerusakan dan cara memperbaiki sensor tps Vario 125.

Cara memperbaiki sensor tps Vario 125 bisa dibilang gampang-gampang susah. Throttle Posiition Sensor (TPS) adalah bagian sensor pada throtle body yang berhubungan dengan buka tutupnya katup.

TPS ini berfungsi sebagai pembaca besaran bukan gas, mengatur debit udara serta pasokan bahan bahan bakar utama lalu memberikan sinyal itu pada ECU atau mengatur berapa banyak bensin yang disemprotkan oleh injektor sesuai dengan tekanan pada pedal gas .

Besar kecilnya udara pasokan udara dan bahan bakar tergantung pada besar kecilnya bukaan gas yang kita ulir di stang.

Konstruksi TPS ini mirip dengan potensio. Potensio adalah komponen elektronika yang nilai hambatanya atau resistansinya akan berubah secara linier atau logaritma bila diputar.

Baca Juga : Penyebab Dan Cara Mengatasi Motor Brebet Saat di Gas

Perubahan nilai besar resisten ini akan mememngaruhi besaranya tegangan yang diambil dari ECU yang kemudian dikalkulasikan dengan info dari sensor lainya untuk mengatur debit bahan bakar yang akan disemprot oleh injektor.

Sensor TPS ini bergerak bersama dengan Butterfly Valve (BV) pada throtle body. Jadi saat BV terbuka saat kita mengegas motor nilai resistain TPS juga ikut terbuka.

Mengakibatkan pasokan bahan bakar dan udara akan berkurang dan bertambah secara bersamaan. TPS memiliki tiga pin out pada terminalnya.

Pada throtle body ada TPS yang terintergrasi dengan sensor lain seperti pada CBR150R dan CBI150R.

Namun bagaimana jika TPS Motor Vario rusak?

Artikel ini akan membahas cara mendeteksi kerusakan dan cara memperbaiki sensor tps Vario 125 agar, anda tetap bisa mengontrol penggunnaan bensin motor anda melalui pedal gas motor.

 

Mendeteksi Kerusakan dan Cara Memperbaiki Sensor TPS Vario

Mendeteksi Kerusakan dan Cara Memperbaiki Sensor TPS Vario

Untuk mendeteksi apakah ada kerusakan pda sensor TPS motor anda.

  1. Siapkan Multimeter, alat ini digunakan untuk memeriksa tegangan sinyal pada sensor TPS. Dengan cara menghubungkan kabel sensor yang letaknya di tengah pada LEAD multimeter.
  2. Lalu buka dan tutup plat thrittle secara manual dan lihat apakah sensor tersebut menghasilak DC yang bervariasi.
  3. Lihat hasilnya pada multimeter sensor dapat dikatakan normal bila multimeter mencatata kenaikan tegangan halus dan penurunan tanpa celah .
  4. Namun bila multimeter ini tidak mecatat data tersebut maka bisa anda simpulkan sensor TPS motor Vario anda telah rusak, dan anda harus mengganti sensort TP motor anda.
  5. Tetapi bila multimeter tidak memapilkan data baik kenaikan atau penurunan. anda jangan dulu menyimpulkan bahwa sensor TPS motor anda rusak, karna bisa arus listrik tidak mengalir sampai multimeter.

 

Adapun gejala TPS motor rusak, anda harus mewaspadainya. Berikut gejala TPS motor yang rusak :

  • Tarikan gas yang kurang responsif
  • Bukaan gas besar sendiri meski throtlle body gasnya tidak dibuka

 

Lalu bagaimana cara memperbaiki sensor tps Vario 125?

Saat TPS motor anda rusak cara terbaik untuk memperbaikinya adalah meriset ulang TPS namun bila tidak memungkinkan anda bisa mengantinya dengan yang baru.

Karena bila alat ini rusak fungsi utamanya yakni mengatur berapa banyak bensin yang disemprotkan oleh injektor, seperti yang sudah kita jelaskan diatas pastinya akan terganggu.

Hal ini bisa berakibat pada bensin motor anda menjdi boros, atau motor tidak mau jalan. Selain menganti TPSnya anda juga harus mengganti throtlle bodynya juga karna mereka adalah komponen satu set.

Karna kontrol TPS ada pada gas maka dapat dikatakan bahwa kontrol TPS ini ada pada pengendara yang menaiki motor.

Karna fungsi dari TPS ini yang cukup penting sudah seharusnya anda sering- sering menontrol semua bagian motor anda, dan jangan lewatkan untuk selalu mengontrol TPS ini.

Anda bisa mengomtronnya sendiri atau anda bisa membawanya ke bengkel/ tukang service langganan anda.

Artikel Lainnya :

Demikianlah artikel tentang cara mendeteksi kerusakan dan cara memperbaiki sensor tps Vario 125 .Terimakasih sudah membaca artikel ini sampai ahir.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda yang sedang mencari tahu tentang sensor TP.

Loading...
Rama Putra
Rama Putra Satu dari jutaan orang yang juga hobi naik motor sore sore, jalan santai, sesekali ngegas dan hobi menulis lewat blog ini. https://www.facebook.com/ramaputraskom/