Cara Memperbaiki Speedometer Digital Motor

Speedometer merupakan komponen yang berperan penting dalam hal keselamatan berkendara. Seiring dengan kemajuan jaman kini teknologi speedometer digital sudah banyak diterapkan pada kendaraan bermotor.

Berbeda dengan pendahulunya speedometer analog, speedometer digital diklaim memiliki indikasi yang lebih akurat.

Beberapa fitur seperti jam penunjuk waktu dan juga termometer pun ikut ditambahkan dalam komponen ini.

Sayangnya komponen yang berguna sebagai indikator ini masih tidak luput dari disfungsi maupun kerusakan.

Namun tidak perlu khawatir, dengan cara memperbaiki speedometer digital motor berikut. Anda tidak perlu membawanya ke bengkel dan bisa mempraktikkannya sendiri di rumah.

Penyebab Kerusakan Pada Speedometer Digital dan Cara Memperbaikinya

Cara Memperbaiki Speedometer Digital Motor

Kerusakan pada speedometer digital memang tidak bisa ditebak, ada kalanya komponen ini tiba-tiba tidak bisa digunakan saat Anda sedang berkendara.

Bisa jadi kerusakan dari speedometer digital disebabkan oleh lamanya pemakaian serta unsur tak disengaja lainnya.

Untuk mengetahui berbagai penyebab tidak berfungsinya speedometer digital beserta cara memperbaikinya, Anda bisa membacanya melalui informasi yang sudah terangkum dalam artikel berikut ini.

Motor Vixion Mati Total Tidak Mau Hidup…Begini Cara Mengatasinya

1. Kabel Power Tidak tersambung

Apabila speedometer digital pada motor Anda tiba-tiba tidak menyala yang pertama kali perlu dicurigai adalah kabel listrik yang terhubung ke speedometer.

Kondisi demikian merupakan masalah yang paling sering dialami baik pada speedometer digital maupun analog. Bisa jadi kabel tersebut terlepas atau memang bagian dalamnya sudah putus.

Cara memperbaiki speedometer digital motor kali ini, Anda bisa mengetesnya terlebih dulu menggunakan kabel lain. Apabila speedometer sudah bisa menyala, berarti kabel lama tadi memang perlu diganti.

2. Sekring Tidak Berfungsi

Speedometer digital yang mati tanpa sebab juga bisa berasal dari fuse atau sekring yang sudah tidak berfungsi.

Untuk memeriksanya Anda perlu membuka cover motor yang menutupi bagian aki. Lihat dan perhatikan semua fuse yang terpasang.

Apabila terdapat kawat yang putus pada sekring, Anda bisa menyambungnya kembali menggunakan kabel yang seukuran. Tetapi untuk solusi yang lebih aman lebih baik ganti saja sekring tadi dengan yang baru.

Baca Juga : Komponen dan Cara Kerja Sistem Pengisian Sepeda Motor

3. Soket Speedometer Putus

Penyebab kerusakan lain yang juga sering ditemui adalah soket speedomerter digital yang terputus atau sudah tidak layak pakai.

Akibatnya rotasi yang disalurkan ke kabel menuju speedometer dapat terbaca dengan baik. Solusi untuk mengatasinya yaitu dengan mengecek kondisi kabel yang terhubung dengan soket.

Untuk mengceknya Anda bisa menggunakan bantuan AVO. Jika benar soket tersebut tidak berfungsi maka tidak perlu menunggu waktu lagi untuk menggantinya.

4. Gear Speedometer Digital Kotor

Gejala seperti layar speedometer yang terkadang mati kemudian menyala kembali cukup sering dirasakan oleh pengguna speedometer digital.

Hal ini dikarenakan adanya debu maupun kotoran yang menempel pada gear speedometer. Kondisi ini lantas membuat putarannya terhambat sehingga pembacaan speedometer tidak bekerja secara maksimal.

Cara memperbaiki speedometer digital motor kali ini, yaitu bersihkan gear yang terletak pada ass roda belakang.

Anda bisa membongkarnya terlebih dulu, kemudian membersihkannya dengan menggunakan bantuan kuas. Apabila gear telah dibersihkan Anda dapat memasangnya kembali sesuai posisi semula.

5. Magnet di Dalam Speedometer Tidak Berputar

Pada dasarnya kinerja speedometer digital ini berasal dari Gerak Gaya Listrik atau yang biasa disingkat GGL.

Gaya listrik ini dihasilkan melalui putaran dari sebuah kawat yang kemudian dihubungkan pada magnet.

Fungsinya yaitu untuk menggerakkan jarum di dalam speedometer. Kesimpulannya apabila kawat penyalur GGL ini terputus maka jarum pada speedometer akan mati.

Untuk mengecek kondisinya Anda perlu membuka head motor, apabila kondisi kawat ini sudah tidak bagus atau bahkan terputus maka Anda perlu menggantinya dengan yang baru.

Baca Juga :

Seperti itulah cara memperbaiki speedometer digital motor. Setiap komponen motor pasti membutuhkan perawatan supaya dapat bekerja dengan optimal.

Oleh karena itu, sempatkanlah untuk mengecek kondisi motor Anda sebelum bepergian supaya kerusakan cepat ditangani dan tidak bertambah parah.

Karena motor dengan kondisi yang prima adalah kunci dari keselamatan dan kenyaman berkendara.

Categories Motor

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

AUTOMOTIFBLOG.COM
Terima kasih sudah memilih mengunjungi situs ini. Dapatkan berbagai macam informasi Tips & Trik Seputar dunia Otomotif. Semoga konten kami bisa bermanfaat.