5 Merk Bearing Paling Bagus & Terbaik untuk Motor

Merk Bearing Paling Bagus & Terbaik – Bering atau sering disebut juga dengan leher, merupakan sebuah peranti sparepart sepeda motor yang berguna untuk menghubungkan anda tara dua bagian part gerakan linear atau putaran.

Sehingga kedua komponen tersebut dapat bergerak dengan gaya gesek seminimal mungkin.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, saat ini sudah banyak beredar dipasaran beredar bearing kompetisi atau bearing racing. Tentu saja dari segi kualitas sangat berbeda dari bearing bawaan motor.

Bearing standar, jarak antara inner ring dan outer ring-nya rapat, sehingga bidang geseknya banyak. Tapi kalau laher racing sebaliknya dan memang poin itu yang dicari.

Bearing standar memiliki jarak linier andara inner ring dan outer ring-nya rapat, sehingga bidang geseknya banyak.

Sehingga akan membuat kinerja putaran atau gesekan terlalu banyak, namun pada bering racinhg justru sebaliknya. Hal inilah yang menjadi keunggulan dari bearing racing motor.

Baca Juga : 5 Oli Terbaik Yang Bagus & Cocok Untuk Satria Fu Harian Serta Harganya

Bagi anda yang berniat untuk mengganti part tersebut pada motor standar yang anda gunakan, tentu saja tidak akan mengalami masalah..

Namun, perlu anda ketahui juga bahwa bearing mesin yang digunakan pada motor-motor sekarang sudah menggunakan bearing dengan kode C3.

Jadi, kalau anda masih tetap ingin mengganti nya cari kode bearing yang diatasnya seperti C4 atau C5.

Cara ini ternyata tetap saja ada konsekuensinya, karena minim gesekan maka suara mesin akan jadi lebih santer pada rpm rendah.

Namun pada durabilitas, masih sama dengan standarnya. Selain itu, pergantian oli mesin juga perlu anda perhatikan, karena akan ikut mempengaruhi kinerja si bearing.

5 Merk Bearing Paling Bagus & Terbaik untuk Motor

Dalam dunia otomotif, khususnya dalam hal modifikasi sepeda motor, komponen seperti bearing sangat penting untuk diganti agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal terutama jika anda ingin memodifikasi pada bagian mesin.

Bagi anda yang sudah ngebet ingin mengaplikasikan part ini pada sepeda motor anda, berikut ada 5 merk bearing paling bagus & umum beredar dipasaran, yang juga kami rekomendasikan untuk anda gunakan. Berikut penjelasannya :

1. Bearing FAG

Bearing FAG

Bearing yang direkomendasikan untuk kruk-as dengan kode 6205TB.P63 high series (untuk Jupiter Z). Bering ini merupakan bearing impor dari Portugal.

Untuk harganya, bearing ini dibandrol dengan harga yang lumayan cukup mahal yaitu berkisar Rp 340 ribu/piece.

Jika menggunakan bearing ini akan memberikan tarikan enteng pada mesin terutama pada raungan mesin pada rpm tinggi. Produk ini memang sudah cukup terkenaldi dunia balap.

2. SKF (Venska Kugelahaar Fabricen)

SKF (Venska Kugelahaar Fabricen)

Bearing Racing SKF meruapakan bering yang memiliki nama lain venska Kugelahaar Fabricen. Bering ini yang berasal dari Swedia, namun sudah di manufacturing di Indonesia.

Bearing dengan merk SKF ini sangat tangguh dan cocok untuk dipakai di segala karakter mesin motor balap.

Apalagi seri bearing C4 mengandung material keramik, yang memiliki fungsi untuk meminimalisir gesekan.

3. KOYO

Bearing Racing KOYO

Bearing Racing KOYO merupakan produk unggulan asal negeri Sakura yang diproduksi oleh Koyo Seiko, Jepang memang spesialis dalam bidang bearing.

Karena telah menjadi partner resmi PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI), maka sudah bisa kita lihata bahwa part ini menempel pada motor-motor keluaran Yamaha.

Meski dipasaran bearing ini sulit dijumpai, namun untuk seri high speed-nya, di beberapa toko bisa anda temukan.

4. TDR

TDR

Bearing hasil riset TDR Thailand ini bisa anda peroleh dengan mudah, karena dipasaran khususnya yang menjual spare part sepda motor sudah banyak yang menjualnya.

Harga Bearing TDR ini terbilang relatif murah dan dijual dengan harga berkisar Rp 80 ribu/pcs untuk seri 6025.

Keunggulan dari bearing ini adalah meiliki material khusus dan sealed ball bearing menggunakan material teflon yang sangat kuat.

Sehingga menjadikan bearing TDR memiliki umur pakai yang lebih lama dibandingkan dengan bearing standard.

Ditambah lagi dengan adanya grase yang mambuat kualitas dan umur bearing bisa jadi tahan lama.

Bearing TDR  juga memiliki yang Standar C4 untuk High RPM, bearing yang di develop ini sengaja dipersiapkan untuk kondisi pemakaian serta tujuan yang berbeda dari bearing pada umumnya.

5. FAITO

FAITO

Produsen Faito telah memasarkan berbagai jenis bering maulai satuan hingga satu set, misalnya saj aseperti laher kruk as, camshaft dan bearing crankcase.

Dan juga tipe jenisnya pun tebagi mejadi 2 pilihan yaitu tipe Lite Tech tipe C3 dengan memakai material teflon untuk motor korek harian.

Serta bering kualitas high speed atau S720 yang berbahan  special composite pada putaran lebih tinggi serta tahan panas.

Bearing S720 memiliki kualitas yang sangat mumpuni untuk mengimbangi motor dengan mesin balap.

Mulai dari kecepatan putaran mesin serta ketahanan, dan juga mampu menghadapi suhu mesin yang panasnya sangat ekstrim sekalipun.

Jenis ini sangat cocok untuk mengimbangi korekan roadrace yang mesinnya bisa sangat panas.

merk bering paling bagus & terbaik

Keterangan Gambar :

  • 6 : Tipe Ball Bearing
  • 3 : Diameter, tebal serta tinggi bearing (dimensi bearing)
  • 01 : Ukuran lingkar dalam bearing (00 : 10mm, 01: 12mm, 02 : 15mm, 03 : 17mm, 04 : 20mm, 05 : 25mm)
  • RS : Rubber Seal atau penutup karet
  • C3 : kerenggangan antara bola bearing serta bantalan bearing (Satuan kerenggangan atau Clearance adalah micron 1 (1/1000 mm)
  • MT : Kepanjangan dari Medium Temperature

Demikianlah penjelasan mengenai 5 Merk Bearing Paling Bagus & Terbaik untuk Motor yang kami rekomendasikan untuk anda.

Artikel Lainnya :

Pilihlah bering dari salah satu diatas yang paling cocok dengan kebutuhan mesin yang akan anda gunakan.

Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk anda, dan terimakasih telah berkunjung.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

AUTOMOTIFBLOG.COM
Terima kasih sudah memilih mengunjungi situs ini. Dapatkan berbagai macam informasi Tips & Trik Seputar dunia Otomotif. Semoga konten kami bisa bermanfaat.