Cara Mengatasi Motor Brebet Saat di Gas

Penyebab & Cara Mengatasi Motor Brebet Saat di Gas – Kendaraan bermotor adalah kendaraan yang mana digerakkan oleh sbuah peralatan teknik untuk pergerakannya dan kebanyakan digunakan untuk transportasi darat.

Secara umum kendaraan bermotor menggunakan mesin dengan sistem pembakaran didalam.

Namun, pada motor listrik dan jenis motor lainnya misalnya seperti kendaraan listrik hibrida dan hibrida plug-in juga bisa digunakan.

Biasanya pemilik kendaraan vixion, honda beat, satria fu, jupiter z, dan revo sering mengeluhkan masalah ini  yang dialami oleh kendaraan mereka.

Tentu saja hal seperti itu disebabkan karena kondisi kendaraan sidak selalu sehat dan pasti ada saja masalah, diibaratkan saja seperti manusia yang pasti pernah mengalami sakit dan tidak selamanya sehat terus.

Baca Juga : Penyebab Motor Vixion Mati Total Tidak Mau Hidup & Solusinya

Masalah yang sering dikeluhkan oleh pengendara motor adalah masalah motor yang yang satu ini, yaitu brebet.

Gejala brebet seperti ini sering dialami dan terjadi pada RPM rendah atau putaran bawah, tengah dan atas.

Masalah seperti ini bisa terjadi kapan saja dan dimanapun anda berada.

Apabila anda sering mengalami masalah brebet seperti ini dan bingung bagaimana cara untuk mengatasinya, maka sekarang anda sudah berada pada tempat yang yang tepat.

Karena pada postingan kali ini kami akan membahas mulai dari penyebab sampai cara mengatasinya motor brebet pada putaran bawah saat digas.

Langsung saja simak penjelasannya berikut.

Penyebab Motor Brebet Saat di Gas

Motor yang mengalami brebet atau tersendat pada saat digas, dan juga mesin mengalami kehilangan daya, masalah sperti ini biasanya terjadi karena sepeda motor tersebut jarang sekali dirawat dan diservis.

Penyebab sebenarnyA Motor Brebet Saat di Gas Putaran Bawah, Tengah, maupun atas biasanya ada sesuatu yang tidak beres yang terdapat pada sistem pengapian di bagian karburator.

Kalu sudah seperti ini tentu saja karburator sudah tidak normal lagi atau sudah tidak berfungsi dengan baik lagi.

Ada kemungkinan karburator pada motor anda kemasukan air pada saat anda sedang mencuci motor.

Penyebab lainnya bisa saja busi yang sudah aus, jadi silahkan anda cek komponen ini.

Komponen CDI dan Pulser pun bisa dapat mengakibatkan masalah brebet. Jadi, semua komponen tersebut harus anda cek satu persatu.

Itulah beberapa penyebab motor mngalami brebet saat digas pada putaran bawah, tengah dan atas.

Dan untuk cara mengatasinya sialakan anda baca penjelasan berikut ini.

Baca Juga : Cara Mengatasi Motor Yang Susah Hidup dengan Mudah

Cara Memperbaiki Motor Brebet Di Putaran Bawah

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah lakukan pengecekan terlebih dahulu terhadapat komponen busi. Biasanya busi sudah mulai aus.

Bisa juga businya kotor penuh lumpur, jika sperti itu langsung saja besihkan businya sampai benar-benar bersih.

Selanjutnya buang bensin yang ada pada karburator melalui lubang pembuangan dangan menggunakan obeng tanpa harus membongkar karburator.

Cara Perbaiki Motor Yang Brebet

Namun, cara ini akan sedikit susah untuk jenis motor matic, jadi anda bisa melakukannya dengan cara buang bensin melalui baut pembuangan yang berada di bagian bawah pada karburator.

Biasanya dengan cara membuang bensin pada karburator seperti ini, masalah brebet akan langsung hilang ketika bensin yang ada di karburator sudah terisi bensin yang baru.

Jika gejala brebet seperi ini dialami saat berada diperjalanan, maka coba mainkan gas sampai rpm tinggi.

Mudah-mudahan dengan cara seperi ini bisa kembali normal lagi dan anda bisa melanjutkan perjanan dengan nyaman dan tenang.

Baca Juga : Cara Membersihkan Radiator Motor Dengan Mudah

Jika dengan melakukan cara-cara diatas brebetnya masih belum hilang juga, coba ganti busi motor anda dengan yang baru.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa penyebabnya bisa saja busi tersebut sudah soak atau aus. Kemidian anda cek juga pada bagian kabel setrum koil. Ada kemungkinan pada socket yang longgar juga kerap menjadi masalah brebet di putaran atasnya.

Jika masih brebet juga, sekarang coba anda periksa ke bagian CDI nya, kemudian juga periksa komponen pengapian lainnya.

Bisa juga dengan membongkar karburator untuk dibersihkan kemungkinan pada komponen karburator seperti spuyer-spuyer lubangnya tertutup kotoran.

Apabila anda ingin membersihkan karburatornya juga, anda bisa membaca dan mengikuti tutorial cara membersihkan dan setting karburator yang baik dan benar.

Jika ditemukan air didalam karburator, sebaiknya anda melakukan pemeriksaan pada tangki bahan bakar motor anda.

Dan apabila tangki bahan bakar kemasukan air makan cara mengtasinyaadalah dengan cara menguras tangki motor tersebut agar air tidak masuk ke karburator lagi.

Artikel Lainnya :

Demikianlah artikel tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Brebet Saat di Gas pada Putaran Bawah, Tengah, Atas.

Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa baca-baca artikel menarik lainnya yang ada di blog ini ya.

Terimakasih telah berkunjung.

Categories Bengkel

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

AUTOMOTIFBLOG.COM
Terima kasih sudah memilih mengunjungi situs ini. Dapatkan berbagai macam informasi Tips & Trik Seputar dunia Otomotif. Semoga konten kami bisa bermanfaat.