Tips Memilih Oli Motor Matic Paling Bagus & Terbaik

Oli Motor Matic Paling Bagus & Terbaik Sepeda motor matic saat ini menjadi idola dibeberapa kalangan, tidak hanya kaum wanita saja ayng menggunakan sepeda motor ini, kebayakan laki-laki juga menggunakan sepeda motor jenis ini. Bahkan mereka memiliki komuitasnya.

Di Indonesia terdapat beberapa perusahaan yang memproduksi motor matic, seperti Honda, Yamaha, Suzuki yang dipasarkan untuk para konsumen di daerah-daerah yang ada di Indonesia.

Berbagai jenis dan tipe motor matic yang dipasarkan untuk para penggunanya semakin hari semakin bertambah jumlahnya.

Hal ini pasti akan berdampak juga pada pengguna oli motor matic yang semakin meningkat.

Oleh karena itu, sekarang ini sudah banyak produk oli motor matic yang memiliki kualitas terbaik yang bisa anda gunakan pada motor matic anda.

Baca Juga : Penyebab Oli Keluar Dari Selang Pernafasan Mesin & Cara Mengatasi

Bahan bakar merupakan cairan yang sangat penting guna menyalanya sebuah kendaraan bermotor. Namun, selain itu, sepeda motor juga tidak bisa lepas dari oli yang berfungsi sebagai cairan pelumas mesin.

Oli berfungsi sebagai cairan pelumas pada mesin sepeda motor, teutama pada bagian mesin-mesin yang berkaitan dengan gesekan dalam ruang mesin, mengurangi karat dan juga untuk melindungi wearing pada permukaan elemen.

Oleh karena itu, oli memiliki fungsi yang sangat penting untuk mesin sepeda motor.

Dengan adanya oli dalam mesin motor akan membuat kinerja mesin motor tersebut menjadi lebih optimal.

Di Indonesia sudah banyak beredar jenis oli motor matic yang memiliki kualitas terbaik yang sering digunakan oleh konsumennya.

Baca Juga : 5 Oli Terbaik Yang Bagus & Cocok Untuk Satria Fu Harian Serta Harganya

Kinerja mesin motor akan sangat tergantung terhadapa oli mesin. Oleh karena itu kita harus bisa memilih oli mesin yeng bagus dan tepat untuk motor matic yang kita gunakan.

Namun, sayangnya masih banyak orang ayng bekum tahu mengenai jenis oli apa yang seharusnya bagus dan cocok digunakan untuk motor maticnya.

Padahal salah dalam pemilihan oli motor akan berakibat yang urang baik pada mesin.

Rekomendasi Oli Paling Bagus & Terbaik untuk Motor Matic

oli motor matic paling bagus

Sekarang anda tidak perlu bingung lagi untuk membeli dan memilih Oli Paling Bagus untuk Motor Matic anda. Karena banyak sekali toko-toko atau bengkel resmi yang menjual oli tersebut.

Agar semakin memudahkan anda untuk Oli Motor Matic Paling Bagus, berikut kami rekomendasikan beberapa merk Oli Motor Matic Paling Bagus yang bisa anda gunakan.

  1. Motul Scooter Expert (Rp. 200.000)
  2. Motul Scooter biasa (Rp. 150.000)
  3. Shell AX7 Scooter (RP. 42.000)
  4. Castrol POWER1 SCOOTER 4T
  5. Repsol Moto Scooter 4T 5W40
  6. BM1 PC 1100 (Rp. 50.000)
  7. Pertamina Enduro matic
  8. Oli Yamalube Matic
  9. Yamalube Power Matic
  10. AHM Oil SPX 2
  11. SGO 4T Scooter Matic SAE 10W-40

Tips Memilih Oli Motor Matic Paling Bagus & Terbaik

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk memilih oli motor matic yang paling bagus dan memiliki kualitas yang terbaik, berikut penjelasannya :

Memiliki Kekentalan yang Sesuai

Pemakaian oli pada motor matic harus menyesuaikan dengan spesifikasi mesin dan perhatikan kekentalan oli motor.

Penggunaan oli pada mesin motor matic harus menyesuaikan dengan jenis dan spesifikasi mesin, perhatikan kekentalan oli motor matic yang akan digunakan.

Oli yang digunakan untuk Motor matic harus memiliki kekentalan yang pas dan harus memiliki sertifikat dari API (American Petroleum Institute) SL, tipe motor API SL ini adalah oli yang paling terbaik.

Oli Harus Memiliki Standar

Oli atau pelumas juga memiliki sertifikat international, sertifikat tersebut ada 2 yaitu API dan JASO.

API (American Petroleum Institute) adalah sebuah lembaga yang berada di Eropa dan Amerika yang berperan penting dalam menguji oli apakah berkualitas atau tidak.

JASO (Japanese Automotive Standard Association) adalah sebuah lembaga yang berasal dari Jepang yang memiliki hak untuk meguji kualias serta daya tahan oli.

JASO juga memiliki beberapa standar misalnya saja seperti JASO MB, JASO MA dan JASO MA2.

JASO MA

Yang disebut dengan JASO MA adalah bahwa oli yang sudah diteliti spesifikasinya untuk sepeda motor dengan sistem kopling basah (di dalam oli).

Selain JASO MA & MA1, saat ini sudah ada yang terbaru lagi yaitu JASO MA2. Artinya bahwa semakin tinggi kode pada MA tersebut maka akan semakin baik kualitasnya.

JASO MB

Jaso MB merupakan standar oli yang khusus untuk motor skutik dengan transmisi CVT. Pada motor tipe ini menggunakan sistem kopling kering.

Apabila anda melihat atau menemui oli dengan standar JASO MA dan JASO MB sebaiknya jangan anda gunakan utuk mesin motor anda. 

Sebaiknya gunakan MA atau MB nya ada angka, semakin tinggi angka yang tertera maka akan semakin baik.

Artikel Lainnya :

Demikaianlah penjelasan mengenai Tips Memilih Oli Motor Matic Paling Bagus & Terbaik yang bisa kami bagikan untuk anda.

Semoga dengan adanya penjelasan diatas dapat mejadi referensi ketika anda akan memilih oli terbaik untuk motor kesayangan anda. Terimkasih telah berkunjung.

Categories Motor

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

AUTOMOTIFBLOG.COM
Terima kasih sudah memilih mengunjungi situs ini. Dapatkan berbagai macam informasi Tips & Trik Seputar dunia Otomotif. Semoga konten kami bisa bermanfaat.