Rama Putra Satu dari jutaan orang yang juga hobi naik motor sore sore, jalan santai, sesekali ngegas dan hobi menulis lewat blog ini. https://www.facebook.com/ramaputraskom/

Cara Pasang CDI RC Ke Motor RX King

Pasang CDI RC Ke Motor RX King Tidak dapat dipungkiri, hingga saat ini motor RX king tetap menjadi pujaan dan banyak yang berlomba memilikinya. Meskipun Motor RX king adalah motor pujaan kamu pria di beberapa tahun yang lalu.

Untuk mengupgrade performa motor ini pun dilakukan berbagai cara yang dan membutuhkan banyak dana.

Apakah pengapian di RX King dapat dirubah dan mengubah performa motor? Tentu bisa. Salah satu caranya adalah dengan memasang CDI RC ke motor RX King.

Pengapian yang baik dipercaya oleh para pecinta motor akan membuat penampilan motor lebih kekinian dan tentunya lebih cepat saat berkendara.

Namun, jika tidak memahami cara membuatnya menjadi lebih baik, dana yang dikeluarkan akan lebih mahal.

Tentunya hal ini tidak disukai oleh para pecinta motor dengan modal minim. Adakah solusi mengatasi hal tersebut? Tentunya dan jawabannya akan diketahui sesaat lagi.

 

Cara Pasang CDI RC Ke Motor RX King Mudah, Murah dan Cepat
Cara Pasang CDI RC Ke Motor RX King

Cara yang akan dijelaskan sesaat lagi, cukup mudah untuk dilakukan. Jadi anda dapat menerapkannya setelah peralatan dan bahan disiapka. Berikut informasinya.

1. Cabut Kabel CDI

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah potong atau cabut kabel CDI yang ada. Artinya, potong kabel CDI yang sudah ada pada motor.

Potong kabel tersebut dengan mengarah pada coil, pastikan untuk memperhatikannya. Karena warna kabel yang tersedia pada setiap pabrikan motor berbeda-beda. Karenanya, penting untuk mengecek ketersediaannya.

 

2. Sambungan Kabel CDI RC

Sudah menjalankan langkah pertama? Waktunya melanjutkan dengan sambungkan kabel pada CDI RC yang tersedia.

Untuk menyambungkannya, anda harus memperhatikan setiap kabel masing-masing. Sehingga tidak terjadi korsleting listrik selama kabel di pasangan atau motor digunakan.

Perhatikan, untuk menyambungkan kabel CDI RC di kabel in atau masuk.

 

3. Pasang Kabel Massa Body

Waktunya melanjutkan ke langkah berikutnya, yaitu memasangkan kabel massa body. Massa body yang sudah disiapkan tersedia pada kabel CDI RC.

Pasangkan kabel-kabel tersebut pada body rangka. Jika sudah, tambahkan pemasangan baut sehingga kabel dan rangka body dapat terpasang dengan kencang. Jika kurang kencang hal ini dapat berdampak pada performa motor.

 

4. Sambungkan Kabel Out

Kabel in yang sudah tersedia sudah terpasang dengan benar. Waktunya menyambungkan kabel in pada tempat yang tepat.

Tempat yang dimaksud adalah sambungkan CDI RC ke coil yang tersedia. Perlu diingat, bahwa sebelum disambungkan, penting untuk memperhatikan warna masing-masing kabel. Sehingga tidak terjadi kesalahan saat keduanya disambungkan.

 

5. Stater Motor

Langkah-langkah yang anda lakukan sebenarnya sudah selesai. Namun sebagai penutup, cobalah untuk menguji kabel yang tersedia.

Caranya, arahkan kabel coil ke busi (caranya dekatkan ke body motor). Jika sudah waktunya melakukan stater pada motor dan lihat keberhasilan dari cara yang telah dijelaskan.

Tidak semua starter motor aka sehat terus adakalanya aan mengalami kerusakan, untuk mengetahui penyebab dan solusi menanganinya silakan baca Ciri-ciri Kul Starter Mati dan Cara Mengatasi.

 

Catatan

  • Cara ini perlu diperhatikan keberhasilannya, karena cara ini telah dicoba pada motor AC. Sedangkan pada motor DC, belum pernah dilakukan percobaan. Jika anda berhasil saat menggunakan motor DC, maka cara ini dapat digunakan untuk kedua jenis motor. Sedangkan jika tidak cobalah untuk mencari cara lain melalui tutorial video.
  • Siapkan dana yang besar untuk anda yang ingin mencoba cara ini. Karena untuk membeli bahan saja dibutuhkan dana hingga Rp 200.000. Jika ingin mencari harga yang lebih murah, cobalah mencari di toko sparepart terdekat yang sudah merupakan langganan.
  • Jika mengalami kegagalan dengan cara pasang CDI RC ke motor RX King maka waktunya untuk mengakhiri usaha. Karena jika dipaksakan dapat berakibat buruk untuk motor dan dapat merembet ke sparepart-sparepart motor lainnya. Sebaiknya gunakana jasa service untuk membantu anda menyelesaikan masalah tersebut.
  • Terdapat beberapa efek yang terjadi jika cara ini dijalankan. Jika tidak terlalu berpengaruh pada motor, maka tidak masalah. Jika berkelanjutan, sebaiknya hentikan penggunaan.

 

Settingan oli samping pada motor RX King juga akan berpengaruh terhadap performa motor ini. Apabila anda menginkan RX King memiliki performa yang kencang namun tetap irit, maka anda harus mengikuti Cara Menyetel Oli Samping Rx King Agar Lebih Irit & Bertenaga.

 

Itulah tadi beberapa cara yang dapat anda jalankan untuk menggunakan CDI RC pada motor RX King. Sedangkan dampak-dampak yang terjadi saat cara pasang CDI RC ke motor RX king ini dijalankan. Karenanya penting memperhatikan kesiapan motor.

Loading...
Rama Putra
Rama Putra Satu dari jutaan orang yang juga hobi naik motor sore sore, jalan santai, sesekali ngegas dan hobi menulis lewat blog ini. https://www.facebook.com/ramaputraskom/