5 Penyebab Lampu Motor Mati Semua

Penyebab Lampu Motor Mati Lampu merupakan salah satu komponen terpenting pada sepeda motor. Hal ini karena jika sebuah motor tidak memiliki penerangan berupa lampu, maka akan kesulitan dan berbahaya jika berkendara pada malam hari.

Bukan hanya itu, saat ini aturan dari kepolisian juga mengatakan bahwa pagi, sore, siang, ataupun malam hari setiap pengendara bermotor harus menyalakan lampu utamanya.

Pastinya sangat merepotkan jika sepeda motor yang dikendarai tidak bisa dinyalakan atau mati.

Oleh karena itu, alangkah baiknya jika Anda mengetahui penyebab lampu motor mati semua serta cara memperbaikinya.

Baca Juga : Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang dengan Dioda

5 Penyebab Lampu Motor Mati Semua Serta Cara Menanganinya

Gejala lampu mati pada sebuah kendaraan bermotor biasanya terjadi di putaran rpm ketika motor digeber.

Gejala yang sering terjadi ini, menandakan bahwa banyak komponen sepeda motor sudah terlalu lemah sehingga daya listrik yang masuk pada lampu tidak stabil lagi layaknya pada kondisi normal.

Sedangkan untuk penyebab lampu motor mati semua yang biasa terjadi adalah sebagai berikut.

1. Spull Penerangan Eror

Spull penerangan yang eror dapat menyebabkan semua lampu pada sepeda motor mati. Dalam hal ini, spull penerangan sudah tidak bisa berfungsi secara normal sehingga membuat arus listrik yang menuju ke kiprok tidak sesuai dengan standar.

Cara untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan menggulung ulang spull. Jika Anda merasa kesulitan dalam menggulung ulang spull, maka dapat menggantinya dengan spull baru.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Spul Motor Rusak

2. Gangguan Pada Soket

Gangguan yang biasanya terjadi pada soket adalah banyaknya kotoran menempel di ujung soket tersebut.

Selain itu, pemasangan soket yang tidak sempurna juga dapat menjadi penyebab tidak mau menyalanya lampu motor.

Untuk itu, pastikan pemasangan soket ini dilakukan dengan benar sehingga setiap lampu pada sepeda motor dapat menyala.

3. Kiprok Telah Rusak

Kiprok Telah Rusak

Kiprok berfungsi sebagai pengarah tegangan yang berasal dari spull dan membatasi besaran tegangan menuju aki dan sistem kelistrikan sepeda motor.

Ketika kiprok rusak, maka akan menyebabkan arus listrik yang menuju ke lampu terlalu berlebihan sehingga lampu menjadi panas dan putus.

Apabila Anda sudah memastikan jika penyebab lampu motor mati semua adalah kiprok yang rusak, maka tidak ada cara lain selain mengganti kiprok tersebut dengan yang baru.

4. Massa Pada Kiprok Kurang

Dalam sistem penerangan, selain berfungsi sebagai pengubah dari arus DC menjadi arus AC untuk pengisian baterai, kiprok juga memiliki fungsi dalam membatasi tegangan yang dikeluarkan oleh spull.

Namun jika terjadi masalah dalam fungsi kiprok berupa massanya yang kurang, semua lampu pada motor akan meredup bahkan tidak bisa menyala.

Cara untuk mengatasinya yaitu dengan mengecek kabel berwarna hitam yang menuju ke rangkaian lampu. Kemudian cek baut pengikat kiprok dan periksa dari korosinya.

5. Plastik Konektor Meleleh

Plastik konektor pada lampu dapat meleleh karena kepanasan sehingga menyebabkan korsleting dan membuat sekring pada lampu utama putus, bahkan semua lampu menjadi mati.

Untuk itu, pastikan Anda menggunakan plastik konektor lampu yang berkualitas. Namun selain itu, hal yang juga perlu untuk diperhatikan adalah kiprok atau regulator rectifier.

Jika tegangan listrik yang dikeluarkan terlalu besar, maka besar kemungkinan plastik konektor tersebut menjadi leleh.

Artikel lainnya :

Itulah beberapa hal sering menjadi penyebab lampu motor mati semua dan juga solusi untuk mengatasinya.

Setelah mengetahui dan memahami beberapa hal diatas, tentunya jika lampu motor Anda mati tidak perlu terburu-buru memasukannya ke bengkel.

Categories Bengkel

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

AUTOMOTIFBLOG.COM
Terima kasih sudah memilih mengunjungi situs ini. Dapatkan berbagai macam informasi Tips & Trik Seputar dunia Otomotif. Semoga konten kami bisa bermanfaat.