5 Masalah Penyebab Mesin Motor Cepat Panas

Penyebab Mesin Motor Cepat Panas Setiap orang biasanya memiliki motor yang digunakan untuk beraktivitas sehari-hari. Ada juga yang memiliki motor tipe khusus untuk dikoleksi.

Apapun tujuannya, pemilik awal harus memahami kondisi yang terjadi pada mesin. Adanya keanehan akan sangat terasa meskipun permasalahannya kecil.

Masalah ini sebaiknya segera diatasi agar tidak memperparah kondisi motor. Masalah pada motor misalnya suhu mesin motor meningkat yang menjadi penyebab mesin motor cepat panas.

5 Masalah Penyebab Mesin Motor Cepat Panas

5 Masalah Penyebab Mesin Motor Cepat Panas

Mesin motor yang panas bisa dengan mudah dikenali karena akan terasa ketika pemilik motor menggunakan motornya.

Mesin motor yang cepat panas dikenal sebagai overheat. Ketika mesin motor kepanasan, motor akan mengeluarkan bau seperti karet dipanaskan.

Mesin yang panas diduga ada permasalahan yang tidak beres yang diikuti dengan suara mesin yang kasar dan tidak wajar.

Untuk mengatasinya, terlebih dulu pemilik motor memahami penyebabnya. Berikut adalah penyebab mesin motor cepat panas.

Sumber Permasalahan Penyebab Mesin Motor Cepat Panas, adalah sebagai berikut.

Baca Juga : Cara Menyeting Karburator Motor Matic Mio Agar Irit

1. Oli Mesin Tidak Cocok

Oli Mesin Tidak Cocok

Standar oli untuk mesin bisa berbeda. Dari pabrik motor biasanya sudah merekomendasikan oli yang sebaiknya digunakan. Rekomendasi ini bukan berarti tanpa dasar.

Pabrik memiliki spesifikasi sendiri terkait oli yang digunakan untuk motor yang diproduksinya. Pemilik motor bisa mengganti oli yang direkomendasikan pabrik asalkan spesifikasinya sama.

Selain itu, hati-hati dalam membeli oli apalagi yang bukan dari dealer. Oli oplosan masih beredar dan jika digunakan di motor akan membuat mesin kepanasan.

Oli yang tidak cocok akan meningkatkan gesekan antar komponen mesin sehingga mesin lebih cepat panas. Oleh sebab itu anda harus menggunakan Oli Terbaik Yang Bagus & Cocok Untuk Harian.

2. Kondisi Busi

Kondisi Busi

Salah satu penyebab mesin motor cepat panas adalah busi yang digunakan sudah aus. Keausan busi menyebabkan percikan api tidak besar dan tidak stabil.

Selain itu, posisi busi yang terlalu rapat atau renggang dapat menyebabkan pengapian buruk.

Normalnya, kerenggangan kutub busi adalah 3 mm. Jika mesin panas disertai suara mesin yang kasar, periksa terlebih dulu bagian businya.

Penyebab lain adalah penggunaan busi yang tidak sesuai rekomendasi yang mengakibatkan pembakaran tidak sempurna. Jika pemilik motor memodifikasi motornya, jangan ubah busi motor.

3. Proses Pembakaran Tidak Tepat

Pembakaran terjadi di bagian mesin saat menyala. Jika pembakaran mesin tidak tepat, mesin motor akan lebih cepat.

Penyebab proses pembakaran tidak tepat disebabkan oleh waktu pengapian tidak sesuai, bahan bakar mesin tidak sesuai standar, atau penyetelan skep dan angin karburator yang tidak tepat.

4. Penyetelan Celah Katup Tidak Sesuai

Celah katup pada mesin diatur agar tepat dan sesuai standar. Keausan bisa menyebabkan celah katup berubah sendiri.

Jika celah katup tidak sesuai, asupan bahan bakar mesin akan tidak sesuai. Akibatnya, mesin motor akan cepat panas. Keausan ini bisa merembet dan memperparah kondisi motor.

Oleh karena itu, untuk mengatasi salah satu penyebab mesin motor cepat panas ini adalah dengan rutin menyervis motor agar mesin di-tune up.

5. Piston Aus

Piston Aus

Piston merupakan mesin yang mengubah bahan bakar mesin menjadi energi untuk menggerakkan sepeda motor. Piston bisa menjadi aus karena terjadi penumpukan kerak di bagian blok silinder.

Keausan piston akan menyebabkan mesin motor mengalami overheat. Tanda-tanda piston sudah aus adalah knalpot akan mengeluarkan asap putih.

Artikel Lainnya :

Suhu mesin motor normalnya adalah 85 derajat Celcius. Jika suhu mesin motor lebih dari itu, maka panasnya akan sangat terasa jika pemilik motor memegang motornya.

Untuk mencegah permasalahan yang menjadi penyebab mesin motor cepat panas, pemilik motor harus rajin memeriksakan kondisi motornya.

Itulah tadi ulasan mengenai Penyebab Mesin Motor Cepat Panas yang bisa admin bagikan untuk anda. jangan lupa untuk kunjungi IDmotoblog untuk update tutorial seputar otomotif lainnya. Terimkasih telah berkunjung.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

AUTOMOTIFBLOG.COM
Terima kasih sudah memilih mengunjungi situs ini. Dapatkan berbagai macam informasi Tips & Trik Seputar dunia Otomotif. Semoga konten kami bisa bermanfaat.