Penyebab Motor Yamaha Mio Susah Hidup

Automotifblog.com – MIO merupakan sepeda motor matic keluaran Yamaha yang bisa dibilang motor matic paling laris dan paling banyak peminatnya dikalangan pecinta motor matic.

Yamaha Mio memiliki tampilan yang sangat menarik dan juga elegan, sehingga membuat para pecinta motor matic menyukai motor ini dan ingin memiliki serta menggunakannya untuk menunjang egiatan sehari-harinya.

Untuk tipe motor matic seperti ini biasanya memang terdapat kendala, contohnya saja bisa mendadak mati dan susah sekali untuk dihidupkan lagi.

Tentu saja hal seperti ini sangat menjengkelkan terlebih lagi ika sedang asik-asiknya mengendarai motor Yamaha Mio tiba-tiba spedometer bensin turun menunjukkan tanda bahwa bensin habis dan minta segera untuk diisi.

Bahkan setelah mengisi bensin atau bahan bakar, ketika motor dihidupkan (distarter ataupun diengkol) motor tetap saja tisak mau menyala.

Hal seperti ini memang sering kali terjadi pada Yamaha Mio yang kehabisan bensin. Selain itu mio sporty susah hidup saat mesin masih dingin.

Penyebab Motor Mio Susah Hidup & Cara Memperbaikinya

Penyebab Motor Yamaha Mio Susah Hidup & Cara Mengatasinya

Ketika mesin Yamaha Mio mendadak mati dan sulit untuk dihidupkan kembali, bisanaya terjadi kebocoran kompresi.

Kebocoran kompresi terjadi karena komponen pada mesin yang sudah rusak seperti ring piston dan klep.

Cara Mengatasi Motor Mio Susah di Hidupkan

  1. Untuk Yamaha Mio dengan kondisi baru, namun terdapat masalah kerusakan pada komponen-komponen seperti klep dan ring piston, maka hal ini dapat diatasi dengan cara mendiamkan motor tersebut selama kurang lebih 5 menit. Kamudian setelah itu, baru bisa dihidupkan menggunakan starter ataupun kickstarter. Hal ini biasanya akan membuat mmotor nyala kembali.
  2. Untuk Yamaha Mio yang mengalami kerusakan parah pada komponennya seperti ring piston dan klep, juga masih bisa diatasi, namun dengan cara yang berbeda. Caraya adalah dengan gas motor dibuka penuh kemudian sambil diselah atau diengkol. Jika suara mesinnya sudah nyala, maka biarkan terlebih dahulu kondisi gas tetap dibuka penuh sehingga suara mesinnya meraung.
  3. Faktor yang menyebabkan motor Mio mati biasanya terjadi penyempitan pada ring seher. Solusinya adalah dengan memasukkan oli melalui lubang busi secukupnya, kemudian engkol kickstarternya tetapi kontak dalam konsisi Off. Setelah dikira cukup putar kontak dalam posisi On kemudian nyalakan sepeda motornya.
  4. Jika kerusakan pada motor mio terbilang parah dan 2 komponen tersebut tidak bisadiakali, berarti motor tersebut sudah minta untuk diperbaiki pada kedua komponen itu, untuk lebih amannya silakan bawa kebengkel atau dealer resmi Yamaha.

Artikel lainnya :

Demikian penjelasan informasi mengenai Penyebab Motor Yamaha Mio mati total dan tips cara mengatasiya.

Untuk menghadapi masalah tersebut mungkin tips diatas dan dapat menjadi solusi bagi anda. Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk anda. Terimakasih telah berkunjung.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

AUTOMOTIFBLOG.COM
Terima kasih sudah memilih mengunjungi situs ini. Dapatkan berbagai macam informasi Tips & Trik Seputar dunia Otomotif. Semoga konten kami bisa bermanfaat.