Cara Mengetahui Pompa Bensin (Fuel Pump) Rusak

Cara Mengetahui Pompa Bensin (Fuel Pump) Rusak – Pompa bensin atau sering disebut juga dengan Fuel Pump merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada sepeda motor. Fuel Pump dibilang sangat penting.

Karena pompa bensin ini adalah salah satu komponen yang mengalirkan dan memompa bensin dari tangki bensin menuju karburator.

Fuel Pump atau pompa bensin banyak di pakai di beberapa jenis kendaraan seperti mobil dan motor. Namun, untuk penjelasan kali ini kami akan membahas fuel pump yang terdapat pada mobil saja.

Ternyata masih banyak juga pengguna mobil yang masih mengenyampingkan untuk melirik komponen yang satu ini.

Namun, jika terjadi trouble, maka bisa dipastikan bahwa anda sebagai pengguna mobil akan dibuat panik karena mesin brebet, tidak bertenaga bahkan bisa mati tiba-tiba saat sedang berjalan.

Permasalahan atau kendala yang muncul pada fuel pump sangat beragam, mulai dari kondisi fuel pump yang sudah lemah sampai mati total.

Sebelum mengalami mati total, sebenarnya fuel pump bisa diprediksi, agar mobil tidak mengalami mogok ditengah jalan.

Cara Mengetahui Pompa Bensin (Fuel Pump) Rusak

Cara Mengetahui Pompa Bensin (Fuel Pump) Rusak Serta Solusi Mengatasinya

Berikut ini ada beberapa ciri-ciri fuel pump yang sudah lemah dan berakibat mati total.

Ciri Ciri Fuel Pump Rusak

Hal pertama kali yang harus anda lakukan agar mobil anda tidak mogok gara-gara fuel pump atau pompa bensin, anda bisa dengan mudah merasakan performa mesinnya. Apakah performanya menurun?

Performa mesin menurun yang disebabkan oleh fuel pump biasanya mobil akan susah untuk di starter, brebet saat digas dan bisa jadi akan maengalami mati total saat di bawa jalan.

Cara Memperbaiki Pompa Bensin Rusak

Cek Suara Dengung Didalam Tangki

Cara Mengetahui Pompa Bensin (Fuel Pump) Rusak Serta Solusi Mengatasinya

Apabila mobil anda mengalami maslah seperti yang disebutkan diatas, coba anda cek dengan cara membuka tutup tangki bensin mobil anda.

Kemudian putar kontak pada posisi ON. Apabila terdengar suara dengung yang keluar dari dalam tangki tersebut, maka bisa dipastikan fuel pump mobila anda sudah lemah atau bahkan malah mati.

Namun, perlu anda ketahui juga terlebih dahulu, jangan langsul asal mengganti fuel pump dengan yang baru.

Karena belum tentu fuel pump tersebut mengalami mati total. Bisa saja hanya skring pada fuel pump nya yang mati.

Cek Sekring Fuel Pump

Cek Sekring Fuel Pump

Cek terlebih dahulu sekring pompa bensin pada mobil anda. Skring fuel pump atau pompa bensin biasanya terletak didalam bagian depan kap mesin.

Skring ini biasanya menyatu dengan beberapa skring yang lainnya, misalnya seperti sekring lampu, starter dan skring yang lainnya.

Coba anda cabut dan cek satu persatu skring yang ada dalam box skring. Apabila da yang putus atau terbakar, maka bisa dipastikan itu adalah skring fuel pump yang sedang bermasalah.

Jika demikian, berati anda tidak perlu untuk membuka tangki dan mengganti pompa bensinnya.

Cukup dengan mengganti pompa bensin tersebut, dan kemudian dengarkan kembali melalui tangki tersebut, apakah masih ada suara dengung dari dalam tangki setelah anda m,engganti skring fuel pump nya.

Semprotkan Carbu Cleaner Pada Karburator Atau Ijeksi

Semprotkan Carbu Cleaner Pada Karburator Atau Ijeksi

Cara terakhir untuk memastikan fuel pump masih bagus atau tidak, yang harus anda lakukan adalah bisa dengan menyemprotkan karbu cleaner pada injeksi atau karburator mobil anda.

Semprotkan beberapa kali kaerbu cleanernya sambil digas, kemudian lepaskan gas apakah mobil anda mati atau tidak.

Apabila mobil anda langsung mati setelah disemprotkan karbu cleanernya, maka sudah bisa ditebak bahwa fuel pump atau pompa bensin sudah melamah.

Jika seperti ini berarti sudah waktunya anda untuk mengganti full pump dengan perangkat yang lebih baru, agar mobil anda tidak kehilangan performa dan mogok pada saat dipakai berkendara.

Demikian lah penjelasan mengenai cara mengetahui pompa bensin (Fuel Pump) yang rusak beserta solusi mengatasinya.

Semoga penjelasan diatas bisa bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan anda dalm dunia otomotif. Silakan dicoba dan terimakasih telah berkunjung.

Yakin Nggak Mau Komen ?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.