Ciri-Ciri Segitiga Motor Bermasalah

Segitiga Motor BermasalahSepeda motor merupakan salah satu kendaraan yang paling banyak diminati. Perawatan kendaraan ini juga harus dilakukan secara rutin dan berkala.

Saat berkendara terkadang kita menemukan beberapa kejanggalan di sepeda motor yang sedang kita kendarai.

Diantara kejanggalan tersebut ternyata karena segitiga motor kita bermasalah. Ciri-ciri segitiga motor bermasalah sebenarnya sangat mudah dikenali.

Walaupun bagi pengendara awam sekalipun. Berikut akan dijelaskan beberapa ciri segitiga motor yang bermasalah.

6 Cara Mudah Kenali Ciri-ciri Segitiga motor Bermasalah

Ciri - ciri Segitiga Motor Bermasala

1. Kemudi motor yang berat

Ciri pertama yang paling mudah untuk dikenali ialah beratnya stir motor yang sedang kita gunakan. Berat disini maksudnya setir kendaraan motor kita terasa lebih berat untuk dikemudikan dari biasanya.

Khususnya saat berbelok, baik ke arah kanan maupun kiri. Hal ini bisa saja terjadi karena steel ball yang sudah rusak, atau terlalu kencang dalam memasang mur steering handle.

Kondisi seperti ini tentunya sangat menyulitkan pengendara saat berkendara. Karena tak jarang sebagian orang mengalami kecelakaan karena hal ini.

2. Kemudi motor mengalami getaran hebat

Getaran yang dialami disini merupakan salah satu tanda bahwa segitiga motor yang ada di motor kita mengalami masalah.

Kondisi semacam ini dapat kita rasakan, khususnya saat melewati jalanan yang terjal. Oleh sebab itu, jika kita sudah merasakan hal ini ada baiknya menepi terlebih dahulu dan mengecek keadaan motor kita khususnya di bagian segitiga motor.

3. Kemudi motor tak terkendali

Nah, ciri-ciri segitiga motor bermasalah yang paling dapat kita rasakan sebenarnya adalah kemudi motor kita yang berubah menjadi tak terkendali.

Apalagi saat hendak berbelok, kemudi kita terkadang malah tidak dapat diajak kompromi. Hal ini tentu akan mengganggu kenyamanan kita saat berkendara.

4. Terdengar suara aneh

Suara aneh ini dapat kita dengarkan saat segitiga motor kita bermasalah. Biasanya berupa suara kasar yang tidak akan kita jumpai saat kondisi segitiga motor kita dalam posisi stabil.

Walau terkesan sepele namun suara aneh ini tidak dapat kita hiraukan begitu saja. Bisa saja suara itu merupakan salah satu pertanda segitiga motor kita sedang dalam masalah.

5. Kemudi motor yang oblak

Pelor bearing biasanya akan mengalami keausan saat segitiga motor kita bermasalah. Akibatnya bearing akan mengalami kelonggaran yang berdampak pada goyangnya kemudi motor kita.

Kemudi motor menjadi tidak dapat berdiri kokoh pada dudukannya. Karena hal tersebut, maka kemudi akan mengalami oblak.

6. Rem mendadak blong

Ciri-ciri segitiga motor bermasalah yang terakhir adalah rem motor yang mendadak blong. Rem motor yang blong biasanya terjadi akibat terdapat masalah pada segitiga motor kita.

Dampaknya adalah akan terjadi jarak saat kita menggunakan rem depan. Hal ini akan sangat merepotkan disaat kita sedang berkendara.

Terlebih saat kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi. Saat mengalami rem blong, hal utama yang harus kita lakukan adalah mengendalikan diri dan tidak panik.

Kita dapat langsung menekan bel motor dan mengisyaratkan bahwa rem kendaraan kita sedang blong. Hal ini dilakukan guna memberi tahu pengendara lain jika kita sedang dalam masalah.

Artikel lainnya :

Uraian diatas merupakan ciri-ciri segitiga motor bermasalah yang dapat kita kenali dengan mudah. Ada baiknya kita melakukan servis secara rutin terhadap kendaraan bermotor kita.

Salah satu tujuannya adalah agar kita terhindar dari masalah-masalah seperti di atas dan tentunya untuk menambah kenyamanan saat kita berkendara. Semoga bermanfaat.

Categories Motor

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

AUTOMOTIFBLOG.COM
Terima kasih sudah memilih mengunjungi situs ini. Dapatkan berbagai macam informasi Tips & Trik Seputar dunia Otomotif. Semoga konten kami bisa bermanfaat.