Penyebab Setelan Angin Karburator Tidak Berfungsi

Karburator merupakan salah satu komponen pembakaran pada mesin motor yang menurut saya memerlukan perhatian khusus dan butuh perawatan secara berkala. Karburator berfungsi dalam pencampuran bahan bakar dan udara yang nantinya akan diproses dalam pembakaran.

Tidak selamanya bensin yang masuk kedalam tanki motor itu dipastikan bersih tanpa partikel berbahaya misalnya debu.

Jika sampai pada akhirnya karburator sudah terlalu kotor bisa menyebabkan mesin tidak bisa hidup dengan lancar atau brebet misalnya.

Jika anda mau bereksperimen anda bisa saja melakukan bersih bersih atau perbaikan secara mandiri. Namun ada kalanya kendala teknis ketika akan melakukan setting pada karburator.

Misalnya saja setelan angin di karburator tidak berfungsi walau sudah diulik. Berikut ini saya berbagi beberapa kemungkinan penyebabnya.

Penyebab Setelan Angin Karburator Tidak Berfungsi

Terdapat beeberapa masalah penyebab kenapa stelan angin pada karburator motor tidak berfungsi diantaranya adalah sebagai berikut :

Ganti Sil Karet Sekrup Angin

Ganti Sil Karet Sekrup Angin

Lakukan cek pada sil karet sekrup putaran angin di karburator. Sil karet ini berfungsi membuat setelan angin tidak kacau atau ada angin yang keluar. Faktanya sil karet ini memang ada masa pakainya.

Di usia tahunan fungsi karet ini semakin menurun. Masalahnya anda tidak bisa membeli hanya sil karetnya saja. Namun harus membeli repair kit karburator sekalian.

Baca Juga : Fungsi Komponen dan Cara Kerja Karburator Motor

Cek Per Skrup Angin

Cek Per Skrup Angin

Per pada setelan angin di karburator berfungsi untuk mendorong kembali sekrup ketika dikendurkan. Lakukan penggantian per jika daya dorongnya sudah menurun.

Baut Drat Dol

Baut Drat Dol

Jika karburator terlalu sering dibongkar pasang maka itu menyebabnya drat pada setiap bautnya mengalami kerusakan sedikit demi sedikit hingga akhirnya dol.

Tak terkecuali pada setelan angin karburatornya. Silahkan dicek apakah drat untuk baut setelan angin masih bagus atau sudah dol.

Nah itulah beberapa kemungkinan penyebab dari setelan angin karburator tidak berfungsi atau rusak. Pembakaran yang baik memerlukan udara, bensin, dan api.

Jadi jika mesin motor anda tidak berfungsi dengan baik bisa cek alur dari pembakaran mesin apakah ada kendala dimana salah satunya adalah setelan angin di karburator.

Apakah sudah di setting dengan baik sesuai kebutuhan mesin. Karena setiap mesin memiliki karakteristik dan kebutuhan angin yang berbeda beda.

Yakin Nggak Mau Komen ?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.