Cara Membedakan Sparepart Motor Honda Asli dan Palsu

Kendaraan bermotor menjadi alat transportasi yang sering digunakan karena lebih cepat dan mudah digunakan. Ada saatnya spare part motor perlu diganti entah karena rusak atau memang sudah waktunya untuk diganti.

Pemilik motor bisa mengganti beberapa part tertentu sendiri tanpa perlu dibawa ke servis. Hal yang perlu diperhatikan adalah orisinalitasnya.

Motor Honda adalah motor yang sering digunakan oleh masyarakat. Beberapa pihak tidak bertanggung jawab memanfaatkan ini untuk menjual part Honda palsu.

Agar tidak terjerumus, pemilik motor perlu tahu cara membedakan part Honda asli dan palsu.

Cara Membedakan Sparepart Motor Honda Asli dan Palsu

Cara Membedakan Sparepart Motor Honda Asli dan Palsu 

Part motor yang dijual di pasaran sangat banyak. Tidak hanya dealer resmi yang menjual, tetapi juga tukang servis mandiri atau toko otomotif menjual berbagai part Honda.

Para penjual ini terkadang juga tidak tahu bahwa part yang dijual adalah palsu. Secara visual, bentuk part Honda asli dan palsu terlihat mirip.

Pemilik motor harus bisa melindungi dirinya sendiri dari pemalsuan yang ada. Untuk pemilik motor yang sudah berpengalaman mungkin bisa terhindar dari part Honda palsu.

Namun bagi pemilik motor yang masih awam, pasti kesusahan untuk membedakan antara part asli dan palsu. Berikut adalah cara membedakan part Honda asli dan palsu.

5 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Cara Membedakan Part Honda Asli dan Palsu, adalah sebagai berikut :

Baca Juga : Letak Nomor Mesin & Nomor Rangka Motor Honda Terlengkap

1. Mencocokkan Part Number

cocokkan Part Number

Nomor yang dibuat oleh pabrik motor tidak dibuat tanpa tujuan. Nomor ini bisa menjadi identitas dari sebuah part. Pembuatan nomor juga tidak sembarangan.

Penyusunan nomor ini menunjukkan kode dari part yang diproduksi. Pemilik motor bisa mencocokkan nomor part Honda yang dibeli dengan nomor part Honda yang ada di katalog.

Jika berbeda, coba tanyakan kepada penjual part tersebut atau lebih amannya urungkan niat untuk membeli part Honda tersebut.

2. Mengamati Harga Jual

Harga jual bisa dijadikan cara membedakan part Honda asli dan palsu. Biasanya pemilik motor lebih memilih part Honda yang dijual dengan murah. Harga murah akan menarik para pemilik motor untuk membeli part Honda yang dijual.

Harga yang murah akan memangkas total pengeluaran perawatan motor. Namun, harga yang terlalu murah perlu diwaspadai.

Ada kemungkinan part Honda yang dijual adalah palsu. Apalagi jika perbandingan part Honda tersebut sangat berbeda dengan harga di dealer resmi.

3. Mengamati Kemasan

Mengamati Kemasan

Kemasan bisa menjadi identitas yang khas dari suatu pabrik. Pabrik biasanya akan membuat tulisan di kemasan jelas untuk dibaca.

Sebelum membeli part Honda di luar dealer resmi, pemilik motor harus tahu bagaimana kemasan part Honda yang dijual di delaer resmi. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa part yang dijual sama.

Kemasan part Honda palsu biasanya memiliki warna yang lebih pudar. Tulisan yang dicantumkan pada kemasan tersebut juga tidak jelas sehingga sulit untuk terbaca. Kemasan yang digunakan juga terlihat tidak rapi atau lusuh.

4. Komponen

Komponen part Honda bisa teramati. Umumnya part Honda palsu akan menggunakan komponen bermutu rendah.

Contohnya jika biasanya part Honda asli menggunakan material baja, part Honda yang palsu menggunakan plastik. Perbedaan komponen dapat mengakibatkan motor rusak.

5. Garansi

Cara membedakan part Honda asli dan palsu bisa dilihat dari garansi part Honda tersebut. Jika garansi yang diberikan adalah garansi produsen, part tersebut bisa dipastikan asli.

Namun jika toko hanya memberikan garansi toko atau distributor, pemilik motor wajib curiga.

Itulah beberapa cara membedakan Sparepart Honda asli atau palsu. Agar lebih aman, pemilik motor bisa membeli part Honda di dealer resmi agar terhindar dari penipuan part Honda.

Categories Motor

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

AUTOMOTIFBLOG.COM
Terima kasih sudah memilih mengunjungi situs ini. Dapatkan berbagai macam informasi Tips & Trik Seputar dunia Otomotif. Semoga konten kami bisa bermanfaat.